Rabu, 30 Maret 2011

koran terbaru - berita seputar indonesia

koran terbaru - berita seputar indonesia


Prancis Siap Bicarakan Kemungkinan Persenjatai Oposisi Libya

Posted: 29 Mar 2011 09:08 PM PDT

Prancis Siap Bicarakan Kemungkinan Persenjatai Oposisi Libya
Oposisi Libya kuasai Ajdabiya (reuters)
London – Prancis menyatakan kesiapannya untuk membahas kemungkinan mempersenjatai kalangan oposisi Libya penentang pemerintahan Muammar Khadafi. Hal itu mengemuka dalam sebuah pertemuan di London, Inggris, membahas Libya pasca Khadafi.

Menteri Luar Negeri Prancis Alain Juppe mengatakan, meski kebijakan mempersenjatai oposisi di Libya bukan mandat PBB, namun itu bisa saja dilakukan. Oposisi yang merupakan kaum demonstran anti-Khadafi merupakan mitra bagi pasukan koalisi.

“Saya mengingatkan Anda, itu memang bukan bagian dari resolusi PBB, tapi kami siap untuk membahas itu (mempersenjatai),” kata Juppe wartawan seperti dikutip reuters, Selasa (29/3/2011).

Apakah Khadafi harus segera pergi dari Libya ke pengasingan, Juppe berpendapat, tidak ada masa depan bagi sang kolonel di negaranya sendiri. Namun, ia menyerahkan sepenuhnya keputusan itu kepada rakyat Libya.

Sementara itu, di Libya dilaporkan, rentetan ledakan hebat terdengar dari Tripoli, kawasan Ibu Kota. Reporter reuters mendengar setidaknya ada 3 ledakan cukup keras pada pukul 15.40 waktu setempat.

Seperti diketahui, pasukan koalisi melancarkan serangan udara di Libya sejak 19 Maret yang lalu untuk menegakkan zona larangan terbang dan melindungi rakyat negeri kaya minyak tersebut dari pasukan Khadafi. Kini operasi militer berada di tangan NATO.
(irw/lia)/detikNews

4 Orang WNI Sempat Terpapar Radiasi Nuklir Jepang

Posted: 29 Mar 2011 09:03 PM PDT

Jakarta – Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) sempat mendeteksi 4 orang Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di daerah evakuasi Fukushima, Jepang, terpapar radiasi nuklir. Kontaminasi radiaoktif tersebut ditemukan pada busana dan sepatu yang mereka pakai.

“Memang kita mendapatkan 4 orang WNI yang terpapar radiasi nuklir,” ujar Kepala Bapeten As Natio Lasman kepada detikcom, Selasa (29/3/2011).

Menurutnya, keempat WNI itu terdeteksi terpapar radiasi nuklir ketika tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, pekan lalu. Keempatnya terdiri dari satu orang laki-laki dan tiga orang tenaga kerja wanita wanita (TKW).

“Yang pertama itu seorang WNI laki-laki yang sebelumnya menjadi korban tsunami dan berasal dari daerah evakuasi. Dia terdeteksi saat tiba di bandara pada Rabu (23/3/2011),” katanya.

Lasman menjelaskan, radiasi nuklir ditemukan menempel pada jaket yang dikenakan WNI pria. Sebagai langkah awal, Tim Bapeten dibantu petugas dari Kementerian Kesehatan meminta agar jaket yang dia kenakan dibuka dan menggantikannya dengan pakaian baru.

“Setelah keluar dari daerah evakuasi dia diberi jaket oleh seseorang, ternyata di lengan sebelah kanan jaket tersebut terkontaminasi radiasi itu. Setelah itu langsung dihilangkan dengan mengganti bajunya,” cetus Lasman.

Akan tetapi, pemeriksaan di bandara belum cukup. Untuk memastikan radiasi nuklir tidak masuk ke tubuh WNI tersebut, ia diminta datang ke Bapeten guna menjalani pemeriksaan lebih intensif.

“Dan Alhamdulillah setelah diminta datang ke Kementerian Kesehatan untuk diperiksa ke Batan, hasilnya negatif dari kontaminasi internal,” jelasnya.

Setelah diketahui ada yang terpapar radiasi, maka Bapeten memberikan data ini pada petugas kesehatan pada Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) bandara tersebut. Selanjutnya dari KKP akan dilaporkan pada pejabat yg berwenang di Kementerian Kesehatan, selanjutnya Kementerian Kesehatan dapat merujuknya, misal ke Batan.

Sedangkan kasus yang menimpa para TKW, Lasman menjelaskan, mereka tiba di Indonesia pada Minggu (27/3/2011), yang lalu. Radiasi nuklir dalam level rendah ditemukan pada bagian sepatu para TKW tersebut.

“Jadi ketiganya ini juga berasal dari daerah evakuasi dan mungkin, kan, di sana menginjak tanah yang sudah terkontaminasi, lalu terpapar ke mereka. Tapi, saat terdeteksi kita langsung minta mereka melepaskannya dan menggantikan dengan alas kaki yang lain,” imbuhnya.

Dikatakan Lasman, ketiga TKW tersebut juga diminta untuk memeriksakan diri lebih lanjut untuk mengecek apakah ada kontaminasi internal. “Dan Alhamdulillah hasilnya juga negatif,” ucapnya.

Lasman mengatakan, kondisi keempatnya sudah membaik dan terbebas dari radiasi nuklir yang sempat menempel di atribut yang mereka kenakan. “Kita berharap tidak ada lagi WNI yang sempat terpapar,” harapnya.

(lia/irw)/detikNews

Bahan Baku Restoran Jepang Aman Radiasi

Posted: 29 Mar 2011 08:52 PM PDT

Hidangan khas Jepang, sushi di salah satu waralaba (VIVAnews/Renne Kawilarang)
Bahan baku restoran maupun waralaba Jepang yang ada di Indonesia dipastikan aman dari partikel radiaktif, yang mungkin terbawa pada produk-produk dari Negeri Sakurapaska gempa dan tsunami yang menyebabkan kerusakan sejumlah reaktor di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima Daiichi, Jepang.

“Sebab, kita selalu mengutamakan quality control (pengendalian kualitas). Itu nomor satu,” kata Ketua Dewan Pengarah Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia, Amir Karamoy saat dihubungi VIVAnews.com di Jakarta, Rabu 30 Maret 2011.

Menurut Amir, selain dilakukan pengetatan produk atau bahan baku yang akan diekspor, tindakan serupa juga dilakukan untuk impor. “Jadi, kita sampai saat ini belum menerima laporan adanya bahan baku restoran maupun waralaba yang didatangkan dari Jepang tercemar radiasi,” ujarnya.

Bahkan, dia menambahkan, sampai sekarang ini pihaknya belum menerima laporan adanya restoran atau waralaba masakan Jepang yang berhenti operasi sementara atau mengalami penurunan konsumen. “Jadi, masih aman kalau di Indonesia,” tutur Amir.

Kendati demikian, Amir mengatakan, sebaiknya pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan, Kementerian Perdagangan, dan Badan Pengawas Obat dan Makanan terus melakukan pengetatan bahan baku impor dari Jepang. “Sebab, soal pengetatan itu 100 persen adalah tugas pemerintah,” ujarnya.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan memperkirakan penurunan tajam produk impor dari Jepang kemungkinan bakal berlangsung mulai April 2011. Kondisi itu tidak terlepas dari kekhawatiran radiasi yang mungkin terbawa pada produk-produk dari Negeri Sakura tersebut.

“Mungkin April nanti baru terlihat penurunan tajamnya,” kata Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi, KPU Bea Cukai Tanjung Priok, Agus Rofiudin, kepada VIVAnews.com di KPU Bea dan Cukai Tanjung Priok, Jakarta, kemarin.

Menurut Agus, penurunan importasi barang dari Jepang memang sudah mulai terasa. Walaupun menunjukkan tren menurun, saat ini laju penurunan masuknya barang dari Jepang tercatat tidak lebih dari 50 persen. (umi)• VIVAnews

Cermati Pasar Sebelum Memburu Saham

Posted: 29 Mar 2011 08:50 PM PDT

Sejumlah pialang mengamati pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia (ANTARA/Prasetyo Utomo)
Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) diprediksi terkoreksi kembali pada perdagangan hari ini, Rabu 30 Maret 2011. Namun, sejumlah saham tetap direkomendasikan untuk diakumulasi beli.

Nah, saham-saham apa saja itu? Berikut, penuturan dua orang analis yang dihubungi VIVAnews.com di Jakarta, secara terpisah.

Ukie Jaya Mahendra, pengamat saham yang tergabung dalam Asosiasi Analis Efek Indonesia (AAEI) berpendapat, sebaiknya pemodal mencermati laju pasar saham regional maupun global, yang selalu menjadi acuan IHSG. Sebab, sentimen negatif bursa eksternal masih membayangi indeks domestik. “Jadi, kalau tetap memburu saham sebaiknya harus selektif,” kata dia.

Dia merekomendasikan saham PT United Tractors Tbk (UNTR) dan PT Bank Mandiri Tbk (BMRI). Sebab, selain secara teknis menunjukkan peluang penguatan harga, kinerja perseroan cukup solid.

“Memang UNTR terkena dampak Jepang, yakni total hasil penjualan dari Komatsu yang sebesar 20 persen tergerus. Tetapi, itu kan dampaknya jangka pendek. Apalagi. perseroan masuk dalam grup Astra dan tetap dibutuhkan di industri tambang dan perkebunan,” ujar Ukie.

Sedangkan BMRI, Ukie melanjutkan, karena inflasi Maret 2011 yang diprediksi rendah, bahkan bisa deflasi membuat suku bunga acuan perbankan BI Rate tetap berada di levelnya saat ini.

Kepala Riset PT Sinarmas Sekuritas, Jeff Tan, mengatakan pergerakan bursa regional serta laporan keuangan emiten yang belum dirilis dapat mempengaruhi pergerakan IHSG hari ini. “Indeks akan bergerak mixed,” kata dia.

Namun, ia merekomendasikan saham Bank Mandiri, PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), PT Holcim Indonesia Tbk (SMCB), dan PT International Nickel Indonesia Tbk (INCO).

Sementara itu, saham sektor tambang, perkebunan, dan bank diketahui berhasil menahan kejatuhan IHSG pada transaksi kemarin, Selasa 29 Maret 2011, yang turun tipis 11,34 poin atau 0,31 persen ke level 3.591,51.

Indeks saham industri tambang menguat 19,59 poin (0,62 persen) menjadi 3.155,41. Indeks saham perkebunan naik 1,39 poin atau 0,06 persen di posisi 2.091,29, sedangkan sektor finansial terangkat 2,21 poin (0,47 persen) ke level 465.262.

Seperti diketahui, saham dengan kode UNTR pada penutupan perdagangan Selasa menduduki posisi delapan saham paling aktif ditransaksikan, dengan frekuensi sebanyak 2.171 kali. Sayang, harga saham Grup Astra itu melemah sebesar Rp550 atau 2,47 persen ke posisi Rp21.650.

Pada perdagangan kemarin, saham tersebut tidak seluruhnya terjadi transaksi, sehingga masih memiliki sisa penawaran beli tinggi mencapai 4.059 lot. Sementara itu, transaksi yang terjadi sebanyak 17.167 lot.

Sedangkan saham Bank Mandiri berada di posisi ke-10 untuk saham teraktif dan bercokol di urutan delapan yang menguat signifikan. Harga saham Bank Mandiri naik Rp200 (3,22 persen) menjadi Rp6.400. Saham bank pelat merah tersebut menyisakan sisa penawaran beli mencapai 48.604 lot, dengan transaksi yang terjadi sebanyak 92.864 lot.

Sementara itu, saham-saham lain seperti UNVR, SMCB, dan INCO yang direkomendasikan, tidak masuk dalam 10 besar daftar saham teraktif maupun menguat signifikan pada transaksi kemarin. (art)• VIVAnews

Berapa Gaji Petinggi TNI/Polri dan PNS?

Posted: 29 Mar 2011 08:49 PM PDT

KSAD Jenderal George Toisuta (kanan) & Pangkostrad Letjen Burhanudin Amin (Antara/ Saptono)

Pelantikan Kapolri (Antara/Widodo S. Jusuf)
Gaji pokok pegawai negeri sipil (PNS) dan anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI)/Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) naik hingga 15 persen tahun ini. Namun, gaji pokok itu belum termasuk berbagai tunjangan yang jumlahnya bisa melebihi gaji pokok.

Menurut Peraturan Pemerintah RI Nomor 11 Tahun 2011 tentang Perubahan Ketigabelas atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 Tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil, gaji pokok terendah PNS sebesar Rp1,175 juta bagi pegawai Golongan I a dengan masa kerja 0 tahun. Gaji pokok tertinggi dinikmati oleh pejabat eselon I atau Golongan IV e dengan masa kerja 32 tahun sebesar Rp4,1 juta. Daftar gaji pokok lihat di link ini.

Namun, jika ditambah dengan tunjangan kinerja PNS yang instansinya telah disetujui dalam pelaksanaan reformasi birokrasi, gaji pokok itu hanya sebagian kecil dari total gaji PNS. Misalnya untuk instansi Sekretariat Negara yang mendapatkan tunjangan kinerja paling tinggi Rp36,77 juta.Jika dihitung pejabat eselon I atau golongan IV e, dengan masa kerja 32 tahun yang mendapat gaji pokok Rp4,1 juta, total gaji diterima sebesar Rp40,87 juta. Untuk daftar tunjangan kinerja lihat di sini.

Belum lagi Kementerian Keuangan yang tunjangan kinerjanya paling besar di antara instansi lain. Tunjangan kinerja tertinggi di instansi itu mencapai Rp46,95 juta.

Menurut Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan, Agus Supriyanto, gaji pokok itu belum ditambah dengan tunjangan struktural yang diterima dan bisa mencapai Rp6 juta. Menurut dia, untuk golongan IV e atau setingkat wakil menteri keuangan dan eselon I dapat membawa gaji sekitar Rp40 juta.

Bagaimana dengan petinggi TNI/Polri? Kedua instansi itu mendapatkan gaji terendah sebesar Rp1,23 juta. Gaji itu diberikan untuk Prajurit Dua Kelasi Dua (TNI) dan anggota Kepolisian Bhayangkara Dua dengan masa kerja 0 tahun.

Sedangkan gaji pokok terbesar mencapai Rp4,2 juta diperuntukkan bagi pangkat tertinggi yaitu Jenderal, Laksamana, Marsekal, atau Jenderal Polisi dengan masa kerja 32 tahun. Daftar gaji pokok TNI/Polri lihat di sini.

TNI dan Polri juga mendapat tunjangan kinerja yang besarnya bisa melebihi gaji pokok. Menurut Perpres RI No 72 Tahun 2010, tunjangan kinerja tertinggi TNI sebesar Rp29,226 juta. Sedangkan terendah mendapatkan Rp924 ribu. Jika dihitung, petinggi TNI dengan pangkat Jenderal/Laksamana/Marsekal bisa mendapatkan gaji Rp33,426 juta.

Untuk pucuk tertinggi pimpinan Polri, menurut Perpres RI No 74 Tahun 2010 tunjangan kinerja tertinggi sebesar Rp21,305 juta dan tunjangan terendah Rp553 ribu. Jika dihitung gaji pokok dengan pangkat Jenderal sebesar Rp4,2 juta dan tunjangan kinerja tertinggi, gaji yang dibawa pulang petinggi Polri sebesar Rp25,505 juta.

Itu belum termasuk tunjangan lainnya dan juga fasilitas yang melekat ke petinggi TNI/Polri. (art)

• VIVAnews

April, Produk Impor Jepang Akan Merosot Tajam

Posted: 29 Mar 2011 08:47 PM PDT

Kapal Peti Kemas (VIVAnews/Adri Irianto)
Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan memperkirakan penurunan tajam produk impor dari Jepang kemungkinan bakal berlangsung mulai April 2011. Kondisi itu tidak terlepas dari kekhawatiran radiasi yang mungkin terbawa pada produk-produk dari Negeri Sakura tersebut.

“Mungkin April nanti baru terlihat penurunan tajamnya,” kata Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi, KPU Bea Cukai Tanjung Priok, Agus Rofiudin, kepada VIVAnews.com di KPU Bea dan Cukai Tanjung Priok, Jakarta, Selasa, 29 Maret 2011.

Menurut Agus, penurunan importasi barang dari Jepang memang sudah mulai terasa. Walaupun menunjukkan tren menurun, saat ini laju penurunan masuknya barang dari Jepang tercatat tidak lebih dari 50 persen.Agus mengaku tidak bisa melansir data lebih detail mengenai penurunan volume impor maupun persentase penurunannya. Sebab, seluruh data keluar masuknya barang akan direkapitulasi dan harus menunggu laporan bulanan.

Bea Cukai memperkirakan, penurunan barang impor Jepang terutama berasal dari produk impor makanan olahan dan bahan pangan segar yang dikhawatirkan terkena radiasi. Kekhawatiran masyarakat mengonsumsi produk pangan Jepang juga diperkuat dengan adanya ketentuan wajib sertifikasi bebas kontaminasi radioaktif nuklir dari otoritas berwenang Jepang.

Masuknya barang asal Jepang, menurut dia, juga harus melalui serangkaian pengecekan yang dilakukan oleh sejumlah instansi yang dikoordinasikan dengan Kementerian Perdagangan, Kementerian Kesehatan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dan Badan Karantina Kementerian Pertanian.

“Setelah dilakukan pengecekan oleh instansi terkait, baru barang-barang tersebut dapat keluar dari Tanjung Priok,” kata Agus.

Di samping produk pangan, penurunan importasi barang dari Jepang juga bakal dialami oleh komponen otomotif. Pemerintah mengkhawatirkan jika penurunan ini terus berlanjut, akan mengancam industri otomotif dalam negeri.

“Semua instansi termasuk pihak swasta tentunya harus mengantisipasi impor Jepang yang terus menurun. Kalau turun terus bagaimana? Apalagi, sebagian besar spare parts mobil di dalam negeri berasal dari Jepang,” kata Agus. (art)

• VIVAnews

Dunia Belum Sepakat Soal Tekanan ke Khadafi

Posted: 29 Mar 2011 08:43 PM PDT

Seorang anak di Libya menendang poster bergambar Moammar Khadafi (AP Photo/Hussein Malla)
Sejumlah negara sepakat bahwa pemimpin Libya, Muammar Khadafi, harus segera lengser demi menyelesaikan krisis di negara Afrika Utara itu. Namun, mereka belum sepakat, tekanan apa yang harus dilakukan untuk membuat dia mundur.

Menurut kantor berita Associated Press, situasi itu tercermin dalam pertemuan internasional di London, Inggris, yang khusus membicarakan masalah Libya, Selasa 29 Maret 2011. Sejumlah pemimpin dan pejabat tinggi dari 44 negara kompak menyebut Khadafi tidak pantas lagi memimpin Libya, setelah 42 tahun berkuasa.

“Khadafi telah kehilangan legitimasi untuk memimpin. Jadi, kami yakin dia harus turun. Kami sedang bekerja sama dengan masyarakat internasional untuk berupaya mencapai hasilnya,” kata Menteri Luar Negeri AS, Hillary Clinton, usai pertemuan.

Sebagai tuan rumah pertemuan, Perdana Menteri David Cameron dari Inggris mengatakan bahwa rakyat Libya tidak dapat sendirian mencapai masa depan mereka. “Kami semua di sini dengan tujuan yang sama, yaitu membantu rakyat Libya di saat-saat yang diperlukan,” kata Cameron.

Menteri Luar Negeri Jerman, Guido Westerwelle, juga sepakat bahwa waktu Khadafi untuk memimpin telah habis. Namun, Jerman dan sejumlah negara lain keberatan atas intervensi militer Koalisi Internasional yang tengah berlangsung di Libya.

Mereka pun tidak merestui bila mandat koalisi diperluas, artinya tidak hanya melindungi rakyat Libya, namun juga turut menggempur pasukan Khadafi sekaligus membantu pemberontak. Selama ini, misi koalisi hanya menjalankan mandat resolusi Dewan Keamanan PBB 1973, yaitu melindungi rakyat Libya dan menerapkan zona larangan terbang.

Menteri Luar Negeri Italia, Franco Frattini, mendorong gagasan agar segera diterapkan gencatan senjata. Italia pun mengusulkan agar Khadafi diberi kesempatan untuk mengungsi. Namun, usul itu belum mendapat dukungan.

Mengenai wacana bantuan persenjataan kepada pemberontak, Clinton mengatakan bahwa AS masih belum bersikap atas ide itu. Menteri Luar Negeri Inggris, William Hague, juga mengatakan bahwa gagasan tersebut tidak muncul dalam pertemuan Selasa kemarin. (art)• VIVAnews

Pasukan Khadafi Pukul Mundur Pemberontak

Posted: 29 Mar 2011 08:41 PM PDT

Pemberontak Libya meninggalkan Ras Lanouf, 29 Maret 2011 (AP Photo/Anja Niedringhaus)
Pasukan rezim Muammar Khadafi berhasil memukul mundur pemberontak dari kota Ras Lanouf dan Brega, sehingga membuat mereka menjauh dari Sirte, benteng pertahanan Khadafi.Kemunduran pasukan pemberontak ini juga mengundang dilema bagi misi koalisi yang digalang Amerika Serikat (AS) dan sekutu-sekutunya atas Libya, yang selama ini hanya sebatas mencegah pasukan Khadafi menembaki warga sipil melalui penerapan zona larangan terbang.

Menurut kantor berita Associated Press, pasukan Khadafi membombardir posisi pemberontak di Ras Lanouf dan Brega dengan tembakan tank serta artileri, Selasa 29 Maret 2011. Sejumlah laporan sepanjang Selasa malam menyebutkan, pemberontak tidak punya pilihan selain kabur meninggalkan kedua kota yang sempat mereka kuasai beberapa hari lalu.

“Sarkozy, di mana kamu?” teriak sejumlah pemberontak dalam bahasa Arab. Mereka mengacu kepada Presiden Prancis, Nicolas Sarkozy, yang selama ini sangat mendukung gagasan agar pasukan koalisi juga menghancurkan pasukan Khadafi.

Menurut sejumlah saksi, dalam pertempuran Selasa kemarin, tidak terlihat serangan udara pasukan koalisi seperti pada hari-hari sebelumnya.

“Kalau mereka [pasukan Khadafi] terus menembak, kami butuh serangan udara [koalisi],” kata Mohammed Bujildein, seorang anggota pasukan pemberontak berusia 27 tahun. Dia yakin, bila mereka terus didukung serangan udara koalisi, “Kami pasti sudah berada di Sirte besok [Rabu] malam,” lanjut Bujildein.

Dia mengakui bahwa pemberontak hari ini mengalami kekalahan. “Namun kami akan kembali,” kata Bujildein. Sirte, yang terletak 250 kilometer dari Ras Lanouf, merupakan kampung halaman Khadafi. Tidak heran bila kota itu merupakan benteng terkuat pasukan Khadafi dan menjadi titik strategis bagi pemberontak bila ingin masuk ke Ibukota Tripoli. (art)

• VIVAnews

Kekurangan Cat, Masalah Baru Industri Otomotif Dunia

Posted: 29 Mar 2011 08:41 PM PDT

 

Industri otomotif global terus terkena dampak tsunami dan gempa yang melanda Jepang, 11 Maret lalu. Setelah gempa yang menerjang timur laut negeri itu, rantai pasokan komponen dan suku cadang terhenti. Akibatnya industri otomotif global gagal  memproduksi ratusan ribu kendaraan hingga akhir bulan ini.

Kabar buruk muncul lagi setelah produsen pigmen cat kendaraan di dekat pembangkit listrik tenaga nuklir yang rusak di Fukushima, berhenti produksi. Sejumlah produsen kendaraan pun terancam kekurangan cat.

Laman Detroit News, Selasa 29 Maret 2011, mengatakan bahwa Grup Chrysler LLC memerintahkan dealer agar membatasi penjualan pada 10 warna, termasuk warna-warna favorit konsumen.

Ford Motor Co juga memperingatkan dealer untuk menghentikan pemesanan kendaraan warna hitam tuksedo dan merah. Toyota Motor Corp dikabarkan kekurangan pigmen Xirallic, yang memberikan kualitas warna semakin bagus dan mengkilap.

Pabrikan pigmen asal Jerman, Merck Group, menegaskan bahwa pabrik Xirallic di Onahama telah menghentikan produksi karena berada di kawasan terkontaminasi radiasi nuklir Fukushima.

Gangolf Schrimpf, juru bicara Merck, mengatakan bahwa pekerja-pekerjanya belum bisa masuk ke pabrik. “Kemungkinan keadaan ini akan berlanjut hingga delapan pekan,” katanya.

Namun, Chrysler dan Ford mengatakan, kekurangan cat tidak akan mempengaruhi tingkat produksi kendaraan. “Kami mengantisipasi dengan menyarankan pelanggan agar tidak tidak memesan warna tertentu,” kata juru bicara Chrysler, Katie Hepler.

Sejumlah pabrikan mobil kini terus berjuang memenuhi pasokan komponen suku cadang mereka. Sebab, dalam produksi, sebagian besar perusahaan mobil tidak tahu asal komponen yang berjumlah 20 – 30 ribu jenis pada tiap kendaraan.

 

Industri Otomotif Global Terkena Dampak Jepang

Posted: 29 Mar 2011 08:36 PM PDT

 

Industri otomotif global kemungkinan akan kehilangan produksi sekitar 600 ribu kendaraan hingga akhir Maret ini. Gempa dan tsunami yang meluluhlantakkan bagian timur Jepang telah memutus pasokan komponen, termasuk cat mobil.

Sekitar 320 ribu kendaraan diperkirakan telah gagal diproduksi di seluruh dunia hingga 24 Maret. Wakil Presiden IHS Automotive Insight, lembaga konsultan industri otomotif asal Amerika Serikat, Michael Robinet, mengatakan bahwa perusahaan perakitan mobil di Amerika Utara juga akan terpengaruh, setidaknya mulai April mendatang.

“Gelombang berikutnya, penghentian pabrik [di Amerika Utara] seiring dengan berkurangnya suplai komponen dan suku cadang,” kata Robinet dalam satu wawancara melalui sambungan telepon, seperti dikutip Autonews, Senin 28 Maret 2011.

Toyota Motor Corp mengatakan, pihaknya telah kehilangan produksi hingga 140 ribu kendaraan, dan Honda Motor Co telah kehilangan 46.600 mobil dan 5.000 sepeda motor.

Mitsubishi Motors Corp juga menurunkan produksi hingga 15 ribu kendaraan. Mazda Motor Corp juga telah mengatakan produksinya berkurang 31 ribu mobil, pada Jumat lalu. Sejumlah dealer AS telah menangguhkan pemesanan mobil buatan Jepang

“Pabrik Mazda di Hiroshima dan Hofu telah menghentikan produksi model baru,” kata Tim Gilman, juru Mazda. Pabrik itu membuat Mazda3, Mazda2, RX-8, MX-5, CX-7 dan CX-9.

Pabrik-pabrik Mazda sebenarnya tidak rusak, namun, sejumlah infrastruktur menuju pabriknya rusak, dan juga kekurangan pasokan listrik.

Nissan Motor Co, General Motors Co, dan perusahaan lain belum memberikan rincian tentang kerugian mereka.

Merck KGaA telah kehilangan produksi pigmen cat metalik otomotif karena pabriknya yang terletak di 28 mil dari pembangkit Fukushima Dai-Ichi. “Kami tidak bisa berproduksi,” kata Gangolf Schrimpf, juru bicara perusahaan yang berbasis di Jerman itu.

Merck tidak mengetahui kapan insinyur perusahaan bisa kembali masuk ke pabrik Onahama. Perkiraan sementara, penghentian ini memakan waktu empat hingga delapan pekan ke depan.

“Ini bukan kesalahan kami, dan kami tidak bisa kembali,” kata juru bicara perusahaan yang berafiliasi dengan produsen obat Merck & Co.

Salah satu yang terimbas dari berhentinya pasokan cat ini adalah Chrysler. Perusahaan mobil mewah asal Jerman ini telah membatasi permintaan kendaraan warna tertentu, seperti hitam, Blackberry Pearl, dan merah. “Warna-warna ini potensial mengalami kekurangan,” kata juru bucara perusahaan, Katie Hepler.

Ford juga telah meminta kepada dealer agar menghentikan penawaran untuk kendaraan warna hitam tuksedo dan merah.

PPG Industries Inc, pemasok cat terbesar untuk produksi otomotif Amerika Utara, pada Oktober mengatakan bahwa silver adalah warna paling populer pada tahun lalu. Silver, abu-abu, dan hitam arang menyumbang 31 persen dari-cat pilihan kendaraan di Amerika Utara, naik dari 20 persen pada 2008.

Hitam dan putih menjadi pilihan kedua, dengan komposisi masing-masing 18 persen. “Berikutnya adalah merah, sebesar 11 persen,” kata PPG.

 

Ronald Reagan Selamat dari Upaya Pembunuhan

Posted: 29 Mar 2011 08:36 PM PDT

Pada 30 tahun yang lalu, Presiden Amerika Serikat (AS) saat itu, Ronald Reagan, menjadi korban penembakan saat keluar dari sebuah hotel di Washington DC.

Reagan, yang baru 69 hari menjabat sebagai pemimpin Negeri Paman Sam itu mengalami luka-luka serius di bagian dada sehingga membutuhkan operasi di Rumah Sakit George Washington University.

Stasiun berita BBC mengungkapkan, penembakan itu juga melukai juru bicara Gedung Putih, James Brady, seorang petugas satuan pengaman presiden (Secret Service) dan seorang polisi.

Sebelum ditembak, Reagan sempat tersenyum ke arah kerumunan wartawan yang menunggu dia usai berpidato di sebuah acara di Hotel The Washington Hilton. Tak lama kemudian, terdengar enam bunyi tembakan ke arah Reagan dan rombongan.

Pelaku berhasil diringkus dan dia bercirikan berambut pirang dan berusia 20-an tahun. Tak jelas apa motif penembakan itu. Yang jelas insiden itu membuat perdagangan saham di bursa Wall Street terhenti dan acara penganugerahan hadiah film, Oscar, ditunda hingga keesokan malam.

Publik Amerika pun langsung teringat dengan pembunuhan atas Presiden John F. Kennedy di Dallas tahun 1963. Namun Reagan, yang saat itu berusia 70 tahun, lolos dari maut dan memerintah selama dua periode.

Reagan akhirnya tutup usia pada 5 Juni 2004 di usia 93 tahun setelah menderita penyakit Alzheimer.

• VIVAnews

Ronald Reagan (AP Photo)

Sidney Jones: Umar Patek Kunci Informasi

Posted: 29 Mar 2011 08:33 PM PDT

Umar Patek (AP)
Direktur International Crisis Group (ICG) Asia Tenggara Sidney Jones menilai penangkapan Umar Patek di Pakistan, merupakan penangkapan yang penting. Menurut Sidney, Umar Patek merupakan tokoh penting dalam jaringan teroris. Dia adalah kunci informasi penting.

“Kalau benar, maka itu penangkapan yang luar biasa penting. Umar Patek bisa menjelaskan jaringan Indonesia dengan jaringan di Asia Tenggara dan Asia Selatan,” kata Sidney saat dihubungi VIVAnews, Rabu, 30 Maret 2011.

Patek, kata Sidney, juga orang yang bisa memberikan penjelasan mengenai bagaimana strategi jaringan teroris di Indonesia dan Asia Tenggara terhubung dengan jaringan internasional. Ini termasuk jaringan pendanaan dalam aksi-aksi terorisme, khususnya di Indonesia.

Patek juga bisa memberikan informasi mengenai apakah masih ada orang Indonesia di Pakistan atau Afghanistan. Informasi penting yang bisa digali dari Patek adalah bagaimana jaringan teroris terhubung di Asia Tenggara, hingga dapat menyeberang perbatasan antarnegara, seperti misalnya dari Indonesia ke Filipina.

“Walau kita belum tahu persis dengan kelompok apa dia saat ditangkap di Pakistan. Kita mesti mendapat info tambahan sedang apa dia di Pakistan,” ucap Sidney yang merupakan pengamat terorisme asal Amerika Serikat ini.

Sebelumnya, Umar Patek juga disebut-sebut terkait kamp teroris di Nangroe Aceh Darussalam.

“Menurut fakta-faktanya, dia adalah pelatih di sana juga,” kata Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri, Komisaris Jenderal Ito Sumardi usai penutupan Latgab Penanggulangan Teror TNI-Polri pada 15 Maret 2010. “Jadi, semua bisa saja.”

Tapi Sidney mengaku belum tahu apakah ada keterkaitan Umar Patek dengan kamp pelatihan di Aceh itu. Sidney juga mengaku belum tahu apakah ada keterkaitan Patek dengan Abu Bakar Ba’asyir, yang saat ini didakwa mendanai kamp pelatihan di Aceh.

“Saya belum tahu apakah ada kemungkinan. Ini juga pertanyaan besarnya, apakah ada hubungan Patek dengan orang Indonesia lain sewaktu di Pakistan,” jelas Sidney. (umi)• VIVAnews

AS Hargai Kepala Umar Patek US$1 Juta

Posted: 29 Mar 2011 08:31 PM PDT

Umar Patek (AP)
Umar Patek, gembong teroris yang terlibat dalam aksi teror Bom Bali 1 pada 2002 dikabarkan tertangkap di Pakistan, Rabu 2 Maret 2011. Berita penangkapan dari dua sumber intelijen anonim, Indonesia dan Filipina.

Seperti dimuat Associated Press, Rabu 30 Maret 2011, belum jelas apa yang dilakukan Umar Patek di Pakistan. Namun, ada dugaan ia dan para pimpinan operasi teror Al Qaeda sedang merancang aksi teror memperingati 10 tahun serangan 11 September 2001.

Pria 40 tahun itu, campuran Jawa-Arab, sangat terkenal di dunia intelijen di seluruh dunia. Ia diyakini sebagai wakil komandan lapangan Bom Bali 1 yang menewasnya 202 orang.

Amerika Serikat –yang 7 warganya tewas dalam tragedi Bom Bali– menawarkan uang sebesar US$1 juta untuk siapa pun yang bisa menangkap Patek yang juga dikenal dengan nama ‘little Arab’.

Sepak terjang Patek berawal dari 1980 hingga 1990. Saat itu, ia bersama sekelompok orang dari Indonesia, Malaysia, dan Filipina bepergian ke Afghanistan dan Pakistan untuk menjalani pelatihan tempur.

Saat kembali ke Asia Tenggara, orang-orang ini membentuk Jemaah Islamiyah yang diduga ada di belakang serangkaian bom bunuh diri yang menyerang klub malam, restoran, hotel, dan kedutaan Barat di Indonesia –yang menewaskan sedikitnya 260 orang.

Paska beraksi di Bali, Patek melarikan diri ke Filipina Selatan, mencari perlindungan dan menjadi pelatih teror. Ia bergabung dengan Front Pembebasan Moro, kemudian ke kelompok Abu Sayyaf.

Pada Maret 2010, Patek diyakini berada di Provinsi Sulu di Filipina Selatan. Menurut  Jamestown Foundation, institut  kebijakan keamanan nasional di Washington, Patek adalah salah satu dari ‘komandan senior Jemaah Islamiyah terakhir’ yang memiliki pengalaman signifikan di kamp Al Qaeda di Afghanistan.

Umar Patek juga disebut-sebut terkait kamp teroris di Nanggroe Aceh Darussalam.

“Menurut fakta-faktanya, dia adalah pelatih di sana juga,” kata Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri, Komisaris Jenderal Ito Sumardi usai penutupan Latgab Penanggulangan Teror TNI-Polri di Jakarta, Senin 15 Maret 2010. “Jadi, semua bisa saja.”Namun demikian, dia mengatakan belum mengetahui apakah Umar Patek berada di Aceh atau tempat lain. (art)

• VIVAnews

Showroom Supermewah Rolls-Royce

Posted: 29 Mar 2011 08:22 PM PDT

 

Rolls-Royce Motor Cars baru-baru ini meresmikan satu showroomnya. Ini bukan ruang pamer biasa, karena terhitung sebagai showroom supermewah di dunia.

Showroom yang terletak di Al Umm Nar, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab ini berdiri di atas lahan seluas 900 meter persegi. Dilengkapi dengan kafe sebagai ruang tunggu konsumen. Ruang pamer supereksklusif dengan lantai kayu dan marmer yang mengkilap.

“Anda tinggal duduk di kafe itu, staf penjual akan datang menawarkan model dan warna kendaraan,” tulis laporan Autoevolution, Selasa 29 Maret 2011.

Pembukaan showroom di Abu Dhabi merupakan salah satu ekspansi Rolls-Royce di seluruh wilayah Teluk dalam 18 bulan terakhir.

“Investasi ini mencerminkan masa depan Rolls-Royce di Timur Tengah,” kata Torsten Muller-Otvos, CEO Rolls-Royce Motor Cars.

Saat ini, di seluruh dunia, Rolls-Royce mempunyai 82 dealer, delapan di antaranya berada di Timur Tengah. Kawasan ini menjadi sangat penting bagi Rolls-Royce karena mencatat pertumbuhan penjualan terbesar, yaitu 176 persen. Wilayah ini juga menyumbang 15 persen penjualan global perusahaan.

 

 

Model Muslim Duta Inggris di Miss Universe 2011?

Posted: 29 Mar 2011 07:56 PM PDT

 

Shanna Bukhari (Foto: thesun)

PADA 2010, Miss USA Rima Fakih sempat dijagokan menang Miss Universe. Kenyataannya, ia hanya menembus 15 besar, disinyalir akibat pernyataannya soal pembangunan masjid di ground zero. Ternyata, isu agama masih mewarnai pemilihan tahun ini.

Shanna Bukhari, model berusia 24 tahun dan tinggal di Manchester mengatakan, dirinya menerima pesan rasis saat hendak maju ke kontes kecantikan di negara asalnya. Namun, kelompok-kelompok muslim menuduhnya telah melecehkan Islam.

Babak bikini

Shanna lahir di Blackburn dan menjadi model full-time setelah menyelesaikan gelar sarjana. Ia bermimpi menjadi Miss Universe, tetapi banyak kritikan dilayangkan untuknya.

“(Aku menerima) komentar seperti, ‘Anda bukan seorang muslim karena Anda melakukan ini’, sama artinya kompetisi ini menjadikan saya seorang muslim yang sangat buruk. Jelas menyakitkan saya bila orang berpikir demikian," tuturnya, seperti dikutip dari BBC, selasa (29/3/2011).

Salah satu alasan utama sebagian penduduk muslim marah adalah kenyataan bahwa nantinya Shanna harus muncul dalam balutan pakaian renang pada salah satu putaran kompetisi.

Adalah Mohammed Shafiq dari Yayasan Ramadhan—kelompok yang fokus pada kaum muda muslim di Inggris—salah seorang yang melawan Shanna ikut ambil bagian di Miss Universe.

“Islam sangat jelas bahwa seorang wanita harus berpakaian sopan dan kami tidak percaya bahwa memamerkan diri dalam bikini adalah tindakan yang sopan,” katanya.

"Kita telah jelas menemukan bahwa apa yang dia lakukan adalah tidak disukai. Banyak wanita menemukan bahwa (kompetisi) ini merendahkan," lanjutnya.

Ia sendiri mengakui hak wanita muslim untuk mengenakan pakaian apapun yang mereka pilih, tetapi mereka yang tinggal di negara barat harus tetap menghormati Islam.

Padahal, Shanna mengatakan banyak orang mendukungnya, termasuk keluarganya di Pakistan. Dia berjanji tidak akan mengenakan bikini, tapi pakaian renang one-piece.

Karena kecemburuan

Kini, Shanna tengah mengikuti kontes kecantikan di Inggris dan jika menang pada final 1 Mei 2011, ia akan menjadi muslim pertama yang mewakili Inggris pada Miss Universe di Brasil mendatang.

“Orang-orang menyerang saya, menggunakan agama sebagai alat, tetapi benarkah ini karena agama? Atau apakah karena Anda cemburu melihat seorang gadis maju dan tidak mengizinkan siapapun mendiktenya?" tukasnya.

“Ada orang di luar sana yang ingin mengendalikan wanita,” katanya.

Miss Universe pertama kali diadakan pada 1952. Tahun lalu, kontes dimenangkan oleh Ximena Navarrete dari Meksiko.

 

 

Ingin Jadi Presiden, Ibu Negara Nekat Bercerai

Posted: 29 Mar 2011 07:49 PM PDT

 

Torres de Colom (Foto: AP)

GUATEMALA – Ibu negara Guatemala, Torres de Colom mengakhiri pernikahannya yang berusia delapan tahun, demi menggantikan posisi suaminya sebagai kandidat Presiden Guatemala.

Langkah ini dilakukan oleh Torres de Colom, setelah sang suami, Alvaro Colom tidak lagi diperbolehkan untuk mencalonkan diri sebagai presiden. Rencananya Torres akan mencalonkan diri pada pemilu presiden September mendatang. Demikian diberitakan Telegraph, Selasa (22/3/2011).
Perceraian akhirnya menjadi pilihannya, pasalnya, undang-undang Pemilu Guatemala melarang anggota keluarga Presiden yang sedang menjabat, maju sebagai kandidat.
Alhasil pernikahan yang telah berusia delapan tahun itu pun terpaksa dikorbankan.
Karena menurut Torres, pencalonan dirinya adalah desakan rakyat Guatemala. Proses perceraian itu sendiri akan selesai dari waktu satu bulan.
Torres mengumumkan dirinya akan menjadi kandidat Presiden Guatemala dari partai National Unity for Hope yang saat sedang berkuasa di Guatemala. Meski dianggap cukup ambisius, pencalonan yang dilakukan Torres ini mengundang kontroversi karena harus mengorbankan pernikahannya.

 

 

 

Calon Dewan Nekat Telanjang Jelang Pemilihan

Posted: 29 Mar 2011 07:43 PM PDT

Ilustrasi: Ist 

SYDNEY - Seorang kandidat anggota dewan melucuti pakaiannya di kantor komisi pemilihan untuk meminta dibebaskannya hidup berbugil ria.

Stuart Baanstra melucuti pakaiannya di pusat kota Sydney sebelum akhirnya dia dibawa oleh petugas keamanan, dia membawa papan bertuliskan “bugil bukan kejahatan”, demikian dilansir AFP, Sabtu (12/3/2011).
Pada saat memasuki ruangan komisi pemilihan, dia mengenakan jubah serta dasi dengan bendera Australia, Baanstra mengatakan bahwa dirinya adalah seorang nudist (pecinta bugil) dan seorang gay yang meyakini bahwa “hak-hak seseorang untuk tidak mengenakan pakaian.”
Baanstra diketahui mengikuti pemilihan anggota dewan di negara bagian New South Wales pada bulan ini.
Ia pun akhirnya dikeluarkan dari dalam gedung oleh petugas dengan ditutupi selimut, tapi akhirnya diketahui bahwa dirinya tidak lah bugil sama sekali. Dia mengenakan g-string berwarna hitam.

 

 

 

 

Manusia Tertua di Dunia Berusia 114 Tahun 6 Bulan

Posted: 29 Mar 2011 07:39 PM PDT

 

Bessie (Foto: Reuters)

GEORGIA – Besse Cooper, seorang nenek dari Georgia, Amerika Serikat (AS) kini telah resmi menyandang gelar orang tertua di dunia dengan usianya 114 tahun dan enam bulan.

Sejak kelahirannya pada tahun 1896, Cooper telah melihat pergantian presiden AS sebanyak 21 kali, dari presiden Grover Cleveland hingga Barack Obama, dan hidup dalam dua kali perang dunia.
Cooper mendapatkan gelar manusia tertua di dunia setelah kematian Eunice G Sanborn dari Jacksonville, Texas bulan lalu yang menyandang gelar tertua sebelumnya.
Setelah pindah ke Georgia untuk mengajar pada saat Perang Dunia Pertama, Cooper menikah pada tahun 1920 dan bersama suaminya selama 40 tahun, walaupun kemudian suaminya meninggal hampir setengah abad lalu.
Cooper dikaruniai empat orang anak, satu lusin cucu dan seorang buyut. Ia tinggal sendiri hingga usianya mencapai 105 tahun dan tidak mau meninggalkan rumahnya, tapi putranya memintanya untuk pindah karena kesehatannya memburuk dan pendengarannya pun kini mulai terganggu.
Pada saat perayaan ulang tahunnya yang ke-113 di tahun 2009 lalu, dia mengatakan resep awet mudanya. ”Saya melakukan segalanya dengan sendiri dan saya tidak makan-makanan siap saji,” ujarnya seperti dilansir Telegraph, Sabtu (12/3/2011).

 

 

 

Anggota Parlemen Rusia Dilarang Mengumbar Paha!

Posted: 29 Mar 2011 07:30 PM PDT

 

Anggota Parlemen Rusia Alina Kabaeva (Foto: Telegraph) 

MOSKOW – Para anggota parlemen Rusia dan ajudan perempuan dilarang untuk menggunakan rok mini. Ini diatur dalam aturan kode etik yang baru disusun.

Aturan kode etik yang baru ini dikabarkan berlaku untuk semua yang bekerja di Majelis Rendah Duma Rusia. Aturan ini harus diikuti oleh siapapun termasuk oleh anggota parlemen, ajudan serta para stafnya. Demikian diberitakan Telegraph, Rabu (30/3/2011). 

Menurut Suratkabar Moskovsky para anggota parlemen ini diharuskan untuk menggunakan pakaian formal dan rapih. Tentunya hal ini mengakhiri masa-masa kebebasan para anggota parlemen khususnya yang perempuan, yang biasa mengenakan rok mini.
Selain itu, aturan ini juga mengharuskan para anggota Parlemen Duma untuk meminimalisir kontak dengan jurnalis. Mereka menegaskan segala bentuk pekerjaan yang berkaitan dengan media, harus diserahkan kepada divisi media parlemen tersebut.
Hebatnya, para anggota parlemen juga diatur dalam bertutur kata. Mereka diharuskan untuk menghindari bahasa yang kasar dan arogan saat bersentuhan dengan pihak lain.
Bila ditelaah aturan ini memang cukup ketat. Mungkin saja hal ini dapat merubah paradigma anggota parlemen yang kerap dianggap arogan dan bertindak semaunya saja.

 

 

 

Inggris Krisis Pilot untuk Serang Libya

Posted: 29 Mar 2011 07:24 PM PDT

 

Jet tempur Inggris (Foto: AP)

LONDON – Angkatan Udara Inggris (RAF) dikabarkan kekurangan pilot jet tempur yang akan diturunkan dalam misi penyerangan di Libya. Hal ini disebabkan pemotongan anggaran yang mengancam operasi tersebut.

Sejak konflik di Libya berlangsung, pilot skuadron 18 RAF Thyphoon dikerahkan dari pangkalan udara Italia usai zona larangan terbang diterapkan di negara tersebut. Namun, karena kekurangan pilot yang berkompeten, RAF kemungkinan besar tidak memiliki cukup pilot saat personel udara skuadron udara dirotasi pekan depan.
Situasi ini dianggap sangat serius hingga memaksa RAF untuk menunda pelatihan pilot dari pesawat Tyhpoon yang digunakan dalam misi di Libya. Hal ini terpaksa dilakukan karena instruktur dari pesawat tersebut harus diturunkan ke garis depan.
Bahkan RAF juga harus menarik pilot terampil yang biasa beraksi di pameran dirgantara. Pilot-pilot tersebut rencananya akan ditarik pada musim panas mendatang.
Kekurangan pilot ini merupakan imbas dari pemotongan anggaran pertahanan yang berlangsung selama satu dekade terakhir. Pemotongan anggaran tersebut membatasi jumlah pilot terlatih untuk menerbangkan jet tempur Typhoon.
Keputusan pemerintah yang menon-aktifkan kapal induk HMS Ark Royal dan pesawat tempur Nimrod dianggap mempersulit operasi di Libya. Dua angkatan perang tersebut dianggap dapat membantu misi militer Inggris, daripada hanya mengandalkan skuadron tempur Typhoon.
“Kami terus kekurangan pilot,” ucap seorang pilot RAF seperti dikutip Telegraph, Selasa (29/3/2011). “Sedikit orang yang bersedia untuk bekerja lebih. Jika kami tidak melatih pilot baru, maka tidak lama lagi kami akan kekurangan personel,” lanjutnya.
69 pilot yang dimiliki oleh skuadron Typhoon RAF saat ini, termasuk instruktur, 18 diantaranya berada di Italia dalam misi di Libya. Sementara 24 lainnya ditugaskan dalam tim reaksi cepat yang melindungi wilayah udara Inggris.
Sedangkan 12 pilot lainnya ditempatkan untuk misi yang sama di Inggris. Ini berarti tinggal 15 pilot lainnya yang bersiap di Italia, untuk menggantikan personel yang bertugas saat ini.

 

 

Koalisi LSM Siapkan Class Action untuk Gugat Gedung Baru DPR

Posted: 29 Mar 2011 07:18 PM PDT

 

Maket Gedung DPR Baru (Ist)

JAKARTA – Koalisi LSM untuk APBN Kesejahteraan tengah menyiapkan upaya hukum ke pengadilan untuk menggugat rencana pembangunan gedung baru DPR yang menelan anggaran sedikitnya Rp1,1 triliun.

Gugatan tersebut dimaksudkan lantaran pembangunan gedung mewah itu telah mencederai hati nurani rakyat yang masih banyak terpuruk dalam kemiskinan. Selain itu, pembangunan tersebut juga melanggar asas efisiensi anggaran. “Pekan depan mudah-mudahan sudah bisa masuk. Saat ini kami tengah menyiapkan draf gugatannya,” ungkap Sekretaris Jenderal Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Yuna Farhan kepada okezone, Rabu (30/3/2011).

Dia menjelaskan, bentuk gugatan juga masih didalami apakah melalui legal standing, class action, dan  citizen law suit. “Dengan class action juga bisa dilakukan bersamaan dengan momentum masyarakat yang saat ini tengah membayar pajak. Sebagai pembayar pajak, rakyat tidak rela uang pajak dipakai gedung mewah DPR, sedangkan kemiskinan di mana-mana,” papar dia.

Yuna mengatakan, gugatan ini dilakukan dengan sejumlah LSM dan lembaga lainnya yang tergabung dalam Koalisi LSM untuk APBN Kesejahteraan dan didampingi kuasa hukum dari Indonesian Human Rights Committee for Social Justice (IHCS). “Gugatan ini juga sebagai bentuk pendidikan politik bagi masyarakat,” imbuhnya.

Fitra juga menantang para anggota DPR dan partai yang menentang pembangunan gedung baru tersebut. “Kalau benar-benar menolak pembangunan itu, anggota dewan berani kami ajak sama-sama layangkan gugatan, bukan hanya nembeng popularitas saja dari kasus ini.

Sebelumnya, Fitra juga menolak tegas 11 perusahaan yang telah didaftarkan ikut tender proyek pembangunan gedung baru DPR. Fitra melihat dari sebelas perusahaan yang dikutkan, sebetulnya tidak ada yang layak membangun gedung berbiaya sekitar Rp1,138 triliun itu.

Direktur Lingkar Indonesia untuk Keadilan (LInK) Aan Anshori juga menentang keras rencana gedung baru DPR ini. “Sungguh ironis di tengah rakyat Indonesia yang membutuhkan perumahan untuk tempat tinggal, tapi wakil rakyat justru getol beradu agar megaproyek itu terealisasi,” katanya.

Dia menilai diteruskannya proyek pembangunan gedung baru DPR itu adalah pembajakan mandat dan sistim demokrasi oleh sejumlah politisi untuk urusan skunder. Terlebih lagi, urusan-urusan itu tidak sejalan dengan kepentingan kesejahteraan rakyat.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso membantah rencana pembangunan gedung baru DPR RI terlalu mahal. Menurut Priyo biaya pembangunan tersebut murah bila dibandingkan dengan pembangunan gedung lembaga pemerintah yang lain.

Bahkan, menurut Politisi Partai Golkar tersebut rencana pembangunan gedung baru tersebut sangat sederhana bila dibandingkan dengan gedung instansi pemerintah lain. Priyo menjamin bahwa penyelenggaraan pembangunan tersebut harus dilaksanakan secara terbuka. Ia juga meminta untuk mengundang lembaga audit dan KPK untuk mengawasi pelaksanaan pembangunan tersebut.

Nantinya, setiap anggota DPR akan menempati ruangan seluas 111,1 meter persegi, bersama seorang sekretaris pribadi dan empat staf ahli. Pembangunan dijadwalkan muali 22 Juni 2011, dengan biaya pembangunan fisik sebesar Rp 7,2 juta per meter persegi. Dengan demikian, setiap ruangan anggota Dewan akan menyerap biaya hampir Rp800 juta.

 

 

Umar Patek Merencanakan Serangan 10 Tahun WTC?

Posted: 29 Mar 2011 07:14 PM PDT

 

Ilustrasi (Foto: Ist)Hingga kini, Polri belum bisa membenarkan penangkapan Umar Patek di Pakistan. Jika benar, lantas apa yang tengah dilakukan buronan nomor satu itu di sana?

Dalam berita yang dimuat Kantor Berita Amerika Serikat (AS) Associated Press (AP), Rabu (30/3/2011), tidak tertulis jelas tentang aktivitas Umar Patek di sana.

Hanya saja, dia diduga tengah merencanakan serangan dengan para pemimpin tertinggi Al-Qaeda, sebagai peringatan 10 tahun serangan World Trade Center (WTC) di New York, AS, pada 11 September 2001.

Pada situs berita AP, diberitakan bahwa kabar penangkapan Umar Patek diperoleh dari pejabat intelijen Indonesia dan Filipina. Mereka menyatakan bahwa Umar Patek ditahan pada awal tahun ini.

Umar Patek adalah salah satu tersangka utama dalam insiden bom Bali tahun 2002. 202 orang tewas dalam sebuah serangan maut terhadap Sari Club dan Paddy’s Bar, Kuta, Bali.

 

 

 

Rumah Tokoh Jemaah Ahmadiyah Tasikmalaya Diserang

Posted: 29 Mar 2011 07:10 PM PDT

 

Rumah jemaah Ahmadiyah di Tasikmalaya, Jabar, yang dirusak massa. (Dok: Sun TV)

TASIKMALAYA – Sebuah rumah milik salah seorang tokoh Ahmadiyah di Kampung Tolenjeng RT 07/02, Desa Sukagalih, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu dini hari dirusak massa.

Rumah yang dihuni pasangan Iyos dan Euis tersebut sering digunakan untuk aktivitas jemaah Ahmadiyah.

Ketua RW 02, Yoyo Sunaryo mengatakan, sekira 50 orang datang sekira pukul 22.30 WIB. Mereka merusak kaca jendela sebelum masuk ke dalam rumah dan menghancurkan semua barang-barang.

Beruntung para penghuni lebih dahulu keluar dan menyelamatkan diri setelah mendengar massa memecahkan jendela.

Yoyo mengakui rumah pasangan tersebut kerap dijadikan tempat aktivitas Ahmadiyah. "Setiap Jumat ada kegiatan yang diikuti oleh sekira 20 orang. Kegiatan jemaah memang menggangu warga lainnya," tutur Yoyo, semalam.

Kapolresta Tasikmalaya AKBP Mochammad Hendra mengatakan massa datang lengsung melakukan pelemparan ke rumah tersebut.

Menurut Hendra, aktivitas jemaah sebenarnya sudah mulai berkurang setelah dikeluarkan Peraturan Gubernur Jawa Barat tentang pelarangan aktivitas Ahmadiyah.

Camat Sukaratu, Nanda, menuturkan jumlah jemaah Ahmadiah di daerahnya tercatat hanya 53 orang. Saat sosioalisasi Pergub beberapa waktu lalu, sekira 70 jemaah dan dua keluarga sudah tobat kembali ke syariat Islam.

Sementara itu, jajaran PolrestaTasikmalaya, setelah kejadian, langsung melakukan olah TKP. Polisi dibantu TNI masih melakukan penjagaan di lokasi hingga Rabu pagi ini.

 

 

Nugraha Besoes Berpeluang Dipidana

Posted: 29 Mar 2011 07:07 PM PDT

 

Nugraha Besoes (Foto: okezone)

JAKARTA – Mabes Polri menyatakan belum akan mempidanakan  Sekjen PSSI Nugraha Besoes terkait memberi keterangan palsu mengenai Federasi Asosiasi Sepakbola Internasional (FIFA).

Hal itu dikatakan Kadiv Humas Polri Irjen Pol Anton Bachrul Alam. Menurutnya, polisi dapat mempidanakan Besoes bila ada laporan dari masyarakat.

“Ya kalau ada yang dirugikan bisa ditindak. Sebelum itu, polisi tidak bisa melakukan tindakan apa pun,” katanya di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (29/3/2011).

Sekadar diketahui, Kongres PSSI di Pekanbaru, Riau, beberapa waktu lalu batal dihelat. Alasan pembatalan itu menurut versi Besoes dilakukan FIFA dengan alasan keamanan. Namun pihak FIFA dengan tegas membantah pernyataan Besoes itu.

Bahkan, pihak FIFA mengatakan tim pemantau FIFA sendiri yang meminta agar bisa datang ke tempat kongres. Namun permintaan itu dihalang-halangi oleh PSSI.

“Harus dibuktikan dulu, kan belum diketahui apakah itu bohong atau tidak,” tandasnya.

 

 

Spanyol Menang Xavi Mengeluh

Posted: 29 Mar 2011 07:04 PM PDT

 

Gelandang Xavi Hernandez mengeluhkan buruknya lapangan di Stadion Zalgiris, tempat berlangsungnya laga Spanyol melawan Lithuania. Meski menang, Xavi tetap tidak senang dengan lapangan yang buruk.

“Di lapangan terlihat pasir semua. Tahun 2011 masih bermain lapangan seperti itu adalah hal yang menyedihkan dalam sepakbola,” kata Xavi kepada Marca.

Meski menghadapi kondisi lapangan yang buruk, Spanyol tetap memetik hasil positif setelah menang dengan skor 3-1 atas Lithuania. “Meskipun kami menyesalkan kondisi lapangan, tapi secara keseluruhan tim telah bekerja dengan baik. Kami sekarang telah mengumpulkan enam poin (dari dua pertandingan),” ujar Xavi.

Xavi menyumbang satu gol dalam laga tersebut. Gol itu terjadi pada menit ke-20 setelah memanfaatkan umpan matang dari striker David Villa. Tidak membuang waktu, Xavi langsung mengarahkan bola ke gawang Lithuania.

Sementara pelatih Spanyol, Vicente del Bosque, memuji kerja keras anak asuhnya yang bermain hingga peluit akhir. Menurutnya, memenangkan laga itu tidak mudah di atas lapangan yang buruk.

“Kami telah mengalahkan lawan dengan berjuang sampai akhir. Kami senang dengan hasil ini karena telah mengambil langkah yang baik dalam kualifikasi ini,” ungkap Del Bosque.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar