Kamis, 24 Maret 2011

koran terbaru - berita seputar indonesia

koran terbaru - berita seputar indonesia


Bangkok Motor Show 2011 Dibuka

Posted: 23 Mar 2011 07:55 PM PDT

HUNDUSTANTIMES

BANGKOK, KOMPAS.com — Salah satu pameran bergengsi dan bertaraf internasional, Bangkok International Motor Show 32th (BIMS) 2011 dengan tema “Discovery – a New Innovation” telah dibuka untuk wartawan dan VIP, 23-24 Maret. Seperti dilaporkan wartawan Kompas.com, Zulkifli BJ, yang diundang Ford Motor Indonesia, gelaran untuk pengunjung umum berlangsung mulai besok, Jumat (25/3/2011) sampai 5 April mendatang di lokasi yang baru, Muang Thong Thani, Provinsi Nonthaburi.

Senior Executive Vice President Grand Prix Group Chaturon Komolmit mengatakan bahwa penyelenggaraan tahun ini dipindahkan dari Bangkok International Trade and Exhibition Center ke lokasi baru karena kapasitasnya sudah tidak cukup lagi.

Selain prinsipal otomotif Jepang, seperti Toyota, Mazda, Honda, dan Nissan, dari Eropa dan Amerika yang antara lain adalah Ford menampilkan produk-produk andalannya./kompas.com

Ford mengandalkan Fiesta dan meluncurkan Ranger baru/HINDUSTANTIMES
Volvo ikut partisipasi/hindustantimes

hindustantimes

 

Sumber :
grandprix group

Ford All New Ranger Tampil Lebih Klimis dan Manis

Posted: 23 Mar 2011 07:50 PM PDT

Dua model Ford All-New Ranger, Kabin Ganda (kiri) dan Kabin Tunggal (kanan)/Ford Motor Co.

 

BANGKOK — Kesan pertama ketika melihat penampilan atau wajah Ford All-New Ranger saat selubungnya dibuka adalah, pikap tersebut kini klimis atau lebih manis. Kesan kasar sudah berkurang. Hal tersebut diakui oleh Graig Metros selaku Kepala Desain All-New Ranger dalam wawancara khusus dengan wartawan Indonesia. Ia juga menyampaikan hal itu ketika menjelaskan konsep desain saat smalltruck ini diluncurkan.

“Semua itu sesuai dengan permintaan konsumen. Jadi, sebelum memastikan desain yang dipilih, kami melakukan survei. Ternyata mereka memilih penampilan yang lebih manis sekarang ini. Namun, kesan modern, gaya, hi-tech, dan tentu saja efisiensi tetap diutamakan,” bebernya. Bahkan, ketika konsumen disodorkan desain F150 bersama All-New Ranger, “Mereka memilih ukuran yang lebih kecil,” lanjut Metros.

Lebih ramping
All-New Ranger lebih panjang dari yang sedang dipasarkan sekarang. Untuk versi double cabin (DC), panjangnya 5.359 mm dan lebar 1.850 mm. Adapun Ranger yang yang dipasarkan sekarang memiliki panjang 5.173 mm dan lebar 1.788 mm. Tepatnya, All-New Ranger lebih ramping. Di samping itu, kaca depannya juga lebih landai sehingga lebih aerodinamis.

Kendati sosok bodi lebih manis, dengan ban dan velg alloy 18 inci, All-New Ranger jadi kokoh. Versi lama menggunakan velg baja 15 inci.

Untuk pasar ASEAN, Ford menawarkan model dengan bodi Regular, Super, dan Double. Ford pun mengklaim, gaya kabin Ranger kini paling besar di segmennya. Sistem penggerak yang ditawarkan adalah 4 x 2 dan 4 x 4. All-New Ranger juga ditawarkan dalam dua macam ketinggian.

Perubahan dilakukan Ford secara menyeluruh terhadap desain bodi, interior, dan kabin. Bahkan, mesin total baru dan disediakan dalam beberapa pilihan.

Teknologi baru yang ditawarkan adalah Bluetooth dengan Voice Control dan kamera untuk melihat suasana di belakang kendaraan yang ditayangkan pada kaca spion.

Truk kecil ini diklaim mampu menarik muatan 3.350 kg untuk versi mesin diesel dan muatan 1.500 kg. Klaim lain, volume bak untuk Single Cap dan Supercap terbesar di kelasnya.

Pilihan mesin
Untuk mesin, ditawarkan beberapa pilihan, yaitu Duratorq TDCI, diesel 4-silinder, berkapasitas 2,2 liter. Mesin baru ini berkemampuan lebih besar dibandingkan versi 2,5 liter yang digunakan sekarang ini. Mesin baru tersebut juga dilengkapi dengan turbocharger dan menghasilkan tenaga 110 kW (9150 PS) dan torsi 375 Nm. Adapun Mesin diesel 2,5 liter yang digunakan sekarang menghasilkan tenaga 109 PS @ 3.500 rpm dan torsi 27,1 (265 Nm) @ 2.000 rpm.

Untuk konsumen Indonesia, Ford akan memasarkannya pada pertengahan tahun depan (nanti akan dipajang di IIMS, Juli 2011). Menurut Presdir Ford Motor Indonesia Will Angove, Ford akan memilih mesin 2,2 liter.

Mesin lainnya adalah diesel 3,2 liter, 5-silinder, yang mengasilkan tenaga 147 kW (200 PS) dan torsi 470 Nm. Mesin lainnya adalah bensin 2,5 liter, 4-silinder, yang juga bisa menggunakan LPG. Bila menggunakan bensin, tenaga yang dihasilkannya  122 kW (166 PS).

Kapasitas tangki bahan bakar 80 liter. Kemampuan lain berdasarkan klaim Ford adalah konsumsi bahan bakar Ranger 4 x 2 berbahan bakar bensin menggunakan 9,8 liter bahan bakarnya tiap 100 km atau 10,2 km/liter.

Ranger mesin diesel 2,2 liter mengonsumsi bahan bakar 7,6 liter per 100 km atau 13 km/liter (juga untuk versi 4  x 2). Adapun Ranger bermesin diesel 3,2 liter, sistem gerak 4×4, diklaim berkonsumsi bahan bakar 9,6 liter per 100 km atau 10,4 km/liter.

Transmisi
Untuk memindahkan tenaga mesin ke roda, Ford memilih transmisi 6-percepatan otomatik DSG. Transmisi terbaru ini memperoleh perbaikan sehingga perpindahan gigi berlangsung lebih halus dan lancar. Versi otomatik juga dilengkapi dengan sequential shift control.

Inovasi baru yang dilakukan Ford pada Ranger adalah kemampuan transmisi  otomatik untuk menentukan kendaraan dalam kondisi menanjak melalui fitur Grade Control Logic.

Dengan cara ini, transmisi akan berpindah ke gigi lebih rendah ketika kendaraan turun sehingga bisa memperoleh efek pengereman mesin. Hal tersebut bisa diperoleh karena sistem dilengkapi dengan pemantau.

Perlengkapan keamanan lainnya adalah ESP, ABS, dan EBA yang dirancang bila pengemudi mengoperasikan rem secara mendadak.

Kendati baru diluncurkan di Bangkok yang merupakan pusat pembuatannya, Ford sudah memperlihatkan fisik kendaraan tersebut ke publik Australia, tahun lalu, tepatnya pada Sydney Motor Show, Oktober lalu. Adapun penampilan di Bangkok kali ini adalah penampilan resmi pertama bagi Ranger di depan publik Asia./kompas.com

 

Wajah depan dan belakangg All-New Ranger/KOMPAS.com/Zulkifli BJ

Penampilan All-New Ranger dari samping. Kaca depan lebih landai/KOMPAS.com/Zulkifli BJ

Interior All-New Ranger, total baru, lebih gaya dan moderen./Ford Motor Co.

Peluncuran Ford Ranger Dihadiri 300 Wartawan ASEAN

Posted: 23 Mar 2011 07:46 PM PDT

All-New Ranger saat diperkenalkan oleh Kepala Desainer All-New Ranger, Craig Metro/KOMPAS.com/Zulkifli BJ

Joe Hinrichs, Presiden Ford Asia Pasifik dan Afrika memperkenalkan Ford kepada wartawan/KOMPAS.com/Roderick Adrian Mozes

 

BANGKOK — Sehari sebelum perhelatan Bangkok International Motor Show 2011 dibuka pada hari ini, Ford meluncurkan andalan terbarunya di segmen pikap atau bak terbuka (Ford menyebutnya small truck), yaitu All-New Ranger. Peluncuran berlangsung di Hotel Shangri-La di pinggir Sungai Chao Phraya, Bangkok. Sebagai produk global, Ford mengundang wartawan dari berbagai negara di ASEAN untuk menyaksikan peluncuran mobil kabin ganda ini.

Menurut Neal MacCarthy selaku Humas Ford Asia Pasific dan Afrika saat ditemui Kompas.com malam sebelum peluncuran, jumlah wartawan yang diundang meliput acara ini mencapai 300 orang. Dari Indonesia, Ford Motor Indonesia mengajak 20 wartawan dari berbagai media, termasuk Kompas.com. Wartawan Indonesia pun diajak melihat peluncuran perdana All-New Ranger ke publik Thailand pada Press Day Bangkok International Motor Show, hari ini.

Dari Ford Motor Company, peluncuran langsung dipimpin oleh Group Vice President dan Presiden Ford Motor Asia Pasifik dan Afrika (APA), Joe Hinrichs, Presiden Ford ASEAN Peter Fleet, Kepala Desain Ford All-New Ranger Craig Metros, dan Team Leader Global Compact Pickups Division Gary Boes. Wartawan Indonesia juga diberi kesempatan wawancara langsung tentang produk baru Ford tersebut dengan keempat pimpinan Ford tadi.

Sementara itu, Joe Hinrichs ketika ditanyakan tentang rencana Ford di Indonesia hanya mengaku, pasar Indonesia sangat potensial di masa mendatang. “Bahkan pertumbuhan penjualan mobil di Indonesia tahun lalu lebih besar dibandingkan Thailand. Saya sudah membicarakan hal ini dengan kantor pusat Ford di Dearborn. Namun, kami harus mempelajari dulu apa yang akan kami lakukan nanti di Indonesia. Namun saya yakin, pasar Indonesia nanti pasti lebih besar dari Thailand,” ungkapnya./kompas.com

2011, Sepeda Motor Benelli Masuk Indonesia

Posted: 23 Mar 2011 07:43 PM PDT

KOMPAS.COM/AGUNG KURNIAWAN

JAKARTA — Pasar sepeda motor Indonesia yang tumbuh subur membuat merek Italia, Benelli, tertarik untuk masuk. Rencananya, mereka hadir pada akhir 2011, tetapi bukan oleh prinsipalnya langsung, melainkan diwakilkan Zhejiang Qianjiang Motorcycle Company Limited, produsen sepeda motor dari China.

Zhejiang Qianjiang Motorcycle Company Limited (ZQM) sudah menunjukkan keseriusannya dengan datang ke Indonesia mengikuti pameran The 3rd ASEAN Largest Auto Parts, Accessories and Equip Exhibition (INAPA) yang mulai berlangsung di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, 23-26 Maret 2011.

Yongzhong Pan, Vice General Manager ZQM, mengatakan, mereka tak sekadar mau jualan, tetapi juga mendirikan pusat produksi di Indonesia untuk bisnis jangka panjang. Untuk strategi awal, ZQM akan mengimpor Benelli secara utuh (CBU), baik dari Italia maupun China, baru kemudian merakit secara lokal (CKD).

Pan melanjutkan, Benelli punya berbagai model sepeda motor mulai dari skuter, sport, sampai supermoto. Kapasitas mesinnya juga beragam, mulai dari 50 cc sampai yang terbesar 1.130 cc. Untuk harga jual, lanjut Pan, model termurah Benelli dibanderol 1.000 euro (Rp 12,3 juta) sampai 250.000 yuan (Rp 332,3 juta).

Saat ditanyakan berapa dana investasi yang sudah disiapkan ZQM di Indonesia, Pan masih belum mau menjelaskan lebih jauh. “Investasi akan dilakukan bertahap sesuai dengan permintaan pasar. Berapa nilainya, belum tahu,” ungkap Pan saat dijumpai di gerai pameran.

QJiang Selain berencana memasarkan Benelli, ZQM juga sudah menyiapkan merek lokal mereka, QJiang (baca Chien Ciang), untuk melengkapi segmen. Pan menambahkan, strategi awal perusahaan adalah mengambil kepercayaan konsumen di Indonesia dengan Benelli. “Semua teknologi yang ada di QJiang juga dikembangkan dari Italia,” komentar Pan.

Terkait kesan buruk yang masih melekat di benak masyarakat Indonesia dengan sepeda motor China, Pan memastikan kehadiran produknya bukan sekadar jualan. “Komitmen kami jelas, bukan cuma jualan, melainkan juga memperhatikan layanan purnajual yang prima,” ujar Pan./kompas.com

Sidang Ustadz Baasyir Hadirkan 5 Orang Saksi

Posted: 23 Mar 2011 07:05 PM PDT

 

Persidangan terdakwa terorisme, Abubakar Baasyir di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan kembali mengagendakan pemeriksaan saksi. Hari ini, Kamis (24/3/2011), sebanyak lima orang saksi akan memberikan keterangan secara langsung di ruang sidang, tidak melalui telekonferensi seperti sembilan saksi sebelumnya. Mereka adalah Joko Sulistyo, Muhammad Sofyan, Tatang Mulyadi, Ahmad Sutrisno, dan Yudi Zulfahri.

“Tidak (ada) teleconference,” kata Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan M Yusuf ketika dihubungi, Kamis.

Sebelumnya, Baasyir bersama tim kuasa hukumnya menolak hadir di ruang sidang lantaran saksi memberikan keterangan melalui telekonferensi. Tim Baasyir menilai proses telekonferensi tidak adil. Sebagai bentuk protes mereka walk out.

“Kami sejak awal menginginkan agar prosesnya lebih transparan. Saksi-saksi dihadapkan ke persidangan. Kalau mereka keberatan dipertemukan dengan terdkawa (Baasyir), bisa saja terdakwa di luar persidangan (ruang sidang) dan saksi diperiksa di ruang sidang. Kami ingin fairness style,” ujar kuasa hukum Baasyir, Achmad Michdan, Senin (21/3/2011).

Pada persidangan Senin, satu orang saksi ikut walk out karena menolak telekonferensi. Dan seorang lagi sempat meminta untuk dihadirkan langsung di persidangan namun ditolak Majelis Hakim.

Kirkland Ingin Bangkit Setelah Dipenjara

Posted: 23 Mar 2011 07:05 PM PDT

Petinju Amerika Serikat, James Kirkland./BOXNEWS.COM

 

LAS VEGAS – Setelah mendekam dalam penjara karena perampokan bersenjata dan kembali ke balik terali besi tahun berikutnya karena memiliki senjata tanpa izin, petinju kidal Amerika yang berlum terkalahkan James Kirkland ingin bangkit kembali. Dia bertekad mendapatkan sabuk juara dunia.

Kirkland, dengan rekor 27-0 di antaranya 24 menang KO, mengakhiri istirahatnya selama dua tahun pada awal bulan ini dan ingin naik ring kembali untuk ketiga kalinya dalam 35 hari, pada 9 April. Dia akan menghadapi lawan di kelas menengah.

“Saya ingin bertanding setiap hati,” kata Kirkland. “Saya ingin naik ring lagi. Pada akhir 2011 saya kita saya akan menempati peringkat pertama dunia atau bertanding merebutkan gelar dunia.”

“Waktunya akan datang dan saya akan menjadi juara,” katanya.

Petinju yang akan berusia 27 tahun pada Sabtu mendatang, didakwa melakukan perampokan bersenjata pada 2003 dan mendekam 2,5 tahun dalam penjara. Ia ditangkap lagi karena memiliki senjata tanpa izin pada 2009, sehingga masuk lagi ke balik terali besi selama satu tahun.

“Saya sudah meninggalkan tindakan bodoh itu. Kini tiba saatnya untuk tumbuh dan bangkit kembali,” kata Kirkland.

“Tidak ada yang dapat menghalangi apa yang saya inginkan. Saya tidak membiarkan orang menghalangi apa yang saya impikan, apalagi yang ingin memengaruhi saya untuk berbuat salah,” tegasnya.

“Saya hanya tinggal menunggu waktu saja dan meninggalkan semua perbuatan yang tidak baik dan bodoh yang saya lakukan selama ini.”

Ketika tampil pertama kali pada 5 Maret, Kirkland menang KO pada ronde pertama. Dua minggu kemudian, ia menang lagi dengan KO.

“Ini merupakan pertandingan bagus dalam rapor saya. Tidak saja tentang Kirkland yang baru, tetapi tentang petinju yang tidak membiarkan dirinya berkarat,” ujarnya.

Kirkland berharap dapat bertanding di kelas welter super, yang lebih menawarkan banyak uang serta lawan yang potensial.

“Saya kini hanya fokus untuk bekerja, memfungsikan tinju saya agar dapat berbuat sesuatu di atas ring dan sanggup mengetahui apa yang akan datang,” katanya.

“Ketika saya absen bermain, saya tetap latihan dan bermitra latih. Saya meyakinkan diri saya dan menurunkan berat badan karena ingin secepatnya naik ring. Saya merasa amat kuat sekarang tetapi kecepatan saya masih belum pulih benar.” 

Kirkland menggambarkan, ketika sedang di penjara untuk kedua kalinya, merupakan sebuah pukulan yang sangat keras. Setelah itu, dia berusaha bangun kembali.

“Impian saya semuanya punah,” katanya. “Saya merasa amat sakit dari segi mental dan fisik. Saya jatuh. Segala sesuatu mengenai saya sudah pergi. Saya merasa kehilangan hubungan bukan saja dengan tinju, tetapi juga dengan semua orang yang saya cintai.”

“Saya membuat keputusan salah tapi sekarang tetap berusaha berpikir positif. Tetap berusaha membangun diri saya sendiri lagi dan fokus ke atas ring,” tambahnya.

Mantan juara dunia Bernard Hopkins, yang Mei akan mencoba tampil sebagai petinju tertua dalam sejarah tinju, berbicara tentang masa lalunya di dalam penjara bersama Kirkland. Dia menawarkan nasihat agar menjauhi orang yang menjatuhkannya.

“Jauhi orang-orang yang menjatuhkan anda, jauhi kebiasaa buruk dan berjanji tidak akan melakukan perbuatan buruk lagi. Pikirkan semua hal positif dan lakukan yang bersifat positif. Nasihatnya amat positif,” kata Kirkland ketika mengulangi nasihan sahabat itu./kompas.com

Sumber :
ANT, AFP

Eibegger Pertahankan Jaket Kuning

Posted: 23 Mar 2011 07:03 PM PDT

Markus Eibegger/BIKERUMOR

 

JAKARTA - Meski Floris Goesinnen dari Drapac Professional Cycling team sukses merebut juara etape empat Tour de Taiwan 2011, Rabu (23/3/11), namun Markus Eibegger dari Tabriz Petrochemical Team (TPT) Iran tetap mempertahankan posisi pemuncak klasemen tour. TPT juga merajai peringkat tim.

Eibegger dan rekan setimnya Mehdi Sohrabi menghuni dua posisi puncak klasemen umum. Eibegger mencatatkan waktu total 11 jam 32 menit, sementara Mehdi ada di posisi dua terpaut 9 detik dari Eibegger. David McCann dari Giant Kenda ada di posisi tiga, terpaut 19 detik dari Eibegger.

Selain Eibegger yang berhasil mempertahankan jaket kuning, Mehdi Sohrabi berhasil merebut jaket biru sebagai pebalap Asia terbaik. “Saya amat lelah. Hari ini saya cukup berusaha mempertahankan posisi saya dan tidak terlalu berisiko,” ujar Sohrabi.

Etape empat sejauh 192,5 kilometer yang berlangsung dari Hsinchu City dan berakhir di Sun Moon Lake merupakan etape terpanjang di lomba balap sepeda untuk pebalap elit dan U-23 ini. Meski cuaca relatif lebih nyaman di etape empat ini, namun sejumlah gunung tinggi yang menghiasi rute cukup membuat lelah pebalap.

Di etape ini, Floris dan Feng Chun Kai dari Action Cycling team sudah melakukan break away sejak di 30 kilometer menjelang finis. “Saya sudah berjanji pada teman setim saya, Pollock yang jatuh kemarin dan saya memenangkannya,” ujar Floris./kompas.com

BPS Mengusulkan, Pembatasan BBM Maksimal Mei

Posted: 23 Mar 2011 07:02 PM PDT

Badan Pusat Statistik (BPS) mendorong pemerintah segera menjalankan kebijakan pembatasan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi maksimal Mei 2011. Usulan itu terkait dengan momentum tekanan inflasi yang diperkirakan masih rendah.

“Kala saya sarankan, sekarang waktu terbaik. Pemerintah harus segera mengambil keputusan dalam waktu dekat. Apa pun opsinya, pasti ada (dampak pada) inflasi, baik pembatasan atau menaikkan harga Premium,” kata Kepala BPS, Rusman Heriawan, ketika ditemui di gedung Bank Indonesia (BI), Jalan MH Thamrin, Jakarta, Senin, 21 Maret 2011.

Rusman menjelaskan, saat ini tingkat inflasi berada dalam posisi baik. Kondisi positif itu diperkuat dengan nilai tukar rupiah yang terus menguat, sehingga tekanan inflasi dari barang impor tidak terlalu besar.

Faktor pendukung lain untuk segera memberlakukan kebijakan pembatasan BBM bersubsidi adalah kondisi petani yang berada pada posisi yang sangat bagus dari sisi inflasi.

Dengan berbagai faktor dan dukungan waktu yang tepat tersebut, Rusman meyakini pemerintah dapat memberlakukan kebijakan pembatasan BBM bersubsidi pada Mei 2010 dengan relatif aman.

Terkait dengan tiga opsi yang diusulkan oleh tim independen yang membahas kebijakan pembatasan subsidi, BPS menilai menaikkan harga Premium adalah opsi terbaik dan paling mudah. Alasannya, menaikkan harga Premium akan menyebabkan seluruh golongan masyarakat merasakan dampaknya.

Keyakinan itu juga dipengaruhi dengan adanya kebijakan pengembalian uang tunai (cash back) kepada angkutan umum, sehingga bisa meminimalisasi dampak kenaikan harga pada barang-barang kebutuhan lain. “Tidak akan ada dampak ikutan (multiplier effect) terhadap barang dan jasa lain,” katanya.

Rusman menambahkan, BPS mendorong pemberlakuan kebijakan tersebut karena tekanan inflasi pada semester II hingga akhir 2011 akan lebih besar. Tekanan inflasi pada 6 bulan terakhir 2011 akan berasal dari tahun ajaran baru, uang pendidikan, puasa dan Lebaran, serta Natal.

“Saya tidak melihat waktu yang lebih lama (untuk pembatasan subsidi BBM). Juli memang masih realistis, tetapi ada tahun ajaran baru. Bila lebih dari itu, akan sulit,” ujar Rusman.

Massa Tak Sabar Lagi untuk Menang

Posted: 23 Mar 2011 07:01 PM PDT

Pebalap Ferrari, Felipe Massa./AFP/FRED DUFOUR

 

MELBOURNE, Kompas.com - Pebalap Ferrari, Felipe Massa, mengatakan bahwa dia akan berkonsentrasi untuk memberikan yang terbaik pada seri pembuka Formula 1 (F1) 2011 di Australia, akhir pekan ini. Dia ingin menghapus semua anggapan miring tentang dirinya, yang tampil buruk sepanjang musim 2010, termasuk mengenai statusnya sebagai pebalap nomor dua di bawah Fernando Alonso.

“Saya sudah tak sabar lagi untuk pergi ke sana,” ujar pebalap asal Brasil ini melalui blog pra-event situs resmi Ferrari. “Saya siap membalap dan saya pikir semua tim sudah mempersiapkan diri dengan baik setelah menjalani rangkaian tes pra-musim, bahkan melebihi apa yang kami rencanakan.”

“Mobil tampaknya sudah siap, tetapi hal ini saja tidak cukup, karena juga harus cepat. Untuk saat ini, kemampuan sudah bagus dan saya tidak meragukan tentang performa. Hanya saja, kami belum memiliki gambaran yang jelas sampai semua tim sama-sama berada di atas trek di Melbourne.

“Saya senang karena akan mengawali musim ini di Australia, meskipun saya juga kecewa tidak pergi ke Bahrain. Saya sebenarnya senang pergi ke sana, lantaran treknya sangat cocok bagi saya dan juga untuk tim, karena Ferrari sudah banyak kali menang di sana.

“Tetapi, ketika anda membangun sebuah mobil F1, anda harus membuatnya bagus untuk semua trek, sehingga di manapun kompetisi dimulai, anda harus ke sana dengan pemikiran menang dan saya akan berkonsentrasi untuk melakukan terbaik di Melbourne, meskipun jika sirkuit Albert Park tak terlalu sukses bagi saya, ataupun kurang beruntung, karena sudah beberapa kali mengalami kecelakaan.

“Tahun lalu lebih baik ketika saya meraih hasil terbaikku dengan finis ketiga dan naik podium. Saya berharap, kali ini kami bisa mengawali musim dengan baik di Australia dan saya optimistis mengenai peluang kami.

“Saya tidak sabar menunggu untuk melawan tim-tim lain, serta melihat di mana kami berada,” simpul runner-up 2008 tersebut./kompas.com

Sumber :
crashnet

Yapto: Saya Memang Turunan Yahudi

Posted: 23 Mar 2011 07:00 PM PDT

 

 

Ketua Pemuda Pancasila Yapto Soerjosumarno menampik bahwa pengiriman bom buku yang ditujukan padanya, Selasa (15/3/2011), karena ia keturunan Yahudi. Ketua Umum Partai Patriot itu mengakui sebagai keturunan Yahudi, tapi ia seorang Muslim sejati dan menjunjung Bhinneka Tunggal Ika, bahkan menegakkan Pancasila sebagai dasar negara.

“Memang kenapa kalau saya keturunan Yahudi? Saya tidak bisa menolak takdir saya keturunan Yahudi, tapi itu tidak ada hubungannya dengan keturunan. Saya juga seorang Muslim. Ada orang Arab bisa beragama Kristen atau Budha. Tidak salah kan kalau seperti itu. Saya mendapat buku ini kan tidak ada hubungannya dengan Yahudi. Malah Ahmad Dhani yang mendapat buku dengan judul tentang Yahudi (Yahudi Militan),” ungkap Yapto usai jumpa pers di kantor Tim Pengacara Muslim, Rabu (23/3/2011) di Jakarta.

Ia juga mempertanyakan, mengapa ia mendapat paket bom buku berjudul “Masih Adakah Keadilan dalam Pancasila” seolah-olah ia maupun organisasinya tidak sejalan dengan Pancasila. “Organisasi saya sesuai dengan ide dan tujuan bangsa yang berjuang melawan penjajah dan sebagai kader bangsa, saya rasa tidak salah. Pemuda Pancasila tidak lari dari dasar negara ini. Sekarang kalau ada yang menilai ada permusuhan karena saya menganut Pancasila sebagai dasar negara, saya rasa lucu sekali. Saya melihat keganjalan, saya nasionalis, tapi kenapa menjadi target untuk hal-hal seperti itu. Saya juga seorang Muslim yang menjalin hubungan baik dengan pihak manapun,” tuturnya.

Yapto tidak ingin menduga-duga pihak mana pelaku yang mengirim paket bom buku untuknya. Ia menyerahkan sepenuhnya penyelesaian kasus tersebut pada kepolisian. “Paling penting, kita semua harus tetap bersatu. Kami Pemuda Pancasila akan tetap melindungi setiap rakyat bangsa Indonesia apapun agamanya, pekerjaannya, dan harus dijamin keselamatannya,” ungkap Yapto.

 

Jerez 5 Tahun Lagi, Brno Bermasalah

Posted: 23 Mar 2011 06:59 PM PDT

Sirkuit Jerez./MOTOGP

 

Sirkuit Jerez de la Frontera kemungkinan besar akan tetap masuk kalender MotoGP hingga lima tahun ke depan. Pasalnya, pemerintah setempat sepakat untuk memperpanjang kontrak dengan Dorna Sports, selaku pemegang lisensi MotoGP. Artinya, Jerez akan tetap berada di kalender MotoGP hingga musim 2016.

Padahal, arena balapan ini sempat terancam dicoret dari kalender balap motor tersebut. Hal itu karena semua asetnya dibekukan akibat utang yang menumpuk pada tahun 2005.

Meskipun demikian, menurut Motocuatro.com, Menteri Pariwisata, Olahraga dan Perdagangan di wilayah Andalusia, Luciano Alonso, bersikeras agar balapan di Jerez tetap dilanjutkan. Sebab, event di sirkuit tersebut yang dikenal dengan GP Spanyol, ikut mendorong adanya investasi yang besar.

Nah, dengan demikian maka Spanyol akan memiliki empat venue MotoGP untuk beberapa tahun ke depan. Sebab, sebelumnya Motorland Aragon juga sudah memastikan akan secara permanen masuk kalender MotoGP.

Jika Jerez sudah memberikan kepastian, maka hal sebaliknya terjadi pada GP Republik Ceko. Sirkuit Brno tampaknya terakhir kali akan menjadi penyelenggara pada musim ini, setelah tahun lalu mereka mengalami kerugian 3,5 juta euro (sekitar Rp 43,158 miliar).

Pada musim ini, Sirkuit Brno mungkin bisa menarik penonton sebanyak mungkin karena kehadiran Karel Abraham di kelas MotoGP–pebalap pertama dari Republik Ceko yang tampil di kelas paling bergengsi. Tetapi menurut presiden sirkuit, Ivana Ulmanova, seperti dikutip GPOne.com, hal tersebut tampaknya tetap takkan bisa mempertahankan balapan di Republik Ceko./kompas.com

Sumber :
crashnet

Pebalap Moto2 Ini Bersaksi tentang Gempa

Posted: 23 Mar 2011 06:57 PM PDT

Pebalap Moto2, Yuki Takahashi (tengah)./ULTIMATEMOTORCYCLING

 

Pebalap Moto2, Yuki Takahashi, punya kesaksian tentang bencana gempa bumi dan tsunami yang melanda Jepang pada awal bulan ini. Dia merasa, dunia seperti mau hancur akibat goncangan bumi tersebut.

Takahashi sempat terjebak ketika gempa bumi melanda Negeri Sakura. Dia sedang berada dalam mobil, dan sangat ketakutan karena mengira dia dan mobil bakal ikut tertelan bumi atau mengalami kecelakaan. Beruntung, dia bisa mengendalikan mobil sehingga terhindar dari hal-hal buruk.

Pebalap tim Gresini Moriwaki ini baru saja meninggalkan sirkuit Twin Ring Motegi setelah  berpromosi untuk Grand Prix Jepang, yang dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 24 April. Dalam perjalanan, tiba-tiba saja terjadi gempa berkekuatan 9,0.

Takahashi yang memenangi lomba Moto2 Catalunya musim lalu dan finis di posisi kelima pada seri perdana musim ini di Qatar akhir pekan lalu mengatakan kepada MCN, “Peristiwa itu benar-benar menakutkan. Jalan mulai bergerak dan saya pikir saya akan mengalami kecelakaan karena sulit untuk mengendalikan mobil.”

“Sangat membingungkan ketika peristiwa baru terjadi karena saya tidak yakin apakah itu angin. Namun, ketika saya tiba di kota pertama yang tidak jauh dari sirkuit, banyak dinding yang sudah roboh dan semua rambu lalu lintas sudah ambruk sehingga saya sadar bahwa itu gempa bumi.”

“Jalan-jalan juga rusak parah. Biasanya, lama perjalanan saya dari Motegi hanya satu jam untuk sampai ke rumah. Namun, saat itu saya butuh sembilan jam. Meskipun demikian, hal tersebut tak ada apa-apanya ketika Anda memikirkan apa yang telah terjadi di Jepang.”

Akibat gempa bumi dan tsunami, balapan di Twin Ring Motegi terpaksa ditunda hingga 2 Oktober. Ini adalah kali kedua GP Jepang mengalami penundaan, setelah tahun lalu juga terjadi peralihan jadwal dari bulan April ke Oktober, menyusul krisis abu vulkanik letusan gunung di Islandia, yang mengganggu jadwal penerbangan dari Eropa ke Timur Jauh./kompas.com

Sumber :
MCN

Polda Bali Merazia Mobil Boks

Posted: 23 Mar 2011 06:57 PM PDT

 

Polda Bali tidak ingin kecolongan untuk ketiga kalinya pasca 2 bom yang mengguncang Bali tahun 2002 dan 2005. Setelah melakukan quick response atau reaksi cepat dalam menangani sejumlah ancaman teror yang terjadi dalam seminggu terakhir, Polda Bali mulai melakukan penyisiran terhadap mobil boks yang lalu lalang di Pulau Dewata.

Razia dilakukan setiap malam dan menyebar ke berbagai titik rawan mulai dari obyek pariwisata hingga pusat kota. “Setiap malam kita patroli, khusus benda-benda disinyalir ada bom, Polda telah melakukan langkah strategis dengan menempatkan intelijen dan mengamankan pintu masuk,” tegas Kapolda Bali Irjen Hadiatmoko, di Kuta, Bali, Rabu (23/3/2011).

Razia mobil boks telah dilakukan jajaran Brimob Polda Bali, pada Selasa (22/3/2011). Sedikitnya 75 personel Brimob lengkap dengan senjata laras panjang menyisir setiap mobil boks maupun kendaraan pribadi yang melintas di seputaran Jalan Muhammad Yamin, Denpasar Timur.

“Operasi ini kita lakukan mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, sasarannya selain kendaraan umum, khusus untuk mobil boks kita periksa barang bawaannya,” ujar Wakasat Gan Ban Operasi Brimob Polda Bali, Kompol W Srinaya disela-sela razia.

Seluruh mobil boks yang tengah melintas di Jalan Muhammad Yamin harus rela digeledah seluruh barang bawaannya. Satu per satu isi dalam mobil boks di-screening petugas untuk memastikan tidak ada bahan peledak maupun benda berbahaya lainnya. Sejauh ini Polda Bali belum menemukan benda-benda mencurigakan yang disinyalir bom dalam setiap razia.

 

Tsunami Batalkan Kunjungan Woods

Posted: 23 Mar 2011 06:56 PM PDT

Tiger Woods,

TOKYO - Pegolf dunia, Tiger Woods membatalkan kunjungannya ke Jepang  bulan depan, menyusul terjadinya tragedi gempa bumi dan tsunami di negara itu.

Kunjungan Woods ke Jepang merupakan rangkaian promosi “Make it Matter” yang digagas Nike Asia.  Acara promosi ini bertujuan mempopulerkan olah raga golf di kalangan anak muda.

Meski batal mengunjungi Jepang, Woods dipastikan tetap mengunjungi China dan Korea Selatan mulai 12 April mendatang.

Gempa bumi berkekuatan 9.0 skala richter mengguncang Jepang pada dua pekan lalu dan telah membawa korban jiwa 21 ribu orang./kompas.com

Sumber AFP

Pembatasan BBM Belum Jelas, Perketat Pengawasan Penyelewengan

Posted: 23 Mar 2011 06:53 PM PDT

 

Keputusan resmi mengenai penundaan pelaksanaan pembatasan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi hingga kini masih belum jelas. Kini,  pemerintah justru menyatakan akan melakukan pengetatan pada pengawasan BBM bersubsidi pada 1 April 2011.

Pengetatan lebih ekstra ini sebagai upaya pemerintah menekan penyelewengan dan spekulasi yang sering menyebabkan kelangkaan BBM di masyarakat.

“Sikap pemerintah telah jelas. BPH Migas berperan mengawasi distribusinya. Kami melakukan pengawasan intensif bersama kepolisian dan kejaksaan untuk menangkap spekulan,” kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Darwin Zahedy Saleh, dalam sambutan di acara Carbon Capture and Storage (CCS) Forum di kantor Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu 23 Maret 2011.

Darwin menegaskan, pemerintah selama ini telah menetapkan kebijakan bahwa BBM bersubsidi harus dinikmati oleh golongan masyarakat yang berhak. Golongan masyarakat dengan ekonomi lemah adalah salah satu target yang diincar oleh pemerintah.

Direktur Jenderal Minyak Bumi dan Gas Kementerian ESDM, Evita H Legowo, menambahkan, pengetatan pengawasan yang akan digalakkan pemerintah diharapkan bisa menangkap sejumlah spekulan yang selama ini sering menyelewengkan BBM bersubsidi.

Untuk menunjukkan keseriusannya, pemerintah melalui BPH Migas bahkan telah mengindentifikasi sejumlah lokasi yang selama ini disinyalir rawan praktik penyelewengan. Tercatat beberapa daerah saat ini mulai mengalami kelangkaan BBM bersubdisi seperti di Riau dan Pontianak.

Evita menjelaskan, salah satu bentuk pengawasan yang akan diintensifkan pemerintah berupa pengawasan kuota kebutuhan BBM bersubsidi di masing-masing daerah. Pengawasan relatif bisa dilaksanakan karena BPH Migas telah memiliki catatan mengenai jumlah kebutuhan BBM bersubsidi suatu daerah serta realisasinya.

“Dia (BPH Migas) tahu jumlah kebutuhan daerah. Kalau tiba-tiba membengkak, akan ada investigasi bekerja sama dengan kepolisian dan kejaksaan,” katanya.

Sebagai informasi, pola subsidi yang selama ini diberikan melalui sistem tanggung penuh telah menyebabkan angka kebocoran penyaluran BBM bersubsidi ikut ditanggung pemerintah. Kebocoran itu sering terjadi saat PT Pertamina menyalurkan BBM dalam perjalanan ke depo atau stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

Pemerintah yakin, upaya pengetatan pengawasan yang lebih intensif oleh pemerintah dipastikan bakal mengurangi konsumsi BBM yang terbuang sia-sia hingga 800 ribu kiloliter.

Pertamina sebelumnya juga mengeluhkan adanya aksi penimbunan BBM bersubsidi di Kalimantan. Bahkan, perusahaan minyak milik pemerintah ini menilai aksi kejahatan itu sudah pada level mengkhawatirkan.

Hingga pekan kedua Maret, Pertamina memperkirakan telah terjadi penimbunan premium dengan kuota yang telah melewati lima persen. Sementara itu, untuk jenis solar tercatat kelebihan kuota ditaksir mencapai 6 persen.

 

Tahun Kimia Internasional Diluncurkan

Posted: 23 Mar 2011 06:52 PM PDT

AGK/Kompas.com

JAKARTA - Tahukah Anda tahun 2011 di tengah kedahsyatan hancurnya beberapa pembakit listrik tenaga nuklir akibat bencana tsunami yang mengguncang Jepang, tahun 2011 sesungguhnya merupakan tahun kimia internasional.

Di Indonesia, pencanangan Tahun Kimia Internasional dilaunching oleh Menteri Perindustrian MS Hidayat di Kementerian Perindustrian di Jakarta, Rabu (23/3/2011).

Hidayat mengatakan, pengembangan industri kimia nasional telah dimulai sejak awal pembangunan nasional yang memanfaatkan potensi minyak dan gas bumi, serta peluang pengembangan yang sangat potensial.

“Itulah sebabnya industri kimia bertumbuh secara signifikan yang ditandai oleh pengembangan pusat olefin di Banten sebagai basis pengembangan industri petrokimia,” katanya.

Awal tahun 1990-an, industri kimia berkembang pesat di atas 10 persen. Namun, kondisi itu melorot akibat krisis moneter yang terjadi tahun 1998.

Kini secara perlahan bangkit kembali, di mana selama tiga tahun terakhir bertumbuh pada kisaran 2-4 persen. Kondisi ini memperlihatkan ketangguhan industri kimia, meskipun menghadapi berbagai tantangan.

Mulai dari keterbatasan pasokan bahan baku dan energi hingga munculnya pesaing regional maupun internasional./kompas.com

Jembatan Selat Sunda Dipacu

Posted: 23 Mar 2011 06:51 PM PDT

Jika jembatan Selat Sunda sudah dibangun, pemandangan seperti ini tidak akan terjadi lagi./Kompas/Dedi Muchtadi

JAKARTA — Pemerintah tengah menyiapkan Peraturan Presiden Khusus tentang Percepatan Pembangunan Jembatan Selat Sunda yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Sumatera. Peraturan itu ditargetkan rampung April ini. Adapun pembangunannya ditargetkan mulai tahun 2014.

"Semua tahapan sudah dilalui. Diharapkan, draf awal selesai bulan depan," kata Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa di Istana Negara, Rabu (23/3/2011), seusai mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah.

Menurut Hatta, draf peraturan presiden khusus itu telah selesai dibahas Kementerian Perekonomian. Selanjutnya, draf diharmonisasi oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia sebelum disampaikan kepada Presiden. Jika tidak ada koreksi, draf peraturan itu segera ditandatangani Presiden dan mulai diberlakukan.

Saat disinggung mengenai estimasi biaya pembangunan Jembatan Selat Sunda, Hatta menyatakan berkisar 10 miliar-15 miliar dollar AS atau Rp 87 triliun-Rp 114,5 triliun. Estimasi biaya itu masih menyesuaikan desain yang dipilih. "(Biaya) tergantung seperti apa desainnya. Kita menginginkan ada kereta api di tengahnya. Tentu biayanya akan lebih tinggi. Kita harapkan pembangunannya tahun 2014," kata Hatta.

Tahun lalu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pernah menawarkan skema kerja sama pemerintah dan swasta dalam membangun Jembatan Selat Sunda ini. Saat itu, jembatan sepanjang 31 kilometer tersebut diperkirakan membutuhkan dana lebih dari Rp 100 triliun.

Menurut Atut, Presiden antusias sekali mempercepat pembangunan Jembatan Selat Sunda. Pembangunan jembatan ini diharapkan dapat memberikan solusi terbaik menghubungkan akses transportasi Jawa-Sumatera. "Kami sudah mempunyai MoU (nota kesepahaman) antara Pemerintah Provinsi Banten, Lampung, dan pemangku kepentingan. Ke depan (MoU) akan ditingkatkan apabila sudah ada perpresnya," kata Atut.

Selain membahas percepatan pembangunan Jembatan Selat Sunda, menurut Atut, dalam pertemuan dengan Presiden juga disampaikan rencana pembangunan pelabuhan internasional di Bojonegara, kerja sama dengan Iran dalam pembangunan kilang minyak di Banten, serta pembangunan Waduk Karian.

Dana Rp 323 triliun Sementara itu, Direktur Transportasi Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Prihantono di Jakarta, Rabu (23/3/2011), dalam Peluncuran Indonesia International Conference Focus on Indonesia Economy 2011, menegaskan, diperlukan dana Rp 1.923,7 triliun bagi pembangunan infrastruktur dalam lima tahun mendatang. Kebutuhan dana ini untuk memenuhi keinginan pemerintah mendorong pertumbuhan ekonomi ke level 7 persen pada 2014.

Namun, menurut, Bambang, masih ada kekurangan dana Rp 323 triliun yang belum dapat dipenuhi oleh pemerintah, BUMN, ataupun pelaku usaha swasta untuk memenuhi kebutuhan dana Rp 1.923,7 triliun itu. "Kekurangan dana itu diharapkan dapat ditutup dari pemerintah," ujar Bambang.(WHY/OIN)/kompas.com

Pertambangan Angkat Wall Street

Posted: 23 Mar 2011 06:49 PM PDT

SHUTTERSTOCK

JAKARTA — Pasar saham Amerika Serikat ditutup lebih tinggi pada Rabu (23/3/2011) waktu setempat, didorong oleh perusahaan-perusahaan pertambangan dan industri karena para pedagang mempertimbangkan pengaruh tingginya permintaan logam dan komoditas serta rekonstruksi Jepang.

Dow diangkat ke atas oleh saham raksasa aluminium Alcoa, yang bertambah lebih dari tiga persen, dan raksasa manufaktur 3M yang meningkat sebesar 1,6 persen karena biaya segala sesuatu dari aluminium untuk timah naik.

Prospek upaya rekonstruksi besar di Jepang mendorong beberapa sektor naik, sementara pasar secara umum menguat meskipun beberapa data AS jelek. “Sebuah rally pada akhir hari perdagangan mendorong tiga indeks saham utama ke wilayah positif,” kata Sara Kline Analytics Moody's.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 67,39 (0,56 persen) menjadi 12.086,02. Indikator pasar lebih luas, indek S&P 500 meningkat 3,77 poin (0,29 persen) menjadi 1.297,54, sementara indeks Nasdaq naik 14,43 (0,54 persen) menjadi 2.668,30.

Gerakan itu terjadi meskipun Departemen Perdagangan melaporkan bahwa penjualan rumah baru AS merosot ke tingkat terendah sejak tahun 1960-an, menawarkan lebih banyak bukti bahwa krisis real estat masih berlanjut.

Penjualan rumah jatuh hampir 17 persen pada Februari, Departemen Perdagangan mengatakan, menjadi disesuaikan  musiman  total 250.000  selama sebulan. Itu menandai angka terendah unit yang terjual sejak 1963, ketika pencatatan dimulai.

Kerusuhan di Afrika Utara dan Timur Tengah dan ketakutan penyebaran radiasi dari pembangkit listrik tenaga nuklir Jepang  juga tidak sedikit menekan pasar.

Di tempat lain, saham Bank of America turun 1,7 persen setelah mengatakan Federal Reserve menyangkal izin untuk meningkatkan “moderat” dividen.

BoA mengatakan, bank sentral—yang telah meletakkan moratorium tentang pembayaran dividen baru atau meningkatkan di bank-bank terbesar karena mereka membangun kembali modal—bisa meminta untuk meningkatkan lagi dengan  merevisi rencana modal.

BoA mengatakan akan menyerahkan rencana baru dan bermaksud meminta izin peningkatan moderat dalam dividen umum untuk semester II-2011./kompas.com

DCinnamons Memadukan Konsep Akustik dengan Orkestra

Posted: 23 Mar 2011 06:49 PM PDT

 

Grup musik D’Cinnamons yang menghadirkan konsep unplug acoustic berencana memadukan warna yang mereka usung dengan musik orkestra di album kedua.

Merujuk pada kesuksenan album debut D’Cinnamons, Good Morning (2007), Siana Widoera alias Dodo (vokal dan gitar), Ismail Bona Ventura atau Bona (gitar dan vokal), dan Nana (bas) optimis jika proyek mereka akan kembali sukses.

“Optimis karena sudah 60 persen,” kata Dodo dalam wawancara di Final Round of Soundsitive, La Piazza, Kelapa Gading Jakarta, Minggu (20/3/2011).

Rasa optimis D’Cinnamons tersebut semakin kuat ketika komposer Andi Rianto bersama grup Magenta Orchestra ikut terlibat dalam proses pembuatan album tersebut. “Aransemennya digarap Andi Rianto, konsepnya akustik enggak ada drum, orkestra pasti ada. Tapi akustik D’Cinnamons tetap ada,” jelas Dodo.

Tapi, sebelum album kedua dirilis, Dodo Cs harus lebih dulu berhadapan dengan tantangan memadukan dua warna musik yang jauh berbeda. “Justru itu tantangan kami bagaimana orkestra itu bisa keseret ke akustik, jangan sampai ke pop. Itu tantangannya,” jelas Dodo.

Hasilnya? “Itu harus take lagi karena masih ada yang fals, jadi perlu diperbaiki lagi, disetel lagi, take lagi,” jawab Dodo.

Namun, hal tersebut bukanlah kendala bagi D’Cinnamons. Apalagi saat ini, Nana, yang baru saja bergabung dengan grup musik asal Bandung, itu mampu memberikan sentuhan baru lewat betotan bas miliknya.

“Banyak perubahan, apalagi bas itu jadi fondasinya, kebetulan Nana itu nge-rock jadi spirit rock-nya kebawa,” ujar Dodo.

Dengan sentuhan baru itu, album yang rencananya akan diberi tajuk Atlantis tersebut kian komplit setelah imajinasi Bona ditumpahkan ke dalamnya. “Atlantis ini hasil imajinasi Bona, ceritanya ada seorang profesor yang menyelamatkan Atlantis,” kupas Dodo.

“Saya kemarin beli buku, teorinya bahwa Atlantis itu awal peradaban, dan itu ada di Indonesia. Jadi Indonesia adalah pembawa peradaban,” timpal Bona.

 

BNP2TKI Kejar Peluang TKI Formal

Posted: 23 Mar 2011 06:48 PM PDT

Ribuan TKI tengah berdialog dengan Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI di Sekolah Indonesia di Singapura, Minggu (23/1/2011). Jumlah TKI yang mengikuti pendidikan tambahan yang diselenggarakan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura dan Universitas Terbuka terus meningkat./Hamzirwan/KOMPAS

 

JAKARTA - Geliat pembangunan sejumlah proyek infrastruktur di Malaysia dan Brunei Darussalam, seperti pembangunan kawasan Iskandar Muda (IRDA) di Johor dan Sarawak Corridor of Renewable Energy (SCORE) di Sarawak, yang dimulai pada 2011 ini membuka peluang Indonesia untuk banyak menempatkan tenaga kerja Indonesia (TKI) sektor formal baik semi skil maupun skil guna bekerja di proyek tersebut.

Untuk memanfaatkan peluang lapangan kerja di proyek-proyek infrastruktur di Malaysia dan Brunei itu, Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) menggelar Pertemuan Ke-V Workshop dan International Business Meeting di Hotel Jayakarta, Yogyakarta, Rabu-Jumat (23-25 Maret).

Demikian siaran pers dari media center BNP2TKI yang diterima Kompas, Rabu (23/3/2011) malam.

Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat mengatakan, pemerintah melalui BNP2TKI memang terus berupaya memanfaatkan setiap peluang permintaan tenaga kerja Indonesia, khususnya TKI sektor formal.

Menurut Jumhur, tingginya permintaan tenaga kerja asing di Malaysia dan Brunei merupakan peluang yang bisa diraih para TKI khususnya TKI formal. Karena itu BNP2TKI terus menggenjot penempatan TKI formal setiap tahunnya, yang dimulai pada 2009 saat BNP2TKI mencanangkan sebagai tahun peningkatan kualitas penempatan TKI formal.

Upaya itu dilakukan baik melalui kerjasama penempatan tenaga kerja antar pemerintah (Government to Government), pemerintah ke swasta (Government to Private) dan penempatan antar perusahaan dengan mitranya di luar negeri (Private to Private)./kompas.com

Indra Herlambang Ketagihan K-Pop

Posted: 23 Mar 2011 06:45 PM PDT

 

Dulu presenter Indra Herlambang mengaku begitu benci dengan musik K-Pop (Korean-Pop). Nah giliran sekarang, justru berbalik. Indra malah mengaku ketagihan dengan jenis musik yang berasal dari Korea Selatan ini. Kini, semahal dan sesulit apa pun Indra pasti memburu CD musik K-Pop untuk melengkapi koleksinya.

“Awalnya gue benci karena setiap ada di TV gue pasti ganti. Tapi sekarang gue malah suka banget,” ujar Indra seusai jumpa pers JYJ World Tour Concert di Ritz Charlton Pacific Place, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (23/3/2011).

Karena itu, Indra merasa kena karma. “Gue rasa ini karma, setelah gue benci tapi sekarang gue malah suka. Awalnya gue dengerin ‘Adacadabra’ (Candy and Cherie Oh), pas gue tahu itu dari Korea, oke gue langsung suka terus,” cerita Indra.

Indra punya alasan mengapa akhirnya begitu menggilai musik dari ‘Negeri Gingseng’ itu. “Satu hal, musik Korea ini banyak banget, genrenya banyak mulai dari yang ballad. Gue suka yang dance R&B karena dicampur secara modern dan bahasa mereka itu kedengeran enak dan catchy banget. Packaging mereka sakit jiwa, keren banget,” jelas Indra.

Menurut pemandu program acara infotainment ini, K-Pop tak kalah serunya dengan warna musik R&B dari Barat. “Kalau dibandingkan lagu mereka cukup mirip dengan yang western cuma mereka pasti suka mengulang beberapa nada. Dan kalau sudah biasa dengar itu akan tahu kalau itu Korea,” paparnya.

Tapi, tak sedikit yang menyangsikan kegemarannya akan musik Korea. “Ada aja yang nanya, ‘Kok lu suka Korea kayak alay?’ Menurut gue ini bukan ‘alay’ karena di Twitter kalau gue cek yang follow gue setelah tahu gue suka Korea itu ada yang mahasiswi atau orang kantoran,” ungkap Indra.

“Sementara gue di komunitas yang bukan Korea dicerca ngapain suka musik Korea, sementara di Komunitas Korea gue dicerca, ‘Ngapain sih suka sama musik kami?’  Ya gua sih akhirnya pasrah saja,” lanjut Indra menirukan sindirian orang di sekitarnya.

 

 

Harga Minyak Naik ke Posisi Tertinggi

Posted: 23 Mar 2011 06:43 PM PDT

shutterstock Ilustrasi

 

NEW YORK – Harga minyak naik untuk ketiga hari berturut-turut pada Rabu  (23/3/2011) waktu setempat, di tengah lebih banyak tanda-tanda permintaan meningkat dan berlanjutnya gejolak di negara eksportir minyak mentah Libya dan Yaman.

West Texas Intermediate atau minyak mentah jenis light sweet untuk pengiriman April naik 78 sen dari Selasa menjadi 105,75 dollar AS per barrel  di New York, merupakan penutupan tertinggi  dalam dua tahun terakhir.

Di London, kontrak utama minyak mentah Brent North Sea bertambah 15 sen menjadi 115,55 dollar AS.

Data persediaan yang dirilis Rabu menunjukkan bahwa pertumbuhan konsumsi AS mantap meskipun harga naik.

Departemen Energi mengatakan bahwa persediaan minyak mentah naik 2,1 juta barrel minggu lalu, tapi stok bensin menyusut 5,3 juta barrel. “Kejutan besar berada di sisi produk, masih menunjukkan bahwa ada permintaan baik untuk bensin. Konsumen AS bersedia membayar harga tinggi,” kata Jason Schenker dari Prestige Economics.      Tetapi pasar juga memiliki pertimbangan mereka atas konflik di seluruh dunia Arab dan bencana Jepang. “Masalah-masalah tentang Libya dan Yaman telah mendorong harga minyak mentah naik, meskipun Yaman adalah eksportir kecil dan Libya lebih signifikan,” kata John Vautrain dari konsultan energi Purvin and Gertz.

“Situasi ini mungkin akan berlangsung untuk sementara waktu,” kata Vautrain.

Sementara itu kelompok energi AS ConocoPhillips, Rabu mengatakan permintaan gas alam cair akan meningkat setelah bencana gempa Jepang melumpuhkan pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi. “Pemerintah-pemerintah dunia mulai mempertimbangkan kembali beberapa rencana pendirian pembangkit listrik tenaga nuklir mereka,” kata kepala strategi Conoco, Al Hirshberg.

“Saya perkirakan itu (gasa alam cair) akan bergerak naik karena Jepang menggunakan lebih banyak LNG untuk menggantikan pembangkit listrik (nuklir),” katanya./kompas.com

Kenaikan Gaji PNS Cair April 2011

Posted: 23 Mar 2011 06:42 PM PDT

AFP ilustrasi

 

JAKARTA — Kabar baik buat para abdi negara. Pemerintah memastikan kenaikan gaji pegawai negeri sipil (PNS), TNI/Polri, dan pensiunan akan cair mulai 1 April 2011.

Gaji PNS itu naik 15 persen terhitung dari Januari 2011. “Peraturan pemerintah (PP)-nya telah terbit, kemudian juga instruksi dari Dirjen Perbendaharaan,” ujar Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan Agus Supriyanto, Selasa (22/3/2011). Ia menambahkan, PNS bisa mengajukan rapel kenaikan gaji mulai Januari. Hal ini juga berlaku bagi pensiunan.

Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2011, pemerintah telah menganggarkan Rp 91,2 triliun untuk pembayaran gaji. Anggaran tersebut masuk dalam alokasi anggaran belanja pegawai di 2011 yang mencapai Rp 180,6 triliun atau 2,65 persen dari produk domestik bruto (PDB).

Selain gaji PNS, pemerintah juga menyiapkan anggaran honorarium, tunjangan, dan uang lembur pegawai negara sejumlah Rp 28,1 triliun. Agus menjelaskan, sebenarnya kenaikan gaji PNS terjadi setiap tahun. Sejak tahun 2005 sampai tahun 2010, gaji PNS rata-rata naik 24,6 persen per tahun.

Sedangkan selama 2006-2007, gaji PNS naik rata-rata 15 persen per tahun. Di tahun 2008, kenaikan gaji kembali membaik, yakni 20 persen. Lantas di 2009, kenaikan gaji cuma 10 persen dan pada 2010 sebesar 5 persen.

Meski kenaikan gaji PNS tahun ini lebih besar daripada tahun lalu, pemerintah yakin ini tak akan membuat inflasi melonjak. Sebab, kenaikan gaji ini selalu ada setiap tahun. “Inflasi memang akan ada, tapi kecil sekali. Ini kenaikan rutin kecuali naiknya tinggi sekali sampai 50 persen,” ucap Direktur Jasa Keuangan dan Analisis Moneter Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Sidqy Suyitno.

Ia menjelaskan, efek inflasi akibat kenaikan gaji umumnya berasal dari ekspektasi masyarakat bahwa ada kenaikan gaji, sehingga harga barang-barang ikut naik. “Ini tergantung sentimen saja, bisa terjadi bola liar atau bisa reda,” katanya.

Namun, ia mengaku belum menghitung berapa kontribusi persisnya terhadap inflasi. “Kemungkinan kecil sekali, mungkin bisa 0,0 persen-an sekian. Tapi ini kan tergantung sentimen pasar, dan sentimen pasar kan usah diukur,” ujarnya.

Yang pasti, dampak kenaikan gaji masih jauh dibandingkan dampak dari gejolak harga pangan, seperti beras. Ia menghitung penyumbang inflasi terbesar adalah beras dan harga energi.

Senada, Sekretaris Menteri PPN Syahrial Loetan mengatakan, rencana kenaikan gaji PNS tentu akan berdampak inflasi, tapi dampaknya kecil. “Sama seperti kalau uang beredar lebih banyak, ya pasti akan ada kontribusinya terhadap inflasi,” jelasnya.

Meskipun begitu, ia mengakui efek kenaikan gaji tetap perlu dicermati, terutama efek psikologis dari kebijakan tersebut. “Biasanya, kalau pedagang mendengar ada kenaikan gaji, mereka bertindak duluan untuk menaikkan harga,” ujarnya. (Bambang Rakhmanto, Irma Yani/Kontan)/kompas.com

Langgar Aturan Lalin, STNK Bisa Diblokir

Posted: 23 Mar 2011 06:37 PM PDT

Kepala Sub Bidang Penegakan Hukum, AKBP Yakub DK ketika diwawancarai pewarta usai menghadiri dialog publik mengenai Rencana Penerapan ERP di Kota Jakarta, Rabu (23/3/2011)./RIANA AFFIFAH

 

JAKARTA – Sistem tilang elektronik atau e-TLE yang baru diuji coba di lampu merah (traffic light) Sarinah memasang denda mahal sesuai dengan pasal yang diatur oleh UU No. 22 tahun 2009 tentang lalu lintas angkutan jalan.

Kepala Sub Bidang Penegakan Hukum Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Yakub DK menyatakan, seorang pelanggar bisa dikenai denda maksimal Rp 1,5 juta.

“Kalau pelanggarannya berlapis, pelanggar bisa kena denda Rp 1,5 juta. Denda satu pasalnya Rp 500.000. Nah, kalau dia melanggar stop line dan yellow box kemudian menerobos lampu merah, jadinya kan melanggar tiga pasal sekaligus,” kata Yakub usai dialog publik mengenai Rencana Penerapan ERP di Kota Jakarta yang berlangsung di Dewan Pers, Jakarta, Rabu (23/3/2011).

Dia juga meminta kepada media untuk ikut serta menyebarkan informasi ini ke masyarakat. Hal ini dikarenakan sosialisasi yang dilakukan pihak kepolisian masih kurang gencar.

“Selama sebulan ini sosialisasi e-TLE hanya melalui forum-forum dan dialog-dialog semacam ini,” ungkap Yakub.

Cara kerja dari e-TLE adalah, kendaraan yang melanggar stop line saat lampu merah akan terfoto dan hasil rekamannya akan terkirim ke TMC lewat sensor elektronik. Kemudian surat tilang akan dikirim lewat pos sesuai data identifikasi. Apabila yang bersangkutan tidak membayar di BRI atau menghadiri sidang, maka STNK akan diblokir.

Setelah dibicarakan dengan Kejaksaan dan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, mereka setuju dengan sistem ini. Saat ini, sistem e-TLE masih diuji coba di traffic light Sarinah. Denda sebesar Rp 500.000 ini sesuai dengan Pasal 287 Ayat 2 juncto Pasal 106 Ayat 4 tentang melanggar aturan perintah atau larangan yang dinyatakan dengan alat pemberi isyarat lalu lintas./kompas.com

Terima Rp 60 Juta, Manajer Kredit Dibui

Posted: 23 Mar 2011 06:36 PM PDT

JAKARTA — Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya membekuk IS, manajer kredit mikro bank pemerintah di cabang Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Ia diduga menerima gratifikasi Rp 60 juta agar permohonan Kredit Modal Kerja (KMK) seorang kreditur berjalan mulus.

“Selaku karyawan bank, dia tidak diperbolehkan menerima gratifikasi dalam bentuk apa pun,” kata Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Komisaris Besar Yan Fitri Halimansyah di Jakarta, Rabu (23/3/2011).

Berdasarkan keterangan tersangka IS, uang Rp 60 juta itu diberikan oleh kreditur sebagai ungkapan terima kasih karena permohonan kredit dipercepat. Seharusnya, setiap karyawan bank dilarang menerima apa pun dari nasabah, apalagi IS sudah 19 tahun bekerja di bank BUMN itu.

Kepala Satuan Fiskal Moneter dan Devisa (Fismondev) Ditreskrimsus Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Arismunandar menuturkan, tersangka IS beraksi selama 4 bulan sejak Oktober 2010.

“Ada 18 kreditur yang memberikan uang pelicin kepada IS, jumlahnya bervariasi mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 7 juta. Kalau dihitung-hitung, total Rp 60 juta,” ujar dia.
Kasus ini terungkap setelah pihak bank menelusuri kredit macet. Hasilnya diketahui, kreditur tersebut memberikan uang pelicin dalam upaya memuluskan permohonan KMK. “Jika tidak mau menerima gratifikasi tersebut, jangan kasih dong nomor rekeningnya,” jelas Ajun Komisaris Besar Arismunandar.

Pihak bank curiga dengan IS yang menyetujui permohonan kredit tersebut. Mereka melaporkan IS pada Jumat (18/3/2011) lalu ke Polda Metro Jaya. IS dikirim ke bui sejak Selasa (22/3/2011) seusai pemeriksaan berulang kali.

Polisi menyita barang bukti, di antaranya rekening tabungan tersangka, print out aliran uang tersangka, dan dokumen kredit. Tersangka IS dijerat dengan Pasal 49 ayat 2 UU No 10 Tahun 1998 tentang Perbankan./kompas.com

2 komentar:

  1. Normally I don't learn article on blogs, but I wish to say that this write-up very pressured me to try and do so! Your writing taste has been surprised me. Thanks, very great post.

    Feel free to surf to my site :: ford ranger forum

    BalasHapus
  2. Halo, aku Mrs. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? pinjaman untuk mendirikan sebuah bisnis baru, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Aku memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    BalasHapus