Senin, 28 Maret 2011

koran terbaru - berita seputar indonesia

koran terbaru - berita seputar indonesia


Reaksi Pasha Saat Eks Istri Hadiri Pernikahan

Posted: 27 Mar 2011 08:29 AM PDT

Pasha & Adelia (VIVAnews/ Muhamad Solihin)

Okie memberikan hadiah sepasang jam tangan untuk pengantin baru itu.

Pasha ‘Ungu’ dan Adelia Wilhemina telah resmi menjadi pasangan suami istri. Keduanya menggelar resepsi pernikahan yang meriah di Gedung Graha Batununggal Indah, Bandung.

Namun ada pemandangan menarik dari pesta pernikahan kedua Pasha. Di antara para tamu undangan, terlihat sosok Okie Agustina yang merupakan mantan istri Pasha.Okie yang mengenakan kebaya berwarna putih itu terlihat mengantri bersama tamu lain untuk memberikan ucapan selamat kepada kedua mempelai. Okie datang dengan ditemani kekasihnya, Phewe.

Tak hanya itu, Okie juga memberikan hadiah khusus untuk pengantin baru tersebut. Pasha senang dengan kehadiran Okie.

“Ya terima kasih buat Okie karena sudah datang. Hadiahnya jam tangan sepasang,” kata Pasha saat konperensi pers, di Gedung Batununggal, Bandung, Minggu 27 Maret 2011.

Sayangnya, Okie tak membawa ketiga anaknya. Untuk urusan yang satu ini, vokalis Ungu itu enggan membahasnya. “Soal itu (anak), nggak usah dibahas dulu ya,” ucapnya.

Sementara menurut Okie, soal ketidakhadiran ketiga anaknya memang sudah ada kesepakatan antara ia dan Pasha.

“Takutnya mental mereka. Jadi aku putuskan untuk tidak membawa mereka,” ucap Okie.

Kembali ke Pasha, pemilik nama Sigit Purnomo Syamsudin Said ini mengatakan belum merencanakan bulan madu mereka.

“Bulan madu saya nggak tahu karena belum ada rencana. Sedikit informasi lusa saya mulai kerja lagi, tampil di salah satu TV. Sisanya kerja lagi, kerja lagi. Libur kan cuma hari Lebaran sama tahun baru,” ungkapnya. (SJ)

• VIVAnews

Aturan untuk Tamu Pangeran William

Posted: 27 Mar 2011 08:13 AM PDT

Pangeran William & Kate Middleton (Showbizspy.Com)

Kerajaan Inggris memiliki aturan ketat untuk para tamu yang datang.

Pangeran William dan Kate Middleton akan segera melangsungkan pernikahan pada 29 April mendatang. Untuk pernikahan pasangan ini, kerajaan memiliki peraturan atau yang biasa disebut etika kerajaan yang sangat ketat.

Biasanya etika itu dilakukan di acara-acara kerajaan seperti pernikahan. Dan etika kerajaan ini tentu saja akan diberlakukan saat pernikahan William dan Middleton berlangsung. Biasanya kerajaan meminta para tamu undangan yang hadir untuk menggunakan pakaian sopan dan dan formal serta beretika.

Dan yang lebih penting lagi adalah para tamu tak boleh menggunakan pakaian yang mencolok dibandingkan dengan kedua mempelai.

Pernikahan pasangan ini adalah yang paling ditunggu-tunggu publik dunia terutama Inggris. Mereka ingin melihat pernikahan calon penerus tahta kerajaan Inggris tersebut. William dan Middleton memutuskan untuk menikah setelah hampir sembilan tahun lamanya menjalin hubungan yang putus sambung.

• VIVAnews

Jepang Temukan Radiasi Ekstrim di Reaktor 2

Posted: 27 Mar 2011 07:57 AM PDT

Penduduk di Prefektur Fukushima, Jepang, menjalani tes radiasi nuklir (AP Photo/Wally Santana)

Air yang sangat terkontaminasi itu diduga berasal dari inti reaktor yang rusak.

Tokyo Electric Power Co (Tepco) menyatakan ada radioaktif level sangat tinggi terdeteksi dalam air di reaktor unit 2. Radioaktif yang terlacak mencapai 10 juta kali lipat dari ambang normal operasional reaktor.

Tepco menjelaskan tingkat radiasi ini mencapai 2,9 miliar becquerels dalam satu kubik centimeter (cm) air di ruang bawah tanah bangunan turbin yang terpasang ke reaktor nomor 2, seperti dikutip dari laman NHK, Minggu 27 Maret 2011.

Tingkat kontaminasi ini sekitar 1000 kali dibandingkan kebocoran radiasi di ruang bawah tanah reaktor nomor 1 dan 3. Tepco menambahkan material radioaktif terdeteksi termasuk 2,9 miliar becquerels yodium 134, 13 juta becquerels yodium 131, dan 2,3 juta becquerels, masing-masing cesium 134 dan 137.

Material ini dipancarkan sepanjang proses fisi nuklir di inti reaktor. Perusahaan ini memperkirakan air terkontaminasi itu berasal dari inti reaktor rusak, dan mereka tengah mencari tahu bagaimana kebocoran bisa terjadi.

Lulusan University of Tokyo Naoto Sekimura mengatakan kebocoran ini mungkin muncul dari ruang penahan (suppression chamber) reaktor nomor 2. Ruang ini didesain untuk menampung radioaktif dari reaktor.

Sementara itu, Departemen Ilmu Pengetahuan Jepang menemukan tingkat tinggi terdeteksi di wilayah yang jaraknya lebih dari 30 kilometer dari pabrik Fukushima Daiichi. Ketinggian radiasi ini melewati ambang batas tahunan yang bisa dihadapi warga biasa.• VIVAnews

Beli Emas, Agar Nilai Kekayaan Tak Turun

Posted: 27 Mar 2011 07:45 AM PDT

Ilustrasi uang (VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis)

Nilai beberapa mata uang utama dunia telah turun dibandingkan emas.

Bank Rakyat China (PBOC) merekomendasikan kepada 1 miliar rakyatnya mempertimbangkan membeli emas sebagai perlindungan nilai terhadap inflasi, dan melestarikan nilai uang yang bisa jatuh sewaktu-waktu.

Analisis tinjuan pasar keuangan PBOC, seperti dikutip Forbes, Minggu 27 Maret 2011, menyatakan nilai beberapa mata uang utama telah turun dibandingkan emas. Mata uang dolar Amerika Serikat turun 1 persen, franc Swiss 2,5 persen, pound sterling Inggris 2 persen, dan yen Jepang 2 persen.

Peringatan ini, menurut Forbes, persis seperti saran The Fed untuk membeli saham minyak mentah karena harga bensin diperkirakan akan lebih tinggi pada musim panas ini.

Menurut PBOC, kenaikan harga emas dipicu oleh konflik di Libya, krisis utang Eropa, bencana nuklir di Jepang, serta kerusuhan politik di Suriah, Yaman, dan sebagian negara lain di Timur Tengah dan Afrika Utara. “Semua tak terduga oleh para analis pasar keuangan,” tulis laporan itu.

Setidaknya 12 negara bagian di Amerika Serikat, termasuk New Hampshire, Indiana, South Carolina, dan Washington mengusulkan memungkinkan warganya menggunakan koin emas dan perak sebagai alat pembayaran yang sah.

Di India, emas bisa dibeli di 466 kantor pos di seluruh pelosok. India juga memiliki perusahaan publik menawarkan kredit bagi rakyatnya yang ingin membeli emas atau perak.Tak heran harga emas akhir-akhir ini terus melambung. Bahkan Goldman Sachs memprediksi harga emas bakal mencapai US$1.565 per ons dalam 6 bulan ke depan, dan US$1.690 dalam 12 bulan. “Harga emas bisa naik 18 persen dalam 12 bulan,” katanya. Namun, Goldman memperingatkan kontraksi harga dalam jangka pendek, akibat dipicu aksi ambil untung.

• VIVAnews

Pernikahan Tertutup Reese Witherspoon

Posted: 27 Mar 2011 07:42 AM PDT

Reese Witherspoon & Jim Toth (US Magazine)

Witherspoon dan Toth hanya mengundang 120 tamu dalam pernikahan mereka.

Reese Witherspoon diam-diam menikah dengan tunangannya, Jim Toth pada Sabtu, 26 Maret kemarin. Pernikahan itu berlangsung di sebuah peternakan di kawasan Ojai, California.

Pada  acara itu, artis berambut pirang ini memakai gaun pengantin rancangan Monique Lhuillier. Ia menyatakan kesediaanya sebagai istri Toth di hadapan sekitar 120 tamu, terdiri dari keluarga besarnya dan para artis seperti Renee Zellweger, Alyssa Milano dan Tobey Maguire.

Seperti dikutip dari US Magazine, sahabat terbaik Witherspoon, Heather Rosenfield menjadi tamu kehormatan dalam acara tersebut. Kedua buah hatinya dari pernikahahannya dengan aktor Ryan Phillippe, Ava dan Deacon juga mengambil bagian dalam upacara pernikahan itu.Lagu ‘Here Come the Bride’ mengiringi artis berusia 35 tahun ini saat menuju altar. Warna putih mendominasi dekorasi pernikahan pasangan itu. Prosesi pernikahan tertutup, dan hanya berlangsung sekitar 20 menit. Mereka lalu saling bertukar cincin rancangan William Goldberg.

Ini adalah pernikahan kedua bagi Wiherspoon yang pernah mencatatkan diri sebagai aktris termahal di Hollywood. Setelah bercerai dari Phillippe pada 2007 lalu, ia sempat menjalin hubungan dengan aktor Jake Gylenhall.

Hubungan terjalin selama tiga tahun itu tak berakhir di pelaminan. Cinta mereka kandas di tengah jalan. Setelah beberapa bulan menyandang status jomblo, bintang ‘How Do You Know’ ini menjalin asmara dengan Jim Toth. Akhir 2010 lalu, mereka memutuskan bertunangan. Maret ini, keduanya pun menikah.

• VIVAnews

Kenapa Produksi Mobil Jepang Terhenti

Posted: 27 Mar 2011 07:34 AM PDT

Sejumlah pekerja sedang merakit mobil. (ANTARA/Ujang Zaelani)

Mobil modern terdiri dari 30 ribu bagian, 70-80% dipasok oleh ratusan perusahaan.

Industri otomotif Jepang lumpuh setelah gempa dan tsunami menggoncang negeri itu, 11 Maret 2011. Puluhan pabrik perakitan mobil mandek, meski sebagian pabriknya tak rusak dalam bencana itu. 

Laman Autonews melaporkan mobil modern setidaknya terdiri dari 30 ribu bagian, 70 hingga 80 persen dipasok ratusan perusahaan pembuat komponen. "Satu baut hilang dapat menghentikan perakitan mobil," tulis laporan itu, Minggu 27 Maret 2011.

Padahal, lebih dari 500 pabrik hancur terkena gempa dan tsunami di timur laut Jepang. Pabrik-pabrik ini termasuk hingga seratusan pembuat komponen kendaraan. Kondisi ini telah memotong pasokan komponen otomotif.

Kurt Sanger, analis otomotif dari Deutsche Securities, memperkirakan butuh waktu berbulan-bulan agar industri otomotif Jepang bisa stabil. "Kami saat ini hanya bisa berharap agar ada perbaikan bertahap," kata dia di Tokyo.

Kurt mengatakan, gempa dahsyat telah merusakkan pabrik Renesas Electronics Corp, pemasok terkemuka unit kontrol mikro otomotif. Lebih dari seperlima produksi otomotif global bergantung pada produk-produk dari pabrik Naka, di Prefektur Ibaraki.

Sebelum bencana, industri otmotif Jepang baru saja kembali ke trek pemulihan setelah krisis keuangan global. Produsen memotong biaya produksi dan melakukan perampingan besar-besaran agar tetap bisa bertahan di tengah penurunan penjualan, dan penguatan mata uang yen.

Ketika gempa Jepang 2007 merusakkan pabrik Riken Corp, pemasok ring piston, juga telah melumpuhkan seluruh dari 12 pabrik truk di Jepang selama tiga hari.

Menurut lembaga konsultan industri otomotif asal Amerika Serikat, IHS Automotive Insight, dalam skenario terburuk, produksi kendaraan global dapat merosot 30 persen dalam enam pekan, karena kekurangan komponen kendaraan."Ini adalah situasi yang sama sekali belum pernah terjadi sebelumnya," kata analis otmotif UBS, Tatsuo Yoshida.

• VIVAnews

Titi Kamal Gagal Rayu Suami

Posted: 27 Mar 2011 07:23 AM PDT

Titi Kamal & Christian Sugiono (VIVAnews/Windratie)

Ada sejumlah alasan mengapa Titi sangat menginginkan suaminya itu untuk menjadi model.

Titi Kamal punya kesibukan baru. Setelah mengaku lelah syuting sinetron dan film, Titi memilih aktif menjadi penyanyi. Ia kini sibuk merayu sang suami, Christian Sugiono, menjadi bintang di video klip barunya.

“Aku lagi pengen merayu Tian (panggilan Christian) untuk jadi model video klip aku. Tapi, aku belum berhasil,” kata Titi saat ditemui di Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Wanita berambut panjang ini pun tak putus asa. Ia tetap semangat merayu pria berdarah Jerman itu, agar bersedia menjadi model video klip single terbarunya.

Titi memiliki alasan tersendiri mengapa ia menginginkan suaminya itu menjadi model utamanya. “Mudah-mudahan di single terbaru kali ini aku bisa merayu dia untuk jadi modelnya. Karena lagu ini cocok banget sama cerita kita berdua,” lanjutnya.

Terkait lagu barunya itu, bintang film ‘Mendadak Dangdut’ ini belum mau membukanya ke publik. Pemilik nama lengkap Kurniaty Kamalia ini juga sengaja menghilang beberapa bulan dari dunia hiburan. Tujuannya adalah agar dirinya mendapat respon positif dari masyarakat.

“Sekali-sekali muncul, mudah-mudahan surprise. Aku ada guru vokal dan intensif latihan,” ujarnya. • VIVAnews

Bencana Jepang: 10.498 Tewas, 16.600 Hilang

Posted: 27 Mar 2011 07:19 AM PDT

Sisa Tsunami (AP Photo/Kyodo News)

Tsunami menyebabkan banjir seluas 500 kilometer persegi.

Kepolisian Jepang mengatakan akibat bencana gempa dan tsunami 11 Maret lalu, sekitar 10.489 orang meninggal, dan lebih dari 16.600 dinyatakan hilang.

Seperti dilansir laman NHK, sebanyak 6.333 orang tewas di Prefektur Miyagi. Di Prefektur Iwate 3.152 telah dikonfrmasi meninggal, sementara di Prefektur Fukushima 946 tewas. Polisi mengatakan jumlah korban meninggal dan hilang kemungkinan akan meningkat, karena banyak korban dan seluruhnya keluarga tersapu oleh tsunami.

Badan Kepolisian Nasional mengatakan setidaknya 18.000 rumah hancur oleh gempa dan tsunami, dan sekitar 140.000 rumah rusak. Di Prefektur Iwate saja, lebih dari 12.000 rumah roboh.

Sementara itu, berdasar citra satelit, gempa dan tsunami menghantam pantai timur Jepang membuat banjir sejauh 500 kilometer persegi. Sebuah perusahaan geospatial di Tokyo, Pasco, menganalisa gambar satelit dari garis pantai yang membentang dari Aomori ke Prefektur Imagi, yang diambil antara 11-20 Maret.

Perusahaan itu mengatakan daerah banjir mencakup 470 kilometer persegi. Prefektur Miyagi adalah daerah paling terkena, yaitu 300 kilometer persegi daerahnya tersapu banjir. Sementara di Prefektur Fukushima, 110 kilometer persegi daerah itu rusak, sedangkan Prefektur Iwate, 50 kilometer persegi rusak akibat tsunami.

Di bagian selatan Miyagi, dari gambar terbaru diambil 24 Maret, terlihat daerah terkena banjir menyusut, namun 70 persen masih terendam air.• VIVAnews

Jepang Ingin Belajar dari BRR Aceh-Nias

Posted: 27 Mar 2011 07:16 AM PDT

Kuntoro Mangkusubroto (ANTARA BRR/ HO/ Arif Ariadi)

Mantan Ketua BRR Kuntoro Mangkusubroto berencana menjelaskan BRR kepada Jepang.

Pemerintah Jepang berencana belajar dari Indonesia dalam menanggulangi paska bencana Tsunami seperti terjadi di Aceh.

Demikian diungkapkan Kepala Unit Kerja Presiden untuk Pengendalian dan Pengawasan Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto saat menghadiri acara Indonesia for Japan di depan Kedutaan Besar Jepang, Jakarta, Minggu, 27 Maret 2010.

“Minggu depan saya akan melakukan teleconference dengan mereka karena mereka ingin belajar dengan apa yang kita lakukan di Aceh,” ungkap Kuntoro.

Mantan Kepala Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR) Aceh-Nias ini akan menyampaikan kepada Pemerintah Jepang tentang bagaimana membentuk organisasi BRR.

“Kenapa Aceh berhasil, salah satunya BRR ini. Di Jepang urusan seperti ini masih dilakukan perdana menteri. Nah, perlu ada BRR punya kewenangan khusus menangani bencana ini. Cara kerjanya, pengalaman BRR adalah sumbangan kami paling berarti untuk Jepang,” ujar Kuntoro.

Sementara itu, hingga saat ini Pemerintah Indonesia telah menyumbangkan bantuan sebesar US$2 juta dan 10 ribu selimut. “Pada pagi hari ini kita bersama-sama berkumpul di sini menyampaikan simpati kita, meski dalam bentuk sederhana,” ujarnya.• VIVAnews

2013, Minyak Diprediksi di Atas US$100

Posted: 27 Mar 2011 07:13 AM PDT

Kilang minyak (www.dpi.vic.gov.au)

Situasi pasar tahun 2010 faktor fundamental lebih berperan.

Mantan Gubernur OPEC untuk Indonesia Maizar Rahman memprediksi harga minyak akan terus berada di atas US$100 per barel hingga tahun 2013. Menurut Maizar, ada sejumlah hal mempengaruhi harga minyak ini.

"Prediksi situasi pasar tahun 2010 faktor fundamental lebih berperan, sedang 2011-2012 selain dipengaruhi faktor fundamental juga geopolitik," ujar Maizar Rahman seperti dilansir laman ESDM, Minggu 27 Maret 2011.

Menurut Maizar, faktor fundamental mempengaruhi situasi harga minyak dunia antara lain faktor permintaan, suplai OPEC dan non–OPEC, stok minyak USA, kapasitas cadangan produksi OPEC, nilai tukar dollar Amerika, dan perdagangan berjangka, lanjut Maizar.

Ditambahkannya, berdasarkan angket Reuter tanggal 24 Maret 2011, harga minyak West Texas Intermediate Crude Oil (WTI) untuk tahun 2011 adalah sebesar USD 96.7 dan Brent sebesar USD 104.6.

Permintaan energi dunia tumbuh semakin cepat, di lain pihak penemuan cadangan baru minyak bumi sulit ditemukan. Di masa mendatang minyak nonkonvensional dan biofuel akan semakin berperan. "Ketergantungan masyarakat dunia terhadap OPEC akan terus meningkat," ujarnya.• VIVAnews

Kena Radiasi, Kaki Dua PekerjaTerbakar

Posted: 27 Mar 2011 07:10 AM PDT

Pekerja Tepco yang berjibaku menanggulangi kebocoran nuklir (AP)

NISA memberi peringatan pada Tepco untuk meningkatkan dan memastikan keselamatan pekerja.

Pemerintah Jepang mengungkap serangkaian kesalahan yang dilakukan operator Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Electric Power Co atau Tepco. Termasuk soal pengiriman dua pekerja tanpa perlindungan alas kaki saat mengendalikan kebocoran radiasi.

Juru bicara pemerintah, Yukio Edano mendesak Tepco agar lebih transparan setelah dua pekerja itu menderita luka bakar saat mereka menginjak air yang terkontaminasi radioaktif, 10 ribu kali dari ambang normal, di PLTN Fukushima Daiichi.

“Kami mendesak Tepco memberikan informasi kepada pemerintah lebih cepat,” kata Edano seperti dilansir dari laman Associated Press.

Juru bicara Badan Keselamatan Industri dan Nuklir (NISA) Hidehiko Nishiyama mengatakan Tepco sudah mengetahui resiko tingginya radiasi di udara pabrik enam hari sebelum kecelakaan dua pekerja itu. Kedua pekerja ini hanya menggunakan sepatu yang hanya menutupi sampai mata kaki. “Tidak cukup tinggi melindungi kaki mereka,” tegasnya.

“Terlepas apakah ada kesadaran soal tingginya tingkat radiasi dalam air tergenang, namun ada masalah dalam cara kerja dilaksanakan.”

NISA pun memberi peringatan kepada Tepco untuk meningkatkan dan memastikan keselamatan para pekerjanya. Saat dikonfirmasi, juru bicara Tepco Hajime Motojuku tak mau berkomentar.

Desakan pemerintah ini muncul di tengah upaya pekerja perusahaan itu menghentikan kebocoran gas dengan memindahkan air terkontaminasi dari unit-unit reaktor. Kebocoran ini sendiri muncul setelah Jepang dilanda gempa berkekuatan 9 SR, Jumat 11 Maret 2011 lalu.

Petugas sudah mencoba menggunakan air laut untuk mendinginkan reaktor. Namun, muncul kekhawatiran bahwa korosi garam akan memperparah kerusakan mesin di dalam unit reaktor.

Saat ini, lanjut Nishiyama, Tepco berjibaku tengah menyuntikkan air segar ke dalam unit reaktor, dan mengeluarkan air yang terkontaminasi radioaktif.• VIVAnews

Suami Belum Izinkan Tamara Bleszynski Bekerja

Posted: 27 Mar 2011 07:06 AM PDT

Tamara dan Mike Lewis (VIVAnews/Beno Junianto)

Setelah menikah dan memiliki anak dari Mike, Tamara mulai jarang tampil di dunia hiburan.

Setelah menikah dan memiliki anak dari Mike Lewis, Tamara Bleszynski mulai jarang tampil di dunia hiburan. Ternyata, menurut sang suami, ia sedang menikmati kesibukannya mengurus Kenzou Lion Bleszynski, sang buah hati.

“Saya dan Tamara masih berbahagia menjadi suami istri, setelah lengkap dengan kehadiran Kenzou. Tamara memilih untuk istirahat dulu saat ini, ia sedang menghabiskan waktu dan harinya sebelum bekerja untuk anak. Sebentar lagi juga akan kembali bekerja di dunia hiburan,” kata Mike Lewis saat ditemui di Djakarta Teater.

Mike Lewis juga menceritakan pertumbuhan Kenzou. Ia dan Tamara tampak sedang sangat menikmati peran mereka sebagai orangtua.

“Dia sudah bisa ketawa mengerti apa yang dibicarakan orang, bisa menangis, pokoknya kami sedang berbahagia,” kata Mike.

Ia juga mengungkapkan, alasan Tamara jarang tampil di dunia hiburan adalah karena belum mendapatkan izin darinya. Mike ingin Tamara lebih banyak menghabiskan waktu bersama anaknya yang masih bayi.

“Saya yang belum izinkan dia bekerja, karena saya mau lihat dia berbahagia dengan Kenzou di rumah, jadi pasti ada waktunya Tamara bekerja kembali,” katanya.

Tamara dan Mike menikah di Villa Bayu Shabba, Bali pada 2 Februari tahun 2010 lalu. Pernikahan pasangan hanya dihadiri keluarga kedua belah pihak serta teman-teman dekat mereka. (pet) • VIVAnews

Demonstrasi London Berakhir Rusuh

Posted: 27 Mar 2011 07:02 AM PDT

Massa demonstran di London merusak mobil polisi. (AP Photo / Dominic Lipinski, PA)

Massa berpenutup kepala melemparkan bom cat dan bom asap kepada petugas.

Massa demonstran anti pemotongan anggaran negara bentrok dengan polisi di London, Inggris. Massa yang anarkis menghancurkan fasilitas umum dan melempari polisi dengan bom cat.

Seperti dilansir dari laman Daily Mail, demonstrasi yang berlangsung sejak pagi pada Kamis, 26 Maret 2011, tersebut diikuti oleh ratusan ribu orang. Pihak penyelenggara dari serikat pekerja, TUC, mengatakan terdapat sekitar 500.000 orang yang ikut demonstrasi tersebut.

Di lokasi utama, yaitu di taman Hyde yang terletak di pusat kota London, demonstrasi yang menampilkan pembicara ketua Partai Buruh, Ed Milliban, berlangsung damai. Para demonstran terdiri dari para pekerja tingkat bawah, di antaranya adalah perawat, ibu rumah tangga, dan para guru.

Bentrokan terjadi di tempat yang berbeda dari lokasi utama, yaitu di jalan Oxford dan Regent. Dilaporkan, ratusan aktivis yang mengenakan pakaian serba hitam, bertudung kepada dan penutup muka, menyerang polisi dengan bom cat dan bom asap. Mobil polisi yang diparkir tidak lepas dari bulan-bulan mereka.

Beberapa polisi terlihat mukanya berlumuran cat yang berasal dari lemparan demonstran. Beberapa bangunan juga menjadi amukan mereka, antara lain adalah hotel Ritz Carlton dan beberapa bank.

Demonstrasi Sabtu ini disebut sebagai demonstrasi terbesar yang pernah digelar di Inggris sejak demonstrasi 2003 menentang perang Irak. Pada demonstrasi kali ini, sebanyak 4.500 polisi dikerahkan ke lokasi demonstrasi.

Massa demonstran menentang rencana pemerintah untuk mengurangi anggaran negara sebanyak 81 miliar poundsterling selama lima tahun untuk menanggulangi defisit negara.

Akibat pemotongan anggaran ini, sebagian besar instansi pemerintah akan terkena imbasnya. Pegawai negeri dikatakan akan dipotong gajinya dan sebanyak 300.000 lowongan pegawai negeri ditiadakan.• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar