Minggu, 27 Maret 2011

koran terbaru - berita seputar indonesia

koran terbaru - berita seputar indonesia


Roy Suryo “Diusir” dari Pesawat Lion Air Karena Berebut Kursi

Posted: 26 Mar 2011 01:09 AM PDT

 

Mungkin baru kali ini pakar telematika dipermalukan oleh sebuah maskapai penerbangan. Kejadian heboh yang menjadi perbincangan ramai di Twitter terjadi pada Sabtu (26/3/2011) pagi tadi di pesawat Lion Air. Roy Suryo, anggota Komisi I DPR, terlibat keributan dengan seorang penumpang gara-gara berebut kursi pesawat dan diusir dari pesawat.

Kejadian heboh itu berawal dari tweet seseorang dari akun @ernestprakasa. Disebutkan di situ, @ernestprakasa menumpang pesawat Lion Air pukul 06.15 menuju Yogyakarta. Tanpa ia ketahui, nomor kursinya ternyata sama dengan nomor kursi di tiket milik Roy Suryo dan istrinya.

"Pas di cek, trnyata, *jreng2* tiket Roy Suryo a/ u/ flight jam 7.45, bukan 6.15. Tapi dia kekeuh ga mo turun, pk bw2 nama dir.Lion Air," katanya di Twitter.

Roy Suryo

Roy Suryo

Di sinilah kehebohan itu terjadi karena sempat terjadi adu mulut antara Roy dan para penumpang. Perintah yang meminta Roy segera turun juga bergema di pesawat. Sang pilot bahkan disebutkan emosi akibat insiden ini. Sampai akhirnya petugas bandara mendatangi Roy Suryo dan menjelaskan persoalan sebenarnya.

Kehebohan selesai. Roy Suryo akhirnya turun dari pesawat. @ernestprakasa pun bisa duduk di kursi pesawat "miliknya" yang sudah ditinggalkan politisi Demokrat itu.

Berdasarkan pantauan di akun Twitter milik Roy Suryo setelah kejadian itu, Roy memang tidak membantah soal kejadian ini. Hanya, Roy berkilah dengan mengatakan dirinyalah yang mengalah dan menilai bahwa kesalahan justru ada di pihak Lion Air yang membuatnya bisa tercatat di kursi yang sama.

Hal itu seperti yang disebutkannya melalui akun @RMTRoySuryo, "Tweeps Yth, karena ada issue dari soal Lion Air, maka saya memang perlu klarifikasi: Yg BENAR saya justru MENGALAH atas Double seat. Tks."

Pada akun selanjutnya, Roy juga mengeluarkan pernyataan lain di @KRMTRoySuryo: "Tweeps Yth, jadi karena saya sangat tahu etika bahwa posisi selaku Wakil Masyarakat, maka saya yg MENGALAH & bahkan BERANI MINTA MAAF."

 

KONI,AFC Serta FIFA Hadir Memantau Langsung Kongres PSSI

Posted: 25 Mar 2011 11:59 PM PDT

 

Sekretaris Jenderal PSSI Nugraha Besoes mengatakan, Kongres PSSI pada Sabtu (26/3/2011) malam rencananya bakal dibuka oleh Ketua Umum PSSI Nurdin Halid. Ketua KONI/KOI Rita Subowo, beserta delegasi FIFA dan AFC juga akan hadir langsung untuk memantau kongres tersebut.

"Ketua Umum akan membuka langsung kongres dan memberikan sambutan. Ibu Rita Subowo juga akan datang beserta AFC dan FIFA," ujar Besoes di sela-sela sambutannya pada acara welcome dinner di Hotel Aryaduta, Pekanbaru, Jumat (25/3/2011).

AKSI JPSI

AKSI JPSI

Besoes mengatakan, para pemegang hak suara akan berkumpul jam 09.00 di Hotel Premier untuk melakukan registrasi. Proses ini akan memakan waktu hingga jam 17.00. Kongres sendiri baru akan dimulai pada pukul 19.30.

"Semua sesuai rencana. Semoga semuanya berjalan lancar," lanjut Besoes.

Frank van Hattum, Anggota Komite Asosiasi FIFA, sudah berada di Singapura. Van Hattum akan berangkat dari Singapura bersamaan dengan Sekretaris Jenderal AFC Alex Soosay. Rencananya, mereka bakal tiba pukul 10.00 di Pekanbaru.

"Perwakilan dari FIFA dan AFC tidak akan terlibat dalam pengambilan keputusan, mereka adalah undangan dan akan mengamati jalannya kongres. Keputusan kongres ditentukan oleh PSSI dan anggotanya," tegas pria yang kerap disapa Kang Nug tersebut.

 

FIFA Menolak Peraturan Buatan Organisasi PSSI

Posted: 25 Mar 2011 11:53 PM PDT

Peraturan organisasi yang dibuat PSSI sebagai aturan pelaksanaan Kongres Pembetukan Komite Pemilihan dan Komite Banding ternyata tidak disetujui oleh FIFA karena tidak sesuai dengan FIFA Standard Electoral Code.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Komisi Sports and Law KOI Timbul Thomas Lubis setelah menelepon langsung Direktur Keanggotaan dan Pengembangan Asosiasi FIFA Thierry Regenass, Jumat (25/3/2011) malam. Dalam perbincangan tersebut, Regenass, kata Timbul, sangat menyayangkan Peraturan organisasi (PO) tersebut.

“Saya telepon dia (Regenass) tiga jam yang lalu. FIFA tidak setuju dengan PO karena tidak sesuai dengan Electoral Code FIFA. Dia bilang PO itu sangat menyedihkan dan jelek sekali. Kata dia, kalau mengikuti Electoral Code sudah jelas,” kata Timbul saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (26/3/2011) dini hari.

Timbul mengatakan, menurut Electoral Code, PO seharusnya merupakan keputusan dari kongres. “PSSI boleh membuat drafnya, tetapi kemudian disetujui di kongres. Yang terjadi, PO malah dibuat sendiri. Di Electoral Code ada 26 pasal, tetapi PO hanya delapan pasal,” ungkap Timbul.

“PSSI sendiri telah mengadopsi Standard Statuta FIFA sejak 2009. Seharusnya sejak enam bulan lalu, Komite Pemilihan dan Komite Banding sudah dibentuk. Namun, di Bali tidak disinggung-singgung hal itu. Jelas tidak ada keterbukaan. Memangnya kita bodoh?” ucap Timbul.

Timbul mengungkapkan, Regenass telah menyampaikan permasalahan ini kepada perwakilan FIFA, Frank van Hattum, yang akan menghadiri Kongres PSSI di Pekanbaru, Riau, Sabtu (26/3/2011). “Regenass sudah menyampaikannya,” ujar Timbul.

PSSI memang terkesan menutup-nutupi PO tersebut. Itu terlihat dari bagaimana PSSI terlambat mensosialisasikan PO kepada pemilik suara. Bahkan, Sekjen PSSI Nugraha Besoes pun mengakui bahwa salah satu pasal dari PO yang disusun Tim 8 itu tidak sesuai Standard Electoral Code FIFA. Pasal tersebut yakni mengatur tentang syarat pencalonan Komite Pemilihan dan Komite Banding. Seorang calon harus didukung minimal oleh lima suara.

“Tidak ada, tetapi kami boleh memodifikasi. Electoral Code itu menjadi acuan, tetapi implementasinya harus disesuaikan untuk mempermudah pelaksanaan,” ujar Nugraha beberapa waktu lalu.

Ketika ditanyai mengenai pertimbangan yang mendasari syarat itu, hal itu menurut Nugraha bukan perkara besar. “Efisiensi saja, tidak ada masalah. Bayangkan saja kalau nanti, misalnya, satu-satu, akhirnya nanti ada 100 calon, bagaimana kita memilihnya,” kata Nugraha waktu itu.

 

Kongres PSSI Kembali Didemo

Posted: 25 Mar 2011 11:48 PM PDT

 

Aksi unjuk rasa menuntut revolusi PSSI kembali digelar di Pekanbaru. Sekelompok suporter yang pro terhadap revolusi PSSI kembali menggelar demonstrasi di depan Hotel The Premiere, yang menjadi tempat dilangsungkannya kongres PSSI, Sabtu (26/3/2011).

Puluhan massa dari berbagai kelompok suporter tersebut langsung menggelar orasi dan menabuh genderang serta sesekali diiringi yel-yel dan nyanyian yang mengkritik PSSI di bawah kepemimpinan Ketua Umum Nurdin Halid. Aksi tersebut dilakukan para suporter di tengah trotoar jalan di depan Hotel The Premiere.

“Kami menginginkan semua yang terlibat dalam kebusukan PSSI harus segera angkat kaki dari kepengurusan. Kongres PSSI harus dilakukan dengan terbuka. Jangan lagi ada permainan dan kepura-puraan. Kami dengan tegas menolak status quo dan menginginkan revolusi total di tubuh PSSI,” ujar koordinator aksi.

Menurut suporter tersebut, jumlah massa bakal terus bertambah. Apalagi, malam nanti, rencananya Nurdin juga dijadwalkan mendatangi lokasi hotel untuk membuka secara resmi gelaran kongres tersebut. Kongres hari ini sendirinya rencananya dilaksanakan untuk memilih Komite Pemilihan dan Komite Banding.

 

Bantuan Telepon dan Internet Tidak Berfungsi

Posted: 25 Mar 2011 11:46 PM PDT

Ilustrasi siswa berinternet/TRIBUN BATAM/IMAN SURYANTO

NAMROLE – Sejumlah bantuan fasilitas telepon umum dan internet dari Pemerintah Pusat di sejumlah desa di Pulau Buru, Maluku, yang baru diberikan akhir tahun lalu, tidak berfungsi. Padahal fasilitas itu dibutuhkan warga guna mengatasi sulitnya berkomunikasi ataupun mengakses informasi.

Pantauan Kompas, Kamis (24/3/2011), bantuan fasilitas telepon yang tidak berfungsi itu diantaranya berada di Desa Modanmohai, Kecamatan Waeapo, Kabupaten Buru. Kemudian di Desa Lektama dan Fatmite di Kecamatan Namrole, Kabupaten Buru Selatan. Sementara fa silitas internet yang tidak berfungsi berada di Desa Lektama.

Arsyad Waliulu (35), salah satu warga Lektama, mengatakan bantuan fasilitas telepon dan internet beserta lima unit komputer diberikan Desember 2010. Pada bulan itu juga, sejumlah teknisi memasang dan mencoba fasilitas tersebut.

“Saat dicoba oleh teknisi, keduanya memang bisa digunakan. Namun kemudian saat teknisi sudah pulang dan warga mencoba menggunakan telepon, tidak bisa digunakan. Sementara internet hanya bisa berjalan sekitar dua bulan, setelah itu warga tidak bisa menggunakannya lagi,” jelasnya.

Kepala Desa Lektama Ibrahim Sulisa mengatakan banyak warga yang berharap dengan fasilitas telepon itu karena telepon genggam belum bisa digunakan di desanya. Hal senada diungkapkan Kepala Desa Modanmohai Haris Latubual.

“Begitu pula dengan internet. Saat masih beroperasi, banyak warga menggunakannya untuk mengetahui berita terbaru, mencari informasi pekerjaan atau hanya untuk belajar. Warga sampai antre untuk menggunakannya,” ujar Ibrahim .

Berbeda dengan di Lektama, bantuan fasilitas internet beserta lima unit komputer di SMKN Namrole masih bisa digunakan. Hanya pengoperasiannya terkendala oleh listrik. Sementara genset yang juga diberikan sebagai bagian dari paket bantuan, pengoperasiannya terkendala biaya untuk membeli bahan bakar.

Wakil Kepala Sekolah SMKN Namrole William Lesnussa mengatakan seringkali listrik hanya menyala malam hari , bahkan bisa sampai lebih dari satu bulan tidak menyala . Karena itu, pihaknya seringkali menggunakan genset.

Namun itu pun tidak bisa setiap hari karena mereka seringkali kesulitan biaya untuk membeli bahan bakar. Untuk mengoperasikan genset selama sekitar empat jam dibutuhkan biaya antara Rp 30.000 sampai Rp 50.000 mengingat harga bensin di Buru Selatan berkisar antara Rp 6.000 sampai Rp 10.000 per liter.

“Padahal fasilitas internet ini dibutuhkan oleh 196 murid SMKN Namrole untuk memperluas pengetahuan mereka, terutama 42 murid yang mengambil jurusan informatika,” kata William.

Hingga saat ini, belum ada satupun fasilitas warung internet (warnet) di Kabupaten Buru Selatan. Kabupaten yang berada di sebelah selatan Pulau Buru itu, baru tiga tahun lalu dimekarkan dari Kabupaten Buru./kompas.com

Bapak Mac OS Tinggalkan Apple

Posted: 25 Mar 2011 11:42 PM PDT

Bertrand Serlet/AllThingsD.com/Adam Tow

CUPERTINO – Apple ditinggal Bertrand Serlet, seorang pakar seniornya yang selama ini termasuk tokoh penting dalam pengembangan platform Mac OS. Serlet telah bekerja di Apple selama 22 tahun dan terakhir kali menjabat Senior Vice President of Mac Software Engineering.

Serlet bergabung ke Apple pada tahun 1997 dan terlibat langsung dalam kelahiran Mac, dari mendefinisikan konsepnya, pengembangan, hingga pembuatan Mac OS X. Maka pantas baginya disebut sebagai salah satu orang yang membidani Mac atau bahkan bapak Mac.

Ia adalah doktor Ilmu Komputer dari Universitas Orsay, Perancis. Sebelum masuk Apple, Serlet punya pengalaman bekerja di Xerox PARC selama empat tahun kemudian tahun 1989 pindah ke NeXT, perusahaan komputer yang didirikan Steve Jobs. Di sinilah ia pertama kali bertemu CEO Apple sekarang itu.

“Saya sudah bekerja dengan Steve selama 22 tahun dan telah mengalami masa pengembangan produk yang sangat menakjubkan baik di NeXt maupun Apple, namun sampai pada titik sekarang ini, saya ingin mengurangi fokus perhatian pada produk dan meluangkan lebih banyak pada bidang sains,” kata Serlet menjelaskan alasannya seperti dilansir situs web Apple Insider, Rabu (23/3/2011).

Selanjutnya, posisi yang ditinggalkannya akan diisi Craig Federighi yang saat ini menjabat Vice President of Mac Software Engineering. Federighi akan memegang tanggung jawab yang sama dengan Serlet sebelumnya dan langsung di bawah Steve Jobs. Selama dua tahun terakhir, ia merupakan penanggung jawab pengembangan Mac OS X dan mengelola kelompok insinyur pengembang Mac.

Federighi sebekumnya juga bekerja di NeXT sebelum ke Apple. Namun, ia sempat pindah ke Ariba selama 10 tahun sebelum kembali bergabung ke Apple pada tahun 2009 untuk memimpin tim Mac OS. Ia lulusan Ilmu Komputer Universitas California, Barkeley.

“Craig telah melaksanakan pekerjaan yang hebat dalam mengelola tim Mac OS selama dua tahun. Lion adalah salah satu hasil terbaik dan transisi ini bakal mulus,” ujar Serlet mengomentari kolega yang akan menggantikannya./kompas.com

Apple Bakal Lampaui IBM dan HP

Posted: 25 Mar 2011 11:39 PM PDT

NEW YORK – Analis memperkirakan pendapatan Apple bakal melampaui IBM dan HP dalam dua tahun ke depan. Dengan syarat, pertumbuhan bisnis Apple bisa tetap dipertahankan meningkat di atas 50 persen setiap tahun.

“Apple akan menjadi lebih besar dari IBM pada tahun depan dan dari HP untuk tahun berikutnya,” kata CEO Forrester Research Inc. George Colony, Jumat (25/3/2011). Tahun lalu, Apple Inc. mencatatkan peningkatan penjualan sebesar 52 persen dan diperkirakan akan tumbuh menjadi 200 miliar dollar AS dalam dua tahun.

Tahun lalu, HP meraih pendapatan 126 miliar dollar AS, sedangkan pendapatan IBM sebesar 99,9 miliar dollar AS. Untuk kapitalisasi pasar, Apple Inc. kini sudah berada di posisi nomor satu.

Pendorong utama pertumbuhan bisnsi Apple tidak hanya.dari produk-pruduk inovatifnya seperti tablet iPad dan smartphone iPhone, namun juga dari penjualan aplikasi yang semakin populer. Sampai saat ini, Apple telah menjual hampir 15 juta unit iPad di tahun pertama sejak peluncurannya dan menjual lebih dari 90 juta unit iPhone untuk tahun keempat.

Keunggulan produk Apple yang menawarkan aplikasi melimpah dan menarik untuk permainan dan untuk mendukung pekerjaan profesional membuat gadget ini terus dilirik.(Kontan/Rizki Caturini)/kompas.com

Keluarga Terbaru Prosesor Intel Core Diluncurkan

Posted: 25 Mar 2011 11:37 PM PDT

Pelunucran Intel Core generasi kedua di Jakarta, Kamis (24/3/2011). Dari kiri, Dhyoti R Basuki (Public Relation Manager Intel Indonesia), Santosh Viswanathan (Chief Representatif Intel Indonesia), dan Debjani Ghosh (Director Intel South East Asia)./CHIP/YOSSIE YONO

JAKARTA – Intel Corporation, Kamis (24/3/2011), memperkenalkan keluarga prosesor generasi kedua Intel Core di Indonesia. Keunggulan keluarga terbaru ini adanya prosesor grafis terintegrasi di dalam chip prosesor serta Intek Quick Sync Video, Intel HD Graphics, dan Intel Wireless Display 2.0. Keistimewaan lain, lebih hemat energi dan harga yang lebih terjangkau.

Lebih dari 5.000 model PC dan notebook produk semua OEM di dunia diharapkan beredar tahun ini. Di Indonesia, vendor lokal dan multinasional hampir semua merek seperti menyatakan ketersediaan produk PC, notebook, dan server berbasis prosesor generasi kedua itu di akhir Maret.

Dibandingkan generasi sebelumnya, kreasi konten meningkat 42 persen lebih cepat dan untuk gaming 50 persen setelah memakai prosesor Intel Core Generasi kedua. Ada sekitar satu miliar transistor di dalam prosesor Intel Core generasi kedua. Jika dibandingkan dengan mobil yang terdiri atas satu miliar suku cadang Toyota zaman sekarang memiliki 30.000 suku cadang perlu waktu 114 tahun bagi pabrik mobil paling produktif untuk merakit menjadi mobil.

Jika dianggap sebagai populasi suatu negara, prosesor Intel Core generasi kedua bakal menjadi negara nomor dua dengan jumlah populasi tertinggi di dunia. Saat ini, transistor Intel Core generasi kedua adalah 995 juta. Jika itu jumlah populasi, artinya Intel hanya kalah dari China dan unggul dari India,

Generasi kedua ini memiliki 540 juta transistor lebih dari jumlah seluruh mobil gabungan di Uni Eropa, Amerika Serikat, dan Asia Pasifik yang terdaftar.

Jadi, semua keistimewaan itu berarti memperbaiki pemakaian PC secara dramatis dengan penggunaan energi yang lebih baik dan lebih efisien serta memperpanjang usia baterai.

“Generasi kedua Intel Core merupakan lompatan teknologi karena prosesor grafis terintegrasi di dalam chip prosesor memungkinkan kinerja visual yang lebih pintar dan adaptif,” kata Santosh Viswanathan, Chief Representatif Intel Indonesia Corporation di Senayan, Jakarta.

Indonesia merupakan salah satu pasar potensial karena adanya kebangkitan industri kreatif, peningkatan penghargaan dan minat publik menciptakan atau menikmati konten.

“Indonesia memberikan kontribusi bagi kesuksesan Intel,” kata Debjani Ghosh, Director Intel South East Asia. Ia mengatakan Intel Core generasi kedua baru diluncurkan di Indonesia karena pihaknya ingin memastikan semua produk yang menggunkannya telah tersedia di pasar./kompas.com

Mobil Paling Irit Daihatsu Dibanderol Rp 86 Juta

Posted: 25 Mar 2011 11:29 PM PDT

Daihatsu e:S kerika dipamerakan pada IIMS2010 di Jakarta/KOMPAS.com/Zulkifli BJ

 

OSAKA — Daihatsu Motor Company tengah mempersiapkan model baru yang diklaim paling irit di Jepang dengan konsumsi bahan bakar 30 km per liter. Mobil ini akan dibanderol 800.000 yen atau Rp 86 juta dan dikembangkan dari Concept e:S yang pernah ditampilkan pada IIMS tahun lalu.

Daihatsu e:S

Daihatsu e:S

Daihatsu berencana meluncurkan model ini pada musim panas mendatang, yaitu sekitar Agustus 2011. Produk baru ini akan bersaing dengan mobil berteknologi hibrida dengan konsumsi bahan bakar irit Jepang.

Rencana Daihatsu dikemukakan oleh Kousuke Shiramizu, salah seorang direksi Daihatsu Motor, pada sebuah pidato di Kitakyushu, Fukuoka, dan diberitakan oleh Nikkei, hari ini.

Sampai berita ini dikeluarkan, belum ada komentar resmi dari Daihatsu apakah peluncuran produk baru masih dalam jadwal yang sama atau harus tertunda karena bencana alam gempa bumi dan tsunami. Pasalnya, Daihatsu menjadi salah satu produsen yang mengalami gangguan produksi karena rantai pasokan komponen yang terhenti./kompas.com

 

Sumber : nikkei

Toyota Avanza dan Innova Exclusive di Bangkok

Posted: 25 Mar 2011 11:27 PM PDT

Toyota Avanza 1,5 liter di Bangkok Motor Show 2011 ditambah dengan nama Exclusive/KOMPAS.com/Zulkifli BJ

 

BANGKOK - Di Bangkok International Motor Show 2011 yang berlangsung saat ini, tidak hanya didominasi oleh produk asal Jepang, Thailand, Korea, China, Malaysia dan Eropa, juga ada mobil yang berasal dari Indonesia.

Peserta yang menghadirkan mobil asal Indonesia adalah Toyota, Suzuki, Honda dan Hyundai. Toyota menghadirkan dua model yang sangat akrab dengan masyrakat Indonesia, yaitu Toyota Avanza dan Innova. Khusus Avanza hadir dengan mesin 1,5 liter. Nama yang diberikan adalah Avanza Exclusive. Begitu dengan Innova, Exclusive.

Menurut  Darmawan, Presdir Toyota Astra Motor (TAM), permintaan terhadap Avanza  oleh Toyota terus meningkat. Sedangkan di Indonesia,  Avanza tetap sebagai mobil terlaris.

Produk asal Indonesia lain adalah di booth Suzuki adalah minibus atau MPV APV dan satu lagi versi pikap atau bak terbuka yang diberi nama Carry. Suzuki Swift yang dipamerkan juga berasal dari Indonesia. Sementara itu Bangkok Post mengatakan Suzuki juga akan membuat EcoCar di negara itu tahun depan. Kendaraan tersebut adalah  Swift dengan produksi 10.000 unti per tahun, 90 persen untuk pasar negara sebut.

Produk yang juga berasal dari Indonesia, produk Honda yaitu Freed. Namun Honda memajangnya di bagian belakang. Produsen lain yang memajang mobil yang dibuat dari Indonesia Hyundai, Produsen Korea Selatan ini memamerkan H1 dalam jumlah cukup banyak.

Kendati demikian, selama beberapa hari KOMPAS.com di Bangkok,  tidak banyak ditemukan mobil asal Indonesia ditemukan berseliweran di jalan raya. Freed ditemukan sekali. Paling banyak adalah Innova  yang digunakan sebagai taksi! Ya,  seluruh kendaraan angkutan kecil di Bangkok, termasuk khas negara tersebut, Tuk-Tuk juga ditulis taksi./kompas.com

 

Minibus Suzuki APV dan versi bak terbuka, Carry mejeng di Bangkok Motor Show 2011/KOMPAS.com/Zulkifli BJ

 

Kalau di Indonesia namanya Toyota Kijanjg Innova, di Thailand menjadi Toyota Innova Exclusive. Banyak digunakan sebagai taksi/KOMPAS.com/Zulkifli BJ

 

MPV sedang Hyundai H1 juga ikut tampil di Bangkok/KOMPAS.com/Zulkifli BJ

Toyota Siapkan Pengganjal Honda Brio

Posted: 25 Mar 2011 11:22 PM PDT

Toyota Liva siap mengganjal Brio di Indonesia/indianautoblog

 

BANGKOK, KOMPAS.com — Kendati produk “termurah” Honda, Brio, baru saja meluncur di Bangkok dan belum ada kepastian jadwal kemunculannnya di Indonesia, PT Toyota Astra Motor (TAM) sudah mempersiapkan saingan atau pengganjalnya. Hal tersebut terungkap ketika Kompas.com secara tak sengaja bertemu dengan Presdir TAM Johnny Darmawan kemarin di Bangkok International Motor Show (BIMS).

Sembari membawa brosur Honda Brio yang memang sangat ditunggu wartawan pada jadwal peluncuran di Thailand, Johnny Darmawan berkomentar, jok belakangnya agak sempit. “Produk Toyota lebih lega,” ungkapnya tanpa menyebut secara spesifik saingan Brio tersebut.

Malah ketika disebutkan bahwa yang sedang dipersiapkan Toyota adalah Liva, Johnny justru mengatakan bahwa saingan Brio nantinya adalah Daihatsu. “Harganya lebih murah dari Brio,” jelasnya, juga tanpa menyebutkan produknya secara spesifik. Hanya terlontar, produk Toyota harganya dipasarkan di atas Brio, sedangkan Daihatsu lebih murah.

Kalau sudah begini, Daihatsu yang juga adalah bagian dari Toyota secara bersama-sama akan mengganjal Brio. Satu menyundul dari bawah, yang satu lagi menekan dari atas.

Saingan Brio tidak hanya Toyota. Seperti diberitakan Bangkok Post hari ini, saingan Brio yang segera muncul di negara tersebut adalah Mitsubishi, saat ini diberi label “Concept Global Small”. Berdasarkan informasi internal Mitsubishi yang diperoleh koran tersebut, harga produk termurah Mitsubishi itu—akan diproduksi tahun depan di Thailand—dibanderol di bawah 400.000 bath atau Rp 116.000. Sementara Brio, ketika diluncurkan, dihargai 508.500 bath atau Rp 147 juta.

Namun, mobil kecil yang sudah menunjukkan sukses di Thailand adalah Nissan March dengan harga termurah 375.000 atau Rp 108 juta./kompas.com

 

Honda Brio di Bangkok Motor Show 2011/KOMPAS.com/Zulkifli BJ

 

Model belakang Toyota Liva/indianautoblog

 

Model belakang Honda Brio. Bandingkan dengan Toyota Etios Liva!/KOMPAS.com/Zulkifli BJ & WTC-M2

Prius Mulai Diproduksi Lagi

Posted: 25 Mar 2011 11:18 PM PDT

TMC

TOYOTA CITY — Setelah dua pekan tanpa ada kejelasan, akhirnya Toyota Motor Corporation mengumumkan mulai mengaktifkan dua pabriknya di Tsutsumi di Jepang tengah dan Toyota Motor Kyushu di Jepang Selatan, 28 Maret 2011. Kedua pabrik ini memproduksi Prius dan dua model Lexus, yaitu CT250h dan HS250h.

Seperti dilansir autoevolution, Kamis (24/3/2011), ini tercatat sebagai pengumuman perdana setelah penutupan fasilitas yang dilakukan pada 11 Maret lalu. Produksi Toyota di pabrik lainnya masih belum bisa beroperasi karena pasokan komponen yang lambat.

“Kami melakukan ini karena model-model itu (Prius dan Lexus) merupakan primadona dan sangat besar permintaannya. Produksi bisa dilakukan dengan pasokan komponen baru yang datang dari pemasok wilayah lain, tapi kami pelan-pelan dulu sekaligus melihat apa masih ada kesulitan di rantai suplai,” beber Paul Nolasco seperti dilansir autonews, Kamis.

Toyota juga memperingatkan fasilitas produksinya di Amerika Utara untuk tidak memangkas jam kerja pabrik karena minimnya pasokan dari Jepang. Semua kegiatan produksi Toyota di seluruh dunia mulai tertekan dan cuma bisa bertahan satu sampai dua bulan dengan stok komponen yang ada. Hal ini tak terkecuali terjadi di Indonesia./kompas.com

Mitsubishi Pajero Dakar Siap Meluncur

Posted: 25 Mar 2011 11:17 PM PDT

Mitsubishi Pajero yang baru diluncurkan pada 2009 melakukan test drive di Cikampek/KOMPAS.COM/SABASTIAN

 

BALIKPAPAN, KOMPAS.com — PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) masih punya beberapa senjata baru untuk diperkenalkan tahun ini. Kompas.com coba mengonfirmasikannya kepada Executive Marketing Director PT KTB Rizwan Alamsjah di sela-sela peluncuran Strada Triton HD-X di Palm Hills, Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (24/3/2011).

Ketika ditanya soal Strada Triton tidak melakukan perubahan mayor, Rizwan langsung dengan cepat menepis. “Sampai saat ini belum ada pemberitahuan dari Jepang. Lagi pula kan baru 2012 nanti (maksudnya, perubahan model setiap lima tahun),” ungkapnya.

“Bagaimana dengan Pajero Sport?” tanya Kompas.com. “Nanti Anda kami undang,” jawabnya singkat. Berarti, niat Rizwan memasukkan Pajero Sport bermesin bensin 3.500 cc dengan tenaga 200 HP seperti yang pernah diutarakannya kepada off-roader Rubi pada acara penyerahan bantuan peralatan ke sekolah dasar di Jawa Barat, akhir November 2009, jadi kenyataan.

Lalu, jawaban serupa (Anda pasti kami undang) meluncur saat ditanya mengenai Outlander. Namun, orang dalam KTB memberi sinyal bahwa apa yang sudah diluncurkan di Thailand akan berlaku juga di Indonesia tak berapa lama kemudian.

Malah Untuk Pajero Sport yang baru, kata si sumber, namanya ada embel-embel “Dakar”. Berarti, lanjutnya, Matsuoka akan datang lagi.

Kembali ke soal Thailand tadi, di ajang pameran Bangkok Motor Show 2011 di Thailand, Mitsubishi memajang konsep global mobil murahnya yang akan diproduksi di negeri gajah putih tersebut. Satu lagi, ada pula Delica D5 yang pernah nampang di IIMS 2010. “Biasanya yang muncul di IIMS memang ada rencana untuk masuk. Kami lihat dulu animonya,” begitu ucap Rizwan saat di pameran./kompas.com

F1 Mengheningkan Cipta 1 Menit

Posted: 25 Mar 2011 11:03 PM PDT

Banjir di Limestone Street, Kota Ipswich, sekitar 40 km barat daya Brisbane, Queensland, pada 12 Januari 2011./AFP PHOTO / Eddie Safarik

 

ALBERT PARK, Kompas.com — GP Australia pada akhir pekan ini, Minggu (27/3/2011), akan didahului dengan upacara mengheningkan cipta selama 1 menit, sebelum balapan dimulai. Keheningan yang dilakukan tersebut sebagai bentuk penghormatan dan mengenang beberapa tragedi yang melanda dunia pada awal tahun 2011.

Federasi Otomobil Internasional (FIA), Formula One Administration (FOM), dan promotor GP Australia sudah menyepakati hal tersebut. Mereka ingin mengirim pesan yang mengungkapkan penghormatan atas semua korban bencana alam gempa bumi dan tsunami yang melanda Jepang pada awal bulan ini, juga kepada korban di banjir Australia dan Selandia Baru, apalagi semuanya itu memberikan dampak kepada F1.

Selain ada upacara mengheningkan cipta, semua tim kontestan F1 juga sudah setuju untuk memasang stiker di setiap mobilnya. Hal tersebut dilakukan untuk mengenang bencana di Jepang./kompas.com

 

Sumber : autosport

Andre Bakal Bertemu Juara All England

Posted: 25 Mar 2011 11:01 PM PDT

Andre Kurniawan

SEMARANG — Pebulu tangkis tunggal putra PB Djarum Kudus, Andre Kurniawan Tedjono, bakal bertemu Muhammad Hafiz Hashim (Malaysia) pada babak delapan besar kejuaraan Li-Ning New Zealand Challenge 2011 pada 30 Maret hingga 3 April 2011.

Menurut Ketua PB Djarum Yoppy Rosimin, duel antara Andre dan juara All England 2003 tersebut bakal ramai. “Saya kira siapa yang siap tentunya yang akan menjadi pemenang,” katanya, Jumat (25/3/2011).

Sebelum bertemu Hashim, katanya, Andre yang diunggulkan di tempat ke-11 bakal menghadapi pebulu tangkis India, Eshan Naqvi, pada babak pertama. Jika menang, Andre dihadang pemenang antara Marius Fartam (Norwegia) melawan pemain yang lolos babak kualifikasi pada babak kedua.

Tunggal putri Fransiska Ratnasari (unggulan kesembilan) bakal bertemu rekan seklubnya, Maria Kristin Yulianti, pada babak ketiga, jika keduanya bisa melewati lawannya pada babak pertama.

Pada babak pertama, Fransiska bakal bertemu Claudio Rivero Modenesi, dan kalau menang bakal ditantang pemenang antara Zhu Lin melawan Xara Kvaerno.

Jalan yang akan ditempuh Maria Kristin pun tak ringan. Peraih medali perunggu Olimpiade Beijing 2008 ini akan bertemu pebulu tangkis Jepang, Mayu Sekiya, pada babak pertama. Jika menang, Maria Kristin bakal bertemu unggulan kedua berasal dari Taiwan, Tai Tzu Ying.

Pebulu tangkis tunggal putri Djarum Kudus lainnya, Ana Rovita, bakal bertemu unggulan kedelapan Jeanine Cicognini pada babak pertama. Jika Ana menang, dia bakal bertemu pemenang antara Anne Venice Malvinne Alcala melawan Cecilia Karyn Velez pada babak kedua dan selanjutnya bertemu unggulan pertama berasal dari Hongkong, Yip Pui Yin, pada babak ketiga. Ini dengan catatan jika Pui Yin juga mampu melewati babak pertama bertemu pebulu tangkis yang lolos babak kualifikasi.

Pada babak kedua, Yip yang bermain untuk Suryanaga pada Super Liga di Surabaya, beberapa waktu lalu itu, bakal bertemu pemenang antara Lianne Tan melawan pebulu tangkis yang lolos pada babak kualifikasi.

Pada kejuaraan di Selandia Baru itu, Djarum Kudus menurunkan empat pebulu tangkis, yaitu Andre Kurniawan (putra), Fransiska Ratnasari, Maria Kristin, dan Ana Rovita (putri)./kompas.com

Sumber :
ANT

Burgess Tak Khawatirkan Prospek Juara

Posted: 25 Mar 2011 10:58 PM PDT

Jerry Burgess (kiri) dan Valentino Rossi./MOTORCYCLESNEWS

 

Bos kru Valentino Rossi, Jerry Burgess, tak khawatir mengenai peluang juara dunia MotoGP 2011 bagi sang pebalap. Menurutnya, yang terpenting adalah mereka terus berusaha memperbaiki performa pada seri-seri berikutnya.

Memang, pada seri perdana MotoGP 2011 di Qatar akhir pekan lalu, debut Rossi bersama Ducati tak terlalu mulus. Pasalnya, juara dunia tujuh kali MotoGP tersebut hanya mampu finis di urutan tujuh, setelah kalah bersaing dengan pebalap Yamaha, Ben Spies.

Tampaknya “The Doctor” masih perlu waktu untuk beradaptasi dengan mesin baru Desmosedici GP11. Akan tetapi, di sisi lain, pebalap berusia 32 tahun asal Italia tersebut masih memiliki masalah dengan bahu kanannya pasca-operasi pada pertengahan November tahun lalu, menyusul cedera akibat kecelakaan saat latihan motocross pada awal 2010. Rossi merasa kekuatannya baru 70 persen.

Sementara itu, para rival Ducati, yaitu tim Honda dan Yamaha, langsung tancap gas pada seri pembuka tersebut. Casey Stoner (Repsol Honda), yang naik podium nomor satu, dan Jorge Lorenzo (Yamaha) sebagai runner-up, tampaknya menjadi kandidat terkuat untuk menjadi juara musim ini.

Meskipun demikian, Burgess tetap santai menghadapi situasi tersebut. Dia mengaku tidak khawatir bahwa Rossi akan jauh tertinggal karena GP Qatar baru seri pembuka, dari total 18 seri dalam kalender MotoGP 2011.

“Saya tidak khawatir karena kami hanya bisa melakukan apa yang bisa kami kerjakan dan alasannya sudah jelas, apakah itu karena kebugaran atau hal-hal lain,” ujar Burgess, kepada MCN.

“Ini selalu akan menjadi sebuah tugas yang berat dan kami tahu, jika dia tidak menjalani operasi lebih awal, maka akan perlu waktu enam atau tujuh bulan untuk masa penyembuhan. Ini mungkin bukan sebuah penyembuhan yang cepat,” tuturnya./kompas.com

 

 

Sumber : MCN

Alonso: Tim Terkuat Belum Tampak

Posted: 25 Mar 2011 10:56 PM PDT

Pebalap Ferrari, Fernando Alonso./AFP/GREG WOOD

 

MELBOURNE — Pebalap Ferrari, Fernando Alonso, mengatakan bahwa kecepatan terbaik semua tim Formula 1 (F1) belum jelas terlihat. Pernyataan tersebut dilontarkan setelah melihat hasil latihan bebas pertama dan kedua di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Jumat (25/3/2011).

Dalam dua uji coba tersebut, Red Bull Racing dan McLaren secara bergantian menempati posisi teratas. Pada latihan pertama, Mark Webber dan Sebastian Vettel menguasai posisi terdepan, kemudian pada latihan kedua giliran Jenson Button dan Lewis Hamilton menjadi pemimpin.

Sementara itu, Alonso tampil konsisten. Baik latihan bebas pertama maupun kedua, pebalap asal Spanyol tersebut selalu di posisi tiga. Inilah yang membuat mantan juara dunia 2005 dan 2006 tersebut berpendapat bahwa mobil tercepat belum terlihat.

“Belum ada hal baru dan apa lagi yang diharapkan? Dalam dua sesi latihan bebas ini belum terlihat tim yang benar-benar kuat,” ujar Alonso. “Pagi ini Red Bull bagus dan pada sore, giliran McLaren. Kami dan Mercedes selalu bercampur, sedangkan Williams dan Renault juga tampaknya kompetitif.”

“Ada begitu banyak tim yang punya peluang menang dan karena itulah maka sangat penting dalam kondisi bagus pada hari Sabtu. Jangan melakukan beberapa kesalahan jika Anda ingin start dari barisan depan.”

Alonso juga memberikan komentar mengenai ban Pirelli. Mantan pebalap Renault dan McLaren tersebut mengakui, performa ban tersebut belum sepenuhnya diketahui dan, menurutnya, strategi yang fleksibel harus dilakukan saat balapan.

“Kami akan memerlukan sebuah strategi yang sangat fleksibel selama balapan karena saat ini kami terlalu sedikit mengetahui tentang ban untuk mengatakan secara pasti kapan waktu terbaik untuk berhenti. Dari apa yang kami lihat hari ini, mungkin kami bisa menyelesaikan 10 lap untuk satu set ban, atau mungkin 30!”

Alonso juga mengaku senang dengan performa mobil. Menurutnya, meskipun belum sempurna karena grip depan perlu dibenahi, tetapi mobilnya bisa dikendalikan dengan baik. “Lebih baik dari yang saya perkirakan,” ujarnya.

Mengenai ban, hal senada juga dilontarkan oleh Felipe Massa. Rekan setim Alonso tersebut, yang menempati posisi tujuh pada latihan bebas kedua, mengatakan bahwa karakter ban masih sulit untuk diprediksi./kompas.com

 

Sumber : autosport

Hamilton Tepis Rumor Bakal Hengkang

Posted: 25 Mar 2011 10:53 PM PDT

Pebalap McLaren, Lewis Hamilton./AFP

 

MELBOURNE – Lewis Hamilton menepis spekulasi tentang kemungkinannya untuk meninggalkan tim McLaren. Juara dunia 2008 tersebut mengatakan, dia sepenuhnya berkomitmen untuk tetap bersama McLaren, meskipun tim yang bermarkas di Woking tersebut sedang mengalami masalah selama musim dingin.

Memang, ada rumor bahwa Hamilton, yang kontraknya selesai pada 2012, tak betah lagi di McLaren. Performa MP4-26 yang buruk, karena kecepatan dan keandalannya tak terlalu menjanjikan, menjadi pemicu munculnya spekulasi tersebut.

“Saya sudah berbicara kepada Martin hari ini, karena saya ingin meyakinkannya lagi bahwa saya tetap di sini, di McLaren. Itulah komitmenku untuk tim, komitmenku untuk menang,” ujar Hamilton, seperti yang dikutip Press Association.

“Hati dan pikiranku selalu berada di sini. Saya tidak berpikir untuk pergi ke tempat lain, orang-orangku juga tak pergi ke tempat lain dan melakukan pembicaraan dengan pihak lain.

“Saya berusaha memosisikan diri dalam posisi orang lain, untuk memahami bagaimana perasaan mereka. Saya pikir, hal itu penting.

“Saya bisa membayangkan, bagaimana perasaanku jika saya mendengar cerita bahwa mereka sedang mencari pebalap lain untuk menggantikanku, tentu saja menyedihkan. Karena itu, saya ingin meyakinkannya sehingga saya berbicara kepada Martin./kompas.com

 

Sumber : autosport

Peraih Emas SEA Games 2009 Absen

Posted: 25 Mar 2011 10:51 PM PDT

Triyaningsih, bakal ikut dalam Kejuaraan Atletik Jatim Open./AFP/LIU JIN

SEMARANG – Pelari jarak menengah nasional asal Jawa Tengah, Agus Prayogo, tidak bisa membela daerahnya tampil pada kejuaraan atletik Jatim Open di lapangan Universitas Negeri Surabaya (Unesa), 29-31 Maret 2011.

“Saya baru saja ditelepon ayahnya Agus Prayogo bahwa anaknya tidak bisa tampil pada Jatim Open karena difokuskan tampil pada kejuaraan atletik di Korea Selatan,” kata Sekum Pengprov Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Jateng, Husein Efendi, di Semarang, Jumat (25/3/11).

Hanya, kata dia, hingga kini Jateng belum menerima surat dari induk organisasi olahraga atletik di Tanah Air ini soal keikutsertaan peraih medali emas SEA Games 2009 Laos (nomor lari 5.000 meter) tersebut ke Korea Selatan.

“Kami hanya menerima pemberitahuan secara lisan dari ayah pelari yang bersangkutan,” kata Husein, yang juga pelatih klub atletik Pandanaran Semarang tersebut.

Ia menambahkan, semua atlet Jateng yang masuk program pelatda Jateng (sekitar 40 atlet) termasuk mereka yang dikirimkan oleh Perguruan Tinggi bakal tampil di Jatim Open, yang juga sebagai ajang kualifikasi pertama PON XVIII.

Ia menyebutkan, Trianingsih, Dwi Ratnawati, dan Suryo Agung Wibowo bakal tampil pada kejuaraan atletik Jatim Open mendatang.

Menyinggung soal status pelari jarak pendek nasional, Suryo Agung Wibowo, dia mengatakan, Jateng tetap mendaftarkan atlet tersebut sebagai wakil Jawa Tengah karena sampai kini Jateng belum mengeluarkan surat pindah kepada yang bersangkutan.

“Kalau DKI Jakarta juga mendaftarkan dia (Suryo Agung Wibowo), tentunya akan diputuskan dalam temu teknik sebelum kejuaraan tersebut,” kata Husein yang juga salah seorang pengurus KONI Provinsi Jawa Tengah.

Menurut dia, jika nantinya Jateng dan DKI Jakarta tetap mendaftarkan Suryo pada Jatim Open, maka status peraih dua medali emas SEA Games XXV/2009 Laos pada event tersebut adalah “under-protes”. Artinya, kata dia, Suryo Agung bisa tampil pada kejuaraan atletik tersebut tidak atas nama Jawa Tengah atau DKI Jakarta.

“Kalau statsunya pada PON XVIII/2012 di Riau mendatang bakal ditentukan oleh tim Arbitrase KONI Pusat karena sampai kini belum ada keputusan soal status Suryo Agung Wibowo,” katanya./kompas.com

Sumber :
ANT

Impian Seorang Maria Sharapova

Posted: 25 Mar 2011 10:49 PM PDT

Maria Sharapova/AFP

 

MIAMI — Petenis cantik Maria Sharapova mengaku, sebagai seorang kelahiran Rusia, ia selalu menempatkan olimpiade sebagai impian.

Karena itulah, Sharapova yang pernah meraih tiga gelar juara turnamen grand slam ini menganggap targetnya yang terbesar setahun ini adalah ikut dan meraih medali di Olimpiade London 2012 mendatang.

Petenis berusia 23 tahun ini mengaku selalu teringat masa-masa mengikuti olimpiade saat masih tinggal di Rusia. Meski kini tinggal di AS dan selalu ikut tur keliling dunia, ia tetap berhasrat suatu waktu mewakli negaranya di ajang olimpiade.

“Olimpiade adalah salah satu sasaran saya yang terbesar. Sebagai atlet yang besar di Rusia, olimpiade merupakan hal yang besar dan penting dalam tradisi kami dan saya tidak sabar untuk ikut sebagai peserta,” kata Sharapova.

“Saya berharap untuk ikut dan menaikkan bendera kami dengan meraih medali. Hal ini akan menjadi hal yang paling menyenangkan dalam karier saya,” katanya./kompas.com

Mayweather Menang Judi Basket

Posted: 25 Mar 2011 10:47 PM PDT

Floyd Mayweather Jr

LOS ANGELES – Petinju ternama Floyd Mayweather Jr menang 37.272.75 dolar AS dalam judi pertandingan NBA antara Chicago Bulls dan Atlanta Hawks.

Mayweather memasang 41 ribu dolar AS untuk pertandingan paruh kedua Bulls dan Hawks.  Ia memenangi judi setelah Bulls memanangi paruh kedua 42-38.

Melalui akun twitter miliknya, Mayweather mengekspresikan kegembiraannya. Ia memuji pemain Bulls, Derrick Rose sambil menampangkan slip taruhannya. Dalam pertandingan tersebut Rose memang menghasilkan 30 poin dan membawa Bulls menang 114-81.

Ini bukan kali pertama Mayweather sukses dalam taruhan judi NBA-nya.  Desember lalu, ia juga bertaruh 40 ribu dolar AS untuk pertandingan Miami Heat menghadapi Los Angeles Lakers dan memenangi 36.3763.65 dolar AS./kompas.com

PBSI Kehilangan Bendahara

Posted: 25 Mar 2011 10:44 PM PDT

PBSI

JAKARTA, Kompas.com — Bendahara pada kepengurusan PB PBSI 2008-2012, Djendjen Djaenanasri (60), meninggal dunia pada Jumat pagi di Markas Besar TNI Cilangkap, Jakarta Timur.

Menurut Sekjen PB PBSI Yacob Rusdianto, Djendjen yang juga menjadi pelaksana administrasi Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres), menyusul pengunduran diri Ketua Bidang Binpres Lius Pongoh, meninggal saat bermain tenis.

“Mungkin dia kelelahan karena bermain sampai dua set,” kata Yacob, yang mengatakan, selama ini purnawirawan perwira tinggi TNI itu tidak pernah mengeluhkan penyakit apa pun dan tidak pernah berpantang makanan.

Djendjen baru saja kembali ke Tanah Air setelah mendampingi tim Indonesia di kejuaraan bulu tangkis All England (8-13 Maret) di Birmingham dan Swiss Terbuka (15-20 Maret) di Basel, sebagai manajer tim.

Mengenai pengabdiannya di PBSI, meskipun Djendjen orang baru di dunia bulu tangkis, Yacob menilai, dedikasinya sangat luar biasa. “Beliau betul-betul ingin bulu tangkis Indonesia bangkit kembali dan mau belajar. Pendekatannya kepada atlet dan pelatih juga sangat baik,” kata Yacob.

Djendjen, yang lahir di Sukabumi pada 8 September 1951 meninggalkan seorang istri, SD Nuswantari, dan seorang putra, Yudha Nugraha Wibisana./kompas.com

Sumber :
ANT

Menpora:Karate Harus Meraja di SEA Games

Posted: 25 Mar 2011 10:42 PM PDT

Karate/KOMPAS/MUKHAMAD KURNIAWAN

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng mengatakan, cabang olahraga harus mampu menjadi tambang emas bagi kontingen Merah-Putih dalam ajang kompetisi olahraga internasional, termasuk SEA Games 2011 yang digelar di Palembang pada bulan November mendatang.

Hal ini disampaikan Andi saat memberikan kata sambutan pada acara peresmian OSO Sport Center di Bekasi, Jawa Barat, Jumat (25/3/2011). OSO Sport Center merupakan dojo atau tempat latihan karate terbesar di dunia.

“Harapan kami, karate kembali meraja di ajang SEA Games. Mudah-mudahan seluruh karateka hafal lagu Indonesia Raya karena lagu itu terus diputar karena Indonesia sering juara,” kata Andi.

Turut hadir pada peresmian tersebut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Gumelar, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik, Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal George Toisutta, Pangdam Jaya Mayjen TNI Marciano Norman, Ketua Umum Dojo Kushin Ryu Karate Indonesia Oesman Sapta Odang, dan lainnya.

OSO Sport Center yang dibangun Oesman dengan biaya sekitar Rp 30 miliar ini memiliki luas 1 hektar. Bangunan utama OSO Sport Center memiliki luas 2.800 meter persegi. Di dalamnya terdapat ruang serba guna dengan tribun penonton berkapasitas 1.000 orang, gym, ruang ganti pakaian, ruang pemanas, dan 12 kamar penginapan atlet. Masing-masing kamar atlet memiliki kapasitas 60 orang.

“Saya sudah lebih dari 20 tahun di karate. Dan, saya merasa tersentuh untuk memberikan sesuatu untuk karate, dan olahraga secara nasional. Karena itu, OSO Sport Center ini berdiri,” kata Oesman.

Kejuaraan Nasional OSO Cup 2011 Pada tanggal 25-27 Maret, Oesman menggelar OSO Cup 2011 di OSO Sport Center. Kejuaraan ini diikuti 642 atlet dari 21 provinsi di Indonesia dan 14 perguruan karate. Pemenang pada OSO Cup 2011 berkesempatan masuk pelatnas dan menjadi delegasi di Kejuaraan Internasional Indonesia Open pada 1-2 Juni mendatang.

Pemenang juga diberikan hadiah berupa uang tunai. Juara I mendapat Rp 10 juta, runner-up mendapat Rp 7,5 juta, dan peringkat III mendapat Rp 5 juta. Sementara itu, pemenang terbaik putra dan pria juga akan mendapat, masing-masing, Rp 25 juta. Kemudian, juara umum atau peraih medali emas terbanyak akan mendapat hadiah uang pembinaan senilai Rp 100 juta./kompas.com

Tim F1 Hormati Korban Gempa Bumi Jepang

Posted: 25 Mar 2011 10:40 PM PDT

Kota Kisennuma, di Jepang timur laut, yang terletak dekat dengan episentrum gempa berkekuatan 9,0 telah menjadi kota api dan air, Minggu (13/3/2011), – apa yang tidak dilahap api ditenggelamkan oleh air./Dailymail

 

ALBERT PARK — Badan tim Formula 1, FOTA, mengumumkan bahwa semua mobil F1 akan dipasang stiker ketika tampil pada seri perdana musim 2011 di Sirkuit Albert Park, Australia. Ini merupakan bentuk perhatian dan penghormatan atas korban bencana gempa bumi dan tsunami yang melanda Jepang, awal bulan ini.

Ini sudah terlihat di beberapa tempat, seperti area istirahat Red Bull. Sementara itu, Michael Schumacher dan Jerome d’Ambrosio memasang striker di helm mereka, yang merupakan caranya untuk ikut prihatin.

Felipe Massa termasuk salah satu pebalap, yang mengatakan bahwa peristiwa tragis di Jepang itu menjadi hal yang paling dipikirkan banyak orang di Melbourne.

“Saya berdoa setiap malam bagi mereka karena itu benar-benar bencana yang mengerikan,” ujar pebalap Ferrari tersebut, Kamis (24/3/11). “Untuk melihat apa yang terjadi, anda bahkan tidak pernah melihatnya dalam film, sehingga benar-benar luar biasa.

“Aku berdoa untuk mereka dan juga saya mendengar bahwa FOTA mungkin mengorganisir sebuah amal, dan saya pikir kami harus melakukan segalanya untuk mereka karena mereka sangat menderita.

“Ini benar-benar menakjubkan untuk melihat apa yang terjadi sehingga saya akan terus berdoa bagi mereka dan mencoba melakukan sesuatu yang bisa membantu mereka.”/kompas.com

Sumber :
autosport

Presiden Prihatin dengan Kisruh Pengurus

Posted: 25 Mar 2011 10:37 PM PDT

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono/Edityawarman/ Presidensby.info

 

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, ketika meresmikan gedung karate yang merupakan bagian dari Oesman Sport Center di Bekasi, Jawa Barat, Jumat (25/3/2010), mengatakan bahwa dirinya prihatin atas keributan antarpengurus cabang olahraga. Presiden mengingatkan agar pengurus cabang olahraga tetap memegang etika dan mendengarkan aspirasi masyarakat.

“Saya prihatin sebagai kepala negara kalau pengurus ribut terus. Ada saja masalah yang terkait masalah kepengurusan. Jangan-jangan Indonesia kalah karena kegaduhan pengurusnya,” kata Presiden.

Presiden meminta agar Kementerian Pemuda dan Olahraga, pejabat KONI, Komite Olahraga Indonesia, serta pejabat di tingkat pemerintah pusat dan pemerintah daerah melakukan pembenahan secara menyeluruh, serta terus-menerus melakukan pengembangan di bidang olahraga.

“Jangan membawa olahraga untuk kepentingan pengurus, tapi pengurus bekerja dan berdedikasi untuk kepentingan dan kemajuan olahraga. Ini berlaku bagi semua. Mari kita masuki era baru di negeri ini. Semuanya bangkit untuk memajukan dunia olahraga kita,” sambung Presiden./kompas.com

12 komentar:

  1. An intriguing discussion is worth comment. I do think that you
    ought to publish more on this subject, it may not be a taboo matter but typically folks don't speak about such subjects. To the next! Kind regards!!

    Feel free to visit my weblog: www.tedxyse.com

    BalasHapus
  2. I visited various web sites except the audio feature for
    audio songs present at this web site is genuinely superb.


    Feel free to surf to my web page: Louis Vuitton Bags

    BalasHapus
  3. Simply desire to say your article is as amazing. The clearness to your
    put up is simply cool and that i could suppose you're an expert on this subject. Well along with your permission let me to grasp your feed to stay updated with impending post. Thank you 1,000,000 and please carry on the rewarding work.

    My web blog - Louis Vuitton Handbags

    BalasHapus
  4. Great blog you have here but I was wanting to know if
    you knew of any message boards that cover the same topics discussed in this article?
    I'd really love to be a part of community where I can get comments from other knowledgeable individuals that share the same interest. If you have any recommendations, please let me know. Cheers!

    Also visit my weblog :: Nike Free

    BalasHapus
  5. This is really interesting, You are a very skilled blogger.
    I have joined your feed and look forward to seeking more of your excellent post.

    Also, I have shared your website in my social networks!

    Have a look at my web site - NFL Cheap Jerseys

    BalasHapus
  6. Its like you learn my thoughts! You appear to grasp so
    much approximately this, such as you wrote the e-book in it or
    something. I feel that you just can do with some percent to drive the message house a
    bit, however other than that, that is fantastic blog.
    A great read. I'll definitely be back.

    Look into my homepage: Discover More Here

    BalasHapus
  7. I'm gone to say to my little brother, that he should also go to see this blog on regular basis to take updated from hottest reports.

    Feel free to surf to my blog Nike Air Max

    BalasHapus
  8. I enjoy reading through an article that can make
    men and women think. Also, thanks for allowing for
    me to comment!

    my website: Soldes Air Jordan

    BalasHapus
  9. You're so awesome! I don't think I've truly read a single thing like that before. So good to discover someone with a few genuine thoughts on this topic. Really.. thank you for starting this up. This website is one thing that's needed on the web,
    someone with a bit of originality!

    my webpage; NFL Jerseys Cheap

    BalasHapus
  10. Attractive section of content. I just stumbled upon your web site and in accession capital to
    assert that I acquire actually enjoyed account your blog posts.

    Anyway I will be subscribing to your augment and even I achievement you
    access consistently quickly.

    Review my webpage - Louis Vuitton Bags

    BalasHapus
  11. Great article.

    Here is my site: tory Burch Flats

    BalasHapus
  12. Good day! Do you know if they make any plugins to help with Search Engine Optimization?
    I'm trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I'm not seeing very good results.
    If you know of any please share. Thanks!

    Here is my blog post: Christian Louboutin Heels

    BalasHapus