Senin, 11 April 2011

Berita Aneh

Berita Aneh


Tiga Gili "Desa Dunia" di Tengah Laut Lombok

Posted: 11 Apr 2011 01:00 AM PDT


Inilah "desa dunia" pasca-Bali. Ini memang julukan bagi obyek wisata tiga gili atau pulau kecil yang berada di Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.


Sebutan itu dapat dibuktikan melalui keberadaan sejumlah hotel berbintang yang umumnya milik investor asing yang bekerja sama dengan warga setempat sebagai pemilik lahan. Juga suasana di pesisir tiga gili, Trawangan, Meno, dan Air, yang didominasi turis muda usia dari mancanegara, yang berwisata di pulau kecil yang masih bersih dari polusi dan terpisah dari Pulau Lombok itu.


Suasana "desa dunia" sangat kental di Trawangan, terindikasi dari bahasa yang digunakan wisatawan, seperti bahasa Jerman, Perancis, Spanyol, dan Jepang; malah ada sekelompok kecil wisatawan yang berkomunikasi dengan bahasa Lebanon. Meski demikian, pelancong yang berbahasa Inggris lebih dominan.


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh5m8LjfO4ZBbR5VYGdstE7DjOFyAmY9_g3XfKLeOkgAmWmXvgcRHSxY5wn3pV-kNukhKJC652ETJXM7UVRVCteAeRYyzzc733ztpcABOGunf15Lfb80eQ4z_euKXj1aGNJ5lmaR3jtXQ8/s400/3-gili-baru.jpg


Tidak seramai Kuta, Bali, memang, tetapi Ali dan Kahlil, keduanya wisatawan warga Swedia keturunan Lebanon, mengaku terhibur dengan suasana Trawangan. "Di sini suasana tenang, alami, tidak ada polusi, saya suka," ujar Ali, yang bersama 12 rekannya tinggal selama tiga hari pada pertengahan Januari.


Di Gili Trawangan tidak diizinkan menggunakan kendaraan bermesin. Yang diizinkan hanya cidomo (kendaraan khas), kuda, dan sepeda gayung. Transportasi ini disewakan kepada wisatawan yang ingin jalan-jalan mengitari pulau seluas 338 hektar itu.


Gili Trawangan yang berada di deretan barat menjadi pilihan utama karena memiliki fasilitas lebih lengkap, seperti penginapan, hiburan malam, sarana komunikasi dan transportasi yang nyaris sepanjang hari melayani warga lokal ataupun wisatawan dari Pelabuhan Bangsal, Desa Pemenang, ke Gili Trawangan, termasuk ke Gili Air yang berada di deretan paling timur.


Agak berbeda dengan Gili Meno, yang diapit dua pulau tetangganya, sarana dan prasarana pendukungnya kurang lengkap meski suasana lingkungan sekitar Meno relatif sepi dan tenang, mungkin cocok untuk wisata keluarga.


Dari tiga gili itu, wisatawan dapat menikmati matahari terbit dari balik Gunung Rinjani, lalu matahari terbenam, dan Gunung Agung di Bali, serta berbagai atraksi bahari yang disukai, seperti diving dan snorkling. Ada taman laut Meno Wall, dinding tebing curam di antara Meno dan Trawangan, yang bisa disaksikan pada kedalaman 15 meter.


Gili Meno juga dilengkapi danau "alam" berair asin, serta area tempat persinggahan burung-burung yang bermigrasi, aneka jenis dan warna ikan hias, seperti tiger fish, blue moon, dan ikan kepe-kepe yang masuk keluar terumbu karang. Para penyelam pun membawa roti yang dimasukkan dalam botol bekas air mineral. Saat di dalam air, roti itu disemprotkan guna menarik perhatian ikan hias itu.


Kecuali ribbon coral dan finger coral, hampir di semua tempat di perairan tiga gili itu terdapat terumbu karang berwarna biru. Terumbu karang biru masuk marga Acropora. Warna biru itu disebabkan warna pigmen zooxanthela atau alga bersel tunggal berwarna biru dan hidup bersimbiosa dalam jaringan karang. Suasana ini bagaikan karang biru di Laut Karibia.


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhGFVDsLKa0qGOa99P5NSC3eAEPpn_XVGmKju66ltYIgCOnmHU_tFr4PfM83MkO417qLpxFIRn5QNAk3FHx4NvQMIaRkNQOYYEczojxDhmcjlpZT_aiBfxQZZfrbLrYCB3L-NWZSgDbOYA/s320/gili_air_front.jpg


Mau uji nyali, cobalah naik boat ke sekitar 100 meter barat-selatan dari Gili Trawangan. Di situ, selain ada ikan hias lion fish dan ikan sotong, juga ada shark point, sarang ikan hiu white tip di kedalaman 25-30 meter. Bagi yang mengikuti kursus selam, lokasi ini wajib dikunjungi.


Jika enggan berbasah-basah, ada glass bottom boat yang lantainya tembus pandang.


Banyak jalan menuju gili itu. Jika sekadar tur singkat atau "cuci mata", bisa mencarter boat dari obyek wisata Senggigi, Lombok Barat, yang sewanya Rp 350.000-Rp 550.000. Senggigi-Trawangan ditempuh sekitar 60 menit dengan boat.


Menumpang angkutan umum dari Senggigi ke Pelabuhan Bangsal, Desa Pemenang—pintu masuk ke tiga gili itu—adalah alternatif lain. Kondisi jalan di jalur ini beraspal hotmix, dengan medan menanjak dan tikungan menelusuri kawasan pantai serta pada tempat tertentu dari kejauhan tampak gugusan tiga gili itu.


Boleh juga menumpang angkutan umum dari Mataram, Ibu Kota Nusa Tenggara Barat, ke Pelabuhan Bangsal. Dalam perjalanan, para wisatawan singgah sejenak di sekitar kawasan Hutan Pusuk, bermain-main dengan komunitas kera abu-abu kemudian mencicipi air tuak manis yang dijajakan di pinggir jalan.


Sekalian juga menengok proses produksi gula merah yang dilakukan warga di sekitar kawasan hutan itu dari mengambil air aren di pohonnya sampai mengolahnya menjadi gula jawa.


Keunggulan komparatif tiga gili itu menjadi magnet yang dinikmati wisatawan, kalangan usaha, dan masyarakat. Hanya saja, mengedepankan hitung-hitungan ekonomi yang diraih, lalu mengabaikan aspek lingkungan, justru memperburuk persoalan lingkungan yang dalam dua dekade terakhir ini dirasakan masyarakat. Jika lalai menjaga lingkungan yang menjadi daya tarik tiga gili itu, niscaya "desa dunia" ini ditinggal pelancong.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Video Polisi Thailand Menari Ala Super Junior (Sorry-Sorry)

Posted: 10 Apr 2011 11:30 PM PDT

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

12 Film Hollywood Yang Menghina Indonesia

Posted: 10 Apr 2011 11:00 PM PDT

Mungkin Terlalu kasar kalo pake kata ‘menghina’, mungkin lebih tepatnya film barat yang di salah satu ceritanya berbicara soal ‘keburukan-keburukan’ yang ada di indonesia …. sebagian fakta, sebagian dilebih-lebihkan, namanya juga pilem, mungkin karena si pembuat pilem bukan orang Indonesia jadi gak faham dengan keadaan di indonesia, atau …. mungkin juga karena mereka benar-benar memahami indonesia …


1. HOUSE (Serial TV)
Film seri di Starworld. Si dokter House lagi ngobatin anak yang sakit parah banget dibilang sama si dokter, kira-kira begini, "anak sakit parah begini tinggalnya pasti di Indonesia".

2. LOOKING FOR JACKIE CHAN
Film yang menceritakan anak indonesia keturunan china fans berat jackie chan hingga akhirnya ketemu sang idola. Anak ini memiliki sikap khas indonesia, “MELANGGAR ATURAN”, diantaranya saat menerobos satpam & lari dari rumah (pergi ke rumah neneknya di beijing tapi malah ga sampe tempat).

3. IN THE GODS HAND
Film tentang selancar dari Hawai ke Bali. Waktu itu ada peselancar2 muda dari Amerika yang nyoba semua ombak yg ada di dunia. Saat itu di Lombok/Bali, ceritanya mereka ketangkep polisi Indonesia, trus polisinya disuap dengan cara "salaman dengan nempelin duit ke tangan polisi". Lolos deh mereka.

4. LETHAL WEAPON 4
Dalam salah satu adegannya, Danny Glover memaki-maki dengan mimik khasnya, "Kapal bodoh ini dibuat oleh seorang yang berasal dari Indonesia". Wah, ngeselin banget ya. Ceritanya imigran china yang diselundupkan pake kapal yang diatasnamakan sebuah perusahan di Indonesia, (tapi fiktif). Coba deh perhatikan waktu Mel Gibson and the geng lagi ngobrol di markas sebelum menyerbu Uncle Benny. ‘Jadi, Indonesia digambarkan sebagai negara yang selalu bikin kacau".

5. THE YEAR OF LIVING DANGEROUSLY (1982)
Film ini berkisah tentang seorang wartawan yang dikirim untuk bertugas di Jakarta pada tahun 1965-1966. Saat itu, Indonesia yang dipimpin oleh Presiden Soekarno sedang mengalami krisis politik dan ekonomi.Tak heran, situasi Jakarta digambarkan sangat kacau, lengkap dengan embel-embel penduduk yang merana karena kelaparan. Dimeriahkan oleh akting dari Mel Gibson dan Sigourney Weaver. Syutingnya sendiri dilaksanakan di Bangkok, karena tidak diijinkan pemerintah di Jakarta. (tanya kenapa?). Hehehe. Akibatnya meski ada beberapa dialog menggunakan Bahasa Indonesia, namun karena aktornya adalah orang bangkok, maka ucapannya terdengar aneh di telinga. Adegan yang paling terkenal sewaktu temennya Mel Gibson, Billy Kwan (ni artis cewek cuman di film ini main jadi cowok) ngegantungin spanduk di Hotel Indonesia (ceritanya) dengan tulisan SOEKARNO FEED YOUR PEOPLE. Saat Oscar 1982, film ini menang untuk artis terbaik Linda Hunt.Fim ini gak cuman nyebutin indonesia tapi tentang Indonesia. Jadi, dalam film ini, Indonesia digambarkan sebagai negara penuh konflik.

6.WEST WING(Serial TV)
Sebuah serial tv yang bersetting gedung putih, dengan tokoh presiden Amerika fiktif President Bartlett (Martin Sheen) beserta stafnya. Salah satu episodenya menceritakan tentang kesibukan gedung putih dalam menerima kunjungan presiden Indonesia (tentu fiktif juga) namanya Siguto (mungkin maksudnya Sugito, hahaha). Dari awal film ini Indonesia terus dijelek-jelekkan, sehingga sempat bikin kesel waktu nonton (hehehe), masa ada kalimat begini yang diucapkan seorang staf gedung putih kepada seorang staf gedung putih lainnya: "Hati-hati jangan bikin orang indonesia tersinggung, atau kepalamu akan dipenggal dan diarak keliling kota". Staff yg memperingatkan itu bilang dia lihat di internet, trus staff yang satu lagi enggak percaya.

Jadi untungnya yang nonton West Wing juga emang gak diarahkan untuk percaya kalo Indonesia seprimitif itu. Belum lagi informasi yang salah tentang Indonesia. Digambarkan juga bahwa orang Indonesia adalah bangsa yang bodoh dan tak bisa berbahasa Inggris. Trus, ceritanya presiden Indonesia datang (dan lagi-lagi berwajah Jepang) namun gerak-gerik dan tata bahasanya mengingatkan kita sama presiden Gus Dur (Hehehe, gak tau sengaja apa enggak). Si pemeran bapak dan ibu Siguto sebagai Pres RI ini cuman kebagian disorot dari belakang, yang penampilannya jadul abisss. Pak Presiden pake peci, istrinya pake kebaya dan dikonde hehehe. And mereka sipit bangetss, mungkin cari muka melayu susah, jadi sutradara menyamaratakan orang Asia gitu aja. Diceritain disini staff gedung putih kebingungan nyari translator karena mereka bilang Indonesia speaks in 300 different languages, dan dibilang kita gak punya bahasa nasional. Disini ngaconya! Tambahan lagi staff Indonesia itu ceritanya orang Batak, dan kacaunya lagi namanya: Rahmahidi Sumahijo Bambang (lucunya waktu tuh bule ngucapin nih nama), mana nama bataknya? Kayaknya gak pernah denger ada orang Batak namanya Rahmahidi Sumahijo, orang Jawa aja kayaknya ga ada.

Ketika presiden sedang konferensi pers, para stafnya pun melakukan pertemuan informal dan mereka pusing nyari translator karena ada 1 orang yang bisa Bahasa Batak, dan dia orang Portugis, tapi tuh orang ga bisa Bahasa Inggris, jadi di film ini ceritanya mereka nyari 2 orang akhirnya buat translate Inggris->Portugis, Portugis-> Batak. Mereka berusaha menjelaskan jika mereka akan membantu perekonomian Indonesia dengan syarat beberapa tahanan politik dibebaskan. Untungnya, ending film ini bagus. Ketika mereka bersusah payah berbicara Batak dan Portugis, tiba-tiba, staf indonesia yaitu si Bambang ini (yang ini mukanya emang melayu..ga tau apa indonesia beneran..) itu bicara bahasa Inggris dan memaki-maki para staf gedung putih "Anda pikir kami bangsa yang bodoh?

Anda pikir kami tak tahu anda anggap apa bangsa kami dan apa anda pikir kami tak bisa berbahasa Inggris? Kami mengerti semua perkataan anda bahkan arah pidato presiden anda kami sangat paham. Tapi kami bangsa yang berdaulat. Jangan mentang-mentang anda negara kuat seenaknya saja mengatur kebijakan dalam negri kami. Urus saja urusan dalam negeri anda. Dan satu hal, daripada kami mengikuti kemauan Anda, lebih baik kami tak usah dibantu sama sekali". Bagus banget endingnya.
Sayang cuma di film ya…

7. THE SILENCE OF THE LAMBS
Dalam film yang thriller psikologi yang dibintangi Jodie Foster ini ada adegan dimana di sweater orang yang diculik kanibal itu tertulis "MADE IN INDONESIA". Apakah image Indonesia sudah sebagai negara yang banyak penculikan atau karena kita produsen tekstil?

8. SLEEPER CELL (2005-2007) (Serial TV)
Serial TV ini bercerita tentang Darwyn Al-Sayeed, seorang muslim Afrika-Amerika yang bekerja sebagai agen FBI. Tugas Darwyn adalah mengusut kasus terorisme yang dilakukan organisasi teroris pimpinan Faris Al-Farik. Diceritakan, dalam episode Target dan Scholar,Darwyn berurusan dengan tokoh mahasiswa Indonesia bernama Eddy Pangetsu (Jeff Mallare). Eddy digambarkan sebagai ahli biologi kimia yang direkrut Faris Al-Farik untuk membuat virus anthrax yang disebar di Amerika. Menariknya, salah satu adegan menggambarkan Faris menuduh Eddy menyelundupkan virus tersebut ke Indonesia untuk dikirimkan ke pamannya, seorang gangster lokal. Oke, negara kita kini digambarkan cerdas, tapi gemar berperang. Ironisnya lagi, Sleeper Cell yang punya tagline "Friends. Neighbours. Husbands. Terrorists" ini ternyata cukup mendapat perhatian di negara asalnya. Buktinya,tahun lalu serial ini dinominasikan Emmy Awards untuk kategori Outstanding Miniseries, serta Golden Globe untuk Best Miniseries.Untungla h, Sleeper Cell tidak menang.Lebih untung lagi, Jeff Mallare si pemeran Eddy Pangetsu juga tidak masuk nominasi. Jadi dalam film ini, Indonesia digambarkan sebagai Sarang Teroris.

9. SWEETEST THING (2002)
Dalam film drama psikologi ini, si cantik Cameron Diaz ternyata juga "bermulut sampah" saat mengeluh karena teman-temannya selalu saja membuat ulah dan mengacau. Dengan enteng dia berkomentar, "Kalian ini bikin kacau saja seperti Indonesia". Selain itu, waktu Christina Applegate masuk apartemen dan ngeliat apartemennya berantakan dipake ML gila2an oleh Selma Blair, Christina bilang gini "this place is a mess like Indonesia". Jadi, ruangan kayak kapal pecah itu disamakan kaya Indonesia

10. NEEDFULL THING
Film tentang iblis yang membuat kacau sebuah kota yang damai. Iblis yg mengadu domba seluruh penduduk 1 kota. Pemain utamanya seorang polisi. Di akhir film si iblis bersumpah akan membalas dendam, dengan bekerja sama dengan anak si polisi itu di masa depan (2014), di Jakarta.

11. MIAMI VICE (Serial TV)
Salah satu episodenya adalah mengungkap penyelundupan narkoba yang disembunyikan di dalam nanas yang berasal dari Indonesia.

12. KINGDOM
Film ini tentang aksi terorisme di Arab Saudi dan diceritakan ancaman tentang aliran dana group radikal mengalir ke Jakarta.

sumber

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keren, Teks Tulisan Jadi Potrait

Posted: 10 Apr 2011 10:00 PM PDT

link

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

150 Lagu Indonesia Terbaik Sepanjang

Posted: 10 Apr 2011 10:00 PM PDT

150 Lagu Indonesia Terbaik Sepanjang Masa versi majalah RollingStone Indonesia

1. Bongkar , Swami
2. Kebyar – Kebyar , Gombloh
3. Badai Pasti Berlalu , Berlian Hutauruk
4. Bis Sekolah , Koes Bersaudara
5. Guru Oemar Bakrie , Iwan Fals
6. Kembali Ke Jakarta , Koes Plus
7. Berita Kepada Kawan , Ebiet G. Ade
8. Kehidupan , God Bless
9. Sakura , Fariz RM
10. Bento , Swami

11. Bengawan Solo , Oslan Husein & Teruna Ria
12. Kompor Mleduk , Benyamin S
13. Lilin-Lilin Kecil , Chrisye
14. Memang , Slank
15. Rock Bergema , Roxx
16. Yogyakarta , Kla Project
17. Tuhan , Bimbo
18. Neraka Jahanam , Duo Kribo
19. Nusantara I , Koes Plus
20. Siti Nurbaya , Dewa19
21. Panggung Sandiwara , Ahmad Albar
22. Rumah Kita , God Bless
23. Barcelona , Fariz RM
24. Begadang , Rhoma Irama
25. Kemarau , New Rollies
26. Kidung , Chris Manusama
27. Nuansa Bening , Keenan Nasution
28. Burung Camar , Vina Panduwinata
29. Dan… , Sheila On 7
30. Kosong , Pure Saturday
31. Kolam Susu , Koes Plus
32. Kupu Kupu Malam , Titik Puspa
33. Pemuda , Chaseiro
34. Melayang , January Christie
35. Ikuti , Edane
36. Bebas , Iwa K
37. Bendera , Cokelat
38. Anak Pantai , Imanez
39. Janji , Gigi
40. Sabda Alam , Ismail Marzuki
41. Bing , Titik Puspa
42. Yang Terlupakan , Iwan Fals
43. Merpati Putih , Chrisye
44. Malaria , Harry Roesli
45. Melati Dari Jayagiri , Trio Bimbo
46. Angin Malam , Broery Pesolima
47. Mimpi , Anggun C. Sasmi
48. Biru , Kidnap Katrina
49. Tentang Kita , Kla Project
50. Camelia , Ebiet G. Ade

51. Surat Buat Wakil Rakyat , Iwan Fals
52. Impresi , Pas Band
53. Damai Tapi Gersang , Adji Bandi
54. Jarum Neraka , Nicky Astria
55. Mobil Balap , Naif
56. Pesawat Tempur , Iwan Fals
57. Tangan Tangan Setan , Nicky Astria
58. Esokkan Masih Ada , Utha Likumahuwa
59. Indonesia Mahardika , Guruh Gipsy
60. Zamrud Khatulistiwa , Guruh Soekarno Poetra
61. Penguasa , Roxx
62. Gemilang , Krakatau
63. Apatis , Benny Soebardja
64. Astaga , Ruth Sahanaya
65. Galang Rambu Anarki , Iwan Fals
66. Gang Kelinci , Lilis Suryani
67. Kumpul Bocah , Vina Panduwinata
68. Aku Ingin , Indra Lesmana
69. Gubahanku , Dedy Damhudi
70. Payung Fantasi , Bing Slamet
71. Surabaya , Dara Puspita
72. Anak Jalanan , Chrisye
73. Bunga , /rif
74. Salah , Potret
75. Tentang Aku , Jingga
76. Terbang , Gigi
77. Walah , Netral
78. Api Asmara , Rien Djamain
79. Ayam Den Lapeh , Gumarang
80. Bunga di Tepi Jalan , Koes Plus
81. Flamboyan , Bimbo
82. Kesaksian , Kantata Takwa
83. Kelelawar , Koes Plus
84. Laron Laron , Makara
85. Generasiku , Boomerang
86. Distorsi , Ahmad Band
87. Mahadewi , Padi
88. Manis & Sayang , Koes Plus
89. Sepercik Air , Dedy Stanzah
90. Merepih Alam , Chrisye
91. Mawar Berduri , Favourites Group
92. Pelangi , Koes Plus
93. Pesta , Elfa`s Singer
94. Interlokal , Symphony
95. Renjana , GSP / Grace Simon
96. Posesif , Naif
97. Sarjana Muda , Iwan Fals
98. Berita Cuaca , Gombloh
99. Gulagalugu Suara Nelayan , Leo Kristi
100. Jemu , Koes Plus

101. Tolong Bu Dokter , Flowers
102. Kau , Chandra Darusman
103. Hasrat & Cita , Andi Meriem Matalatta
104. Anak Anak Terang , Suara Persaudaraan
105. Genjer Genjer , Bing Slamet
106. Atur Aku , Puppen
107. Terserah , Humania
108. Warik , LFM
109. Sobat , Padi
110. Bunda , Potret
111. Kebebasan , Singiku
112. Pulau Biru , Slank
113. Mari Mari , Dara Puspita
114. Kepada Perang , Gong 2000
115. Ratu Sejagad , Vonny Sumlang
116. Surat Undangan , Rita Zaharah
117. Pergi Untuk Kembali , Melky Goeslaw
118. Nurlela , Bing Slamet
119. Musim Bunga , Franky & Jane
120. Negeri Di Awan , Katon Bagaskara
121. Selangkah Ke Seberang , Fariz RM
122. Simponi Yang Indah , Bob Tutupoly
123. Kembalikan Baliku , Jopie Latul
124. Baby Rock , SAS
125. Do What You Like , AKA
126. Di Dalam Bui , Koes Bersaudara
127. Terbunuh Sepi , Slank
128. Kudaku Lari , Elly Kasim
129. Senandung Maaf , White Shoes
130. Matraman , The Upstairs
131. Di Udara , Efek Rumah Kaca
132. Mengadili Persepsi , Seringai
133. Mengejar Matahari , Ari Lasso
134. Laskar Pelangi , Nidji
135. Dan Senyumlah , Sinikini
136. Konservatif , The Adams
137. Mendekati Surga , Koil
138. No Fruits For Today , Sore
139. Di Sayidan , Shaggydog
140. Kukatakan Dengan Indah , Peterpan
141. Takkan , Guest Band
142. Papaja Cha Cha , Adikarso
143. Cinta Melulu , Efek Rumah Kaca
144. Welcome to My Paradise , Steven & Coconut Treez
145. Mimpi , D & R
146. Jari & Jempol , Dedy Stanzah
147. Melompat Lebih Tinggi , Sheila On 7
148. Langkah Peri , Cherry Bombshell
149. Matel , Kubik
150. Me & My Boyfriend , Mocca

http://www.rollingstone.co.id

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

400 Orang Daftar Misi Berani Mati ke Mars

Posted: 10 Apr 2011 09:20 PM PDT

Planet Mars diproyeksi menjadi koloni manusia. Kelak, saat Bumi makin rusak dan tak bisa lagi dihuni. Untuk mewujudkan rencana itu, diperlukan sukarelawan yang berani menjadi perinti pertama di planet merah.

Perjalanan dari Bumi ke Mars diperkirakan hanya makan waktu 10 bulan, namun tak ada kesempatan untuk pulang.

Tak hanya menghadapi lingkungan Mars yang tak menentu, tanpa oksigen, tanpa air, sukarelawan juga harus siap menghadapi kondisi keterasingan, jauh dari Bumi dan manusia lainnya. Sebuah kondisi yang belum pernah dihadapi sebelumnya dalam sejarah manusia.

Adakah orang yang nekat mengajukan diri untuk misi ke Mars? Ternyata ada.
Edisi khusus Journal Cosmology menjelaskan secara detil berapa dana yang dibutuhkan untuk sekali jalan ke Mars sekitar 20 tahun mendatang. Sebanyak 400 pembaca menawarkan diri menjadi sukarelawan.

Editor jurnal, Lana Tao mengaku terkejut dengan respon para pembaca. “E-mail yang berisi keinginan menjadi sukarelawan sangat mengejutkan. Awalnya kami mengira ini hanya gurauan, namun setelah menerima banyak surat elektronik yang dilengkapi kualifikasi personal, dan alasan mereka bergabung. Kami sadar, mereka serius,” kata dia, seperti dimuat situs FoxNews.com.

Apa yang membuat orang-orang ini mau jadi sukarelawan ke Mars? “Aku punya keinginan untuk menjelajahi alam semesta sejak kecil, dan tahu persis seperti apa kerja roket,” kata salah satu sukarelawan, Peter Greaves kepada FoxNews.com. Greaves adalah ayah dari tiga anak.

Greaves menambahkan, “Aku membayangkan kehidupan di Mars akan sangat menakjubkan, menakutkan, sepi, sempit, dan sibuk.”

“Tak seperti di Bumi, aku tak bisa lagi duduk di tepi sungai, memandang takjub pemandangan alam, memeluk teman-temanku, menarik nafas dalam di udara yang segar. Tapi pengalamanku akan sangat berbeda dari 6 atau 7 miliar orang di Bumi…ini sepadan dengan apa yang kutinggalkan.”

Juga ada di dalam daftar, programer komputer berusia 69 tahun, mahasiswa asal Texas, perawat berusia 45 tahun, pendeta Paul Gregersen, dan pastor Clarno Zion United Methodist Church.

Mereka menyatakan diri siap meninggalkan Bumi secara permanen.

“Sejalan dengan makin membludaknya manusia, satu-satunya hal yang masuk akal adalah mengeksplorasi kemungkinan manusia tinggal di tempat lain di alam semesta,” kata pendeta Paul Gregersen.

“Aku punya firasat, masalah spiritual akan muncul di antara para kru. Para penjelajah awal di Bumi juga selalu membawa ulama.”
Namun, psikolog yang bekerja untuk Badan Antariksa AS, NASA memperingatkan tak hanya persoalan spiritual yang akan dihadapi para perintis di Mars.

“Ini akan menjadi periode panjang keterisolasian dan kurungan,” kata Albert Horrison yang telah mempelajari psikologis astronot sejak tahun 1970.

Ditegaskan dia, kehidupan di Mars tak akan seromantis yang dibayangkan. “Setelah suka cita peluncuran roket, dan sensasi menginjakkan kaki di Mars, akan sangat sulit untuk menghindari depresi. Semua hubungan dengan keluarga, teman, dan segala sesuatu yang akrab, terputus.”

Setiap hari, tambah dia, akan berjalan membosankan. Meski dipersiapkan dan dibekali dengan baik dari Bumi, para kru tentu saja akan menghadapi permasalahan tak terduga, yang mungkin tak bisa diatasi. “Satu per satu kru akan tua, sakit, lalu mati.”

Horrison mengingatkan, harus ada dukungan publik dan juga politik dalam misi ini. Jika tidak, misi ini hanya akan berakhir dengan kematian.

Tak cukup modal nekatSiap mental dan berani mengajukan diri sebagai sukarelawan tentu saja merupakan hal yang baik. Namun, tak cukup modal nekat. Juru Bicara NASA, James Hartsfield merujuk pada syarat pengajuan aplikasi astronot yang diposting agen antariksa itu — meski belum tentu NASA membiayai proyek ke Mars.

Untuk saat ini, persyaratan menjadi astronot adalah: punya gelar sarjana sains, teknik, atau matematika, punya pengalaman profesional.
Para astronot NASA juga harus menjalani 4 sampai 5 tahun pelatihan sebelum terlibat dalam misi luar angkasa. Pelatihan ini termasuk tes fisik yang intensif.

Para calon astronot juga harus mengikuti pelatihan pertahanan air militer sebelum memulai silabus terbang.



This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Renault Espace F1, Mobil Van Tapi Mesin F1

Posted: 10 Apr 2011 08:30 PM PDT


Pada tahun 1995, Renault menciptakan sebuah kreasi "kurang kerjaan" bernama Espace F1 (yang diciptakan oleh Matra, anak perusahaan Renault) untuk merayakan ulang tahun 10 tahun dari Espace dan Renault di Formula Satu


Meskipun secara siluet mirip dengan Espace dengan bodywork yang lebih menggembung, Espace F1 memiliki lebih banyak kesamaan dengan mobil Formula Satu!


Espace F1 menggunakan sasis serat karbon ringan seperti F1 (berbeda dengan Espace standar yang menggunakan Fiberglass) dengan body Espace J63-series.


Untuk memberikan sensasi mengendarai F1, Espace F1 menggunakan enjin Formula 1 dari Williams-Renault FW15C 1993, RS5 V10 berkapasitas 3500cc, 40-katup yang bertenaga 800HP (yang upgrade dari yang semula "hanya" 700hp).


Seperti halnya mobil F1, enjin V10 RS5 diletakan di tengah (berbeda dengan Espace standar yang mengadopsi konfigurasi FF) dan disalurkan melalui gearbox semi-otomatis 6-speed ke roda belakang, persis dengan FW15C!


Paduan antara enjin, bobot & transmisi "spesial" yang digunakan, Espace F1 mampu berakselerasi 0-100 km/h cukup dalam 2,8 detik, 0-200 km/h dalam 6,9 detik dan topspeed 312 km/h (194 mph)! tidak berbeda jauh dengan mobil Formula 1!


Dengan tenaga segila itu, tentunya dibutuhkan kontrol yang baik, maka Renault menggunakan rem karbon-keramik seperti FW15C, yang mampu menghentikan Espace F1 secara drastis, Espace F1 mampu berakselerasi 0-270 km/h dan berhenti total, cukup dengan jarak 600 meter, Mantap!


Bagi penggemar simulator balap, tentu tahu dengan kegarangan Espace F1. Yep…Espace F1 ada dalam game legendaris, Gran Turismo 2, dan menjadi salah satu mobil yang mampu mengimbangi Suzuki Escudo Pikes Peak "Monster"!


Espace F1 sendiri, digunakan oleh Sir Frank Williams untuk merasakan, bagaimana rasanya mengendarai F1 milik timnya, dan disupiri oleh David Coulthard!


Tentunya terasa sensasi tersendiri, mengendarai kendaraan sebesar ini, dengan tenaga sebesar F1….membuat statement bahwa : Van tidak hanya digunakan untuk belanja ke pasar & mengantar anak ke sekolah!

sumber

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kumpulan Miniatur Alam yang Super Keren

Posted: 10 Apr 2011 07:00 PM PDT

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kumpulan Miniatur Alam yang Super Keren

Posted: 10 Apr 2011 07:00 PM PDT

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

POCONGMAN, Super Hero Baru di Indonesia

Posted: 10 Apr 2011 05:30 PM PDT

POCONGMAN (Super Hero Baru di Indonesia)

Pahlawan ternyata tidak hanya berasal dari jenis manusia, tapi dari jenis POCONG pun kini muncul sebagai pahlawan. Di Indonesia kini muncul pahlawan baru yang siap memerangi kajahatan! Namanya POCONGMAN. :-D

Karakter POCONGMAN adalah hasil karya anak bangsa. Konsep POCONGMAN diciptakan oleh Nawa Rie Eda dan dijadikan indie movie oleh JTokufilms pada 2008 silam. Di youtube, film pendek pocongman diupload pada 21 Maret 2010. JTokufilms tuh apa ya? Saya juga kurang tau. Mungkin perusahaan flm gitu. :-)

JTokufilms asalnya dari Jogja lho… Nih visi & misinya :

MENDIDIK GENERASI BANGSA MEMBANGUN IMAJINASI MELALUI FIKSI ILMIAH DAN SEMANGAT SUPERHERO INDONESIA (Nawa Rie Eda)

MARI BERSAMA KAMI, BANGKITKAN KEMBALI
JIWA KEPAHLAWANAN DENGAN SEMANGAT SUPERHERO

Nah, biar lebih jelas liat nih film pendek pocongman …. cekidot…

Hahaha…. Gimana kalo kamu didatengin POCONGMAN? Takut atau seneng? :-)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar:

Posting Komentar