Selasa, 17 Mei 2011

Berita Aneh

Berita Aneh


Inilah Porsi Makanan Bocah Tergendut di Dunia!

Posted: 17 May 2011 02:00 AM PDT

Suman Khatun (6), bocah yang diyakini tergendut di dunia dengan berat 94,1 Kg ini lahir dengan kondisi normal dan sehat tidak memiliki kelainan tertentu.

Anak ini lahir dengan berat 3,8 kilograms. Dalam satu minggu, Suman dapat menghabiskan 14 kg beras, 8 kg kentang, 8 kg ikan dan sekitar 180 pisang, masih ditambah dengan mengemil permen favorit Bengali dan kue krim.

Sehari-hari, Suman akan menghabiskan sepanjang harinya dengan duduk di depan televisi atau menonton bersama kakaknya Shabnam (13), atau bermain dengan teman-teman tetangga. Lalu apa saja porsi makan Suman sehari-hari hingga ia ditahbiskan sebagai anak tergendut di dunia?
Berikut ini daftar menu sehari-hari Suman, gadis cilik dengan tinggi badan 104.14 cm yang berasal dari Bengal Barat, India

Menu Sarapan Pagi hari :

Sarapan Pagi yang pertama pukul 07:00, 20 biskuit dan 12 pisang
Sarapan Pagi yang kedua pukul 09:30, 2 piring nasi dan 5 telur
Snack : 15 biskuit, (1-2 paket keripik atau apa pun yang tersedia) dan 10 pisang

Menu Makan Siang :

Makan siang pukul 12:00, 2 piring nasi, 2 mangkuk ikan dan kari kentang, 2 omelet dan acar.
Snack : 10 permen, 15 biskuit, 10 pisang, 2 bungkus keripik

Menu Makan malam :

Ia akan mulai makan malam pada pukul 19.00 dengan menu, 2 piring nasi, 2 mangkuk kari ikan, kentang dan saus tomat.

Nah, kira-kira sebesar apakah perut dan usus bocah ini? Dan bagaimana kerja organ pencernaannya dalam menggiling sekian banyak makanan itu. Tentu tak pernah istirahat untuk terus bekerja dan menggiling. Ini tentu akan berakibat buruk bagi so bocah bukan?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

‘Gone in 5 Seconds’ Rekor Baru Kartu Merah Tercepat

Posted: 17 May 2011 12:00 AM PDT

Mungkin Anda sudah akrab dengan kalimat ‘Gone in 60 seconds’ sebuah judul film box officeHollywood yang terkenal dan dibintangi oleh Nicolas Cage serta Angelina Jolie.

Kini saya punya plesetannya untuk dunia sepak bola, ‘gone in 5 seconds’ atau hilang dalam 5 detik merujuk ke rekor kartu merah tercepat yang baru saja tercipta di Liga Jepang.

Takahiro Masukawa mungkin memang benar-benar telah berhasil memasukkan namanya dalam buku sejarah sepak bola dunia, namun sayangnya untuk sebuah alasan yang salah.

Bek dari klub Nagoya Grampus tersebut mendapatkan salah satu kartu merah tercepat di laga J-League hari Sabtu lalu melawan Shimizu S-Pulse, ia diganjar setelah menghadang lawannya yang berpeluang mencetak gol memanfaatkan kesalahan Masukawa yang tak siap menerima back pass dari rekannya usaikick off.

Satu-satunya alasan yang mungkin sedikit membuat Masukawa terhibur adalah skor akhir laga tersebut, dengan bermain 10 pemain sejak menit pertama Nagoya tetap sanggup mendulang poin, meski hanya satu dari skor 1-1 yang ada.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

‘Gone in 5 Seconds’ Rekor Baru Kartu Merah Tercepat

Posted: 17 May 2011 12:00 AM PDT

Mungkin Anda sudah akrab dengan kalimat ‘Gone in 60 seconds’ sebuah judul film box officeHollywood yang terkenal dan dibintangi oleh Nicolas Cage serta Angelina Jolie.

Kini saya punya plesetannya untuk dunia sepak bola, ‘gone in 5 seconds’ atau hilang dalam 5 detik merujuk ke rekor kartu merah tercepat yang baru saja tercipta di Liga Jepang.

Takahiro Masukawa mungkin memang benar-benar telah berhasil memasukkan namanya dalam buku sejarah sepak bola dunia, namun sayangnya untuk sebuah alasan yang salah.

Bek dari klub Nagoya Grampus tersebut mendapatkan salah satu kartu merah tercepat di laga J-League hari Sabtu lalu melawan Shimizu S-Pulse, ia diganjar setelah menghadang lawannya yang berpeluang mencetak gol memanfaatkan kesalahan Masukawa yang tak siap menerima back pass dari rekannya usaikick off.

Satu-satunya alasan yang mungkin sedikit membuat Masukawa terhibur adalah skor akhir laga tersebut, dengan bermain 10 pemain sejak menit pertama Nagoya tetap sanggup mendulang poin, meski hanya satu dari skor 1-1 yang ada.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Perasaan Manusia Dan Penyakit Dibaliknya

Posted: 16 May 2011 10:00 PM PDT

Berbagai jenis perasaan manusia tidak hanya ditentukan oleh faktor kejiwaan, sebab kondisi fisik juga bisa mempengaruhinya. Beberapa jenis penyakit kronis bisa membuat seseorang lebih sering mengalami perasaan tertentu sepanjang waktu.
Ilmu pengobatan China mengenal 6 emosi atau perasaan yang dialami oleh manusia. Jika salah satunya muncul sepanjang waktu dan lebih dominan dibandingkan perasaan lain, maka kemungkinannya perasaan itu menandakan adanya penyakit dalam tubuh seseorang.

Perasaan-perasaan yang menandakan adanya penyakit adalah sebagai berikut….


1. Kegirangan

Meski biasanya perasaan bahagia menunjukkan kondisi jiwa yang sehat, kegembiraan yang berlebihan atau euforia justru menunjukkan kondisi fisik dan mental yang tidak sehat. Seseorang yang selalu tampak girang sepanjang waktu berisiko mengalami gangguan jantung atau paling tidak yang lebih masuk akal adalah gangguan mental.

2. Gelisah

menurut ilmu pengobatan China, rasa panik dan gelisah yang muncul sepanjang waktu juga berhubungan dengan kesehatan jantung. Terlebih jika kegelisahan itu disertai gejala-gejala seperti palpilasi atau jantung berdebar dan berkeringat dingin.

3. Khawatir

Seseorang yang selalu merasa khawatir kemungkinan punya masalah dengan kelenjar limpa yang tidak bekerja sebagaimana mestinya. Gejala lain yang menyertai biasanya adalah nafsu makan berkurang, anggota badan terasa lemah, perut kembung dan menstruasi tidak teratur.

4. Sedih

Masalah pada sistem pernapasan terutama paru-paru bisa membuat seseorang tampak selalu sedih sepanjang hari. Kebetulan, serangan asma dan radang tenggorokan cenderung juga lebih sering terjadi dalam suasana duka, sementara batuk rejan lebih sering dialami orang yang hidupnya menderita.

5. Takut

Jika bukan karena sifatnya yang memang penakut, seseorang yang selalu ketakutan mungkin punya masalah dengan ginjal. Kemungkinan lainnya adalah tekanan berlebih pada tulang punggung bagian bawah, infeksi saluran kencing atau gangguan fungsi seksual.

6. Marah

Ilmu pengobatan China mengenal energi Qi, yang jika mengalami peningkatan secara berlebih dampaknya bisa membuat seseorang jari lebih pemarah. Peningkatan energi Qi juga berhubungan dengan munculnya masalah pada hati, serta berbagai gejala seperti sakit kepala, pusing dan mata merah.

sumber

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

9 Makhluk Mitologi Asli Indonesia

Posted: 16 May 2011 08:00 PM PDT

1. Orang Pendek
Orang Pendek adalah hewan kriptid asal Pulau Sumatera dan telah dikenal sejak 100 tahun lalu oleh penghuni hutan, penduduk, kolonis belanda dan ilmuwan. Penelitian menyebutkan bahwa orang pendek adalah primata berjalan yang memiliki sekitar 80 cm dan 150 cm.



2. Lembuswana
Makhluk Mitologi ini sering dijadikan simbol dalam kerajaan2 jaman dulu seperti Mulawarman, dan di Cungkup Sunan Prapen. Lembuswana adalah hewan dengan kepala berbentuk gajah yang menggunakan mahkota yang memiliki sepasang sayap dan di keempat kakinya terdapat cula/taji (red: seperti ayam). Masih menurut mitos penduduk sekitar sungai Mahakam, Lembuswana adalah penguasa sungai Mahakam yang tinggal dan bernaung di dasar sungai Mahakam.



3. Orang Bati
Orang Bati adalah hewan yang berada di legenda Pulau Seram. Hewan ini memiliki tubuh seperti manusia dan bersayap seperti kelelawar. Diceritakan bahwa ia tinggal di gunung Kairatu dan suka menculik anak kecil untuk disantap.



4. Naga Besukih
Naga Besukih adalah naga yang diceritakan dalam asal-usul selat Bali. Dalam cerita, Naga ini dapat dipanggil menggunakan genta pemujaan milik Begawan Sidi Mantra. Juga diceritakan bahwa ia dapat mengeluarkan emas dan permata dari dalam sisiknya.



5. Garuda
Garuda adalah salah satu dewa dalam agama Hindu dan Buddha. Ia merupakan wahana Dewa Wisnu, salah satu Trimurti atau manifestasi bentuk Tuhan dalam agama Hindu. Garuda digambarkan bertubuh emas, berwajah putih, bersayap merah. Paruh dan sayapnya mirip elang, tetapi tubuhnya seperti manusia. Ukurannya besar sehingga dapat menghalangi matahari.



6. Ahool
Ahool adalah hewan seperti kelelawar raksasa atau beberapa menyebutkan seekor Pterodactil yang tinggal di hutan di Pulau Jawa. Beberapa informasi mengatakan bahwa Ahool memiliki panjang sayap sekitar 3 meter. Pertama kali dijelaskan bahwa ia terlihat di gunung Salak.



7. Veo
Veo adalah hewan kriptid asal pulau Rinca dan digambarkan oleh Carl Shuker dalam buku The Beasts That Hide from Man: Seeking the World’s Last Undiscovered Animals mirip Teringgiling tapi ukurannya sebesar kuda.


8. Ebu Gogo
Ebu Gogo adalah makhluk seperti manusia yang muncul pada mitologi penduduk pulau Flores, Indonesia, yang memiliki bentuk yang mirip dengan leprechaun atau peri. “Orang kecil” tersebut dikatakan memiliki tinggi satu meter, ditutupi rambut, periuk-berperut, dan dengan telinga yang menjulur. Mereka berjalan agak kikuk dan sering “berbisik” yang dikatakan sebagai bahasa mereka. Penduduk pulau juga berkata bahwa Ebu Gogo dapat mengulangi apa yang mereka katakan.


9. Warak Ngendog
Warak Ngendog adalah hewan mitos yang digambarkan seekor badak membawa telur di punggungnya. Bagian-bagian tubuhnya terdiri dari Naga (Cina), Buraq (Arab) dan Kambing (Jawa). Biasanya dijadikan maskot dalam acara Dugderan yang dilaksanakan beberapa hari sebelum bulan puasa.




This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

9 Makhluk Mitologi Asli Indonesia

Posted: 16 May 2011 08:00 PM PDT

1. Orang Pendek
Orang Pendek adalah hewan kriptid asal Pulau Sumatera dan telah dikenal sejak 100 tahun lalu oleh penghuni hutan, penduduk, kolonis belanda dan ilmuwan. Penelitian menyebutkan bahwa orang pendek adalah primata berjalan yang memiliki sekitar 80 cm dan 150 cm.



2. Lembuswana
Makhluk Mitologi ini sering dijadikan simbol dalam kerajaan2 jaman dulu seperti Mulawarman, dan di Cungkup Sunan Prapen. Lembuswana adalah hewan dengan kepala berbentuk gajah yang menggunakan mahkota yang memiliki sepasang sayap dan di keempat kakinya terdapat cula/taji (red: seperti ayam). Masih menurut mitos penduduk sekitar sungai Mahakam, Lembuswana adalah penguasa sungai Mahakam yang tinggal dan bernaung di dasar sungai Mahakam.



3. Orang Bati
Orang Bati adalah hewan yang berada di legenda Pulau Seram. Hewan ini memiliki tubuh seperti manusia dan bersayap seperti kelelawar. Diceritakan bahwa ia tinggal di gunung Kairatu dan suka menculik anak kecil untuk disantap.



4. Naga Besukih
Naga Besukih adalah naga yang diceritakan dalam asal-usul selat Bali. Dalam cerita, Naga ini dapat dipanggil menggunakan genta pemujaan milik Begawan Sidi Mantra. Juga diceritakan bahwa ia dapat mengeluarkan emas dan permata dari dalam sisiknya.



5. Garuda
Garuda adalah salah satu dewa dalam agama Hindu dan Buddha. Ia merupakan wahana Dewa Wisnu, salah satu Trimurti atau manifestasi bentuk Tuhan dalam agama Hindu. Garuda digambarkan bertubuh emas, berwajah putih, bersayap merah. Paruh dan sayapnya mirip elang, tetapi tubuhnya seperti manusia. Ukurannya besar sehingga dapat menghalangi matahari.



6. Ahool
Ahool adalah hewan seperti kelelawar raksasa atau beberapa menyebutkan seekor Pterodactil yang tinggal di hutan di Pulau Jawa. Beberapa informasi mengatakan bahwa Ahool memiliki panjang sayap sekitar 3 meter. Pertama kali dijelaskan bahwa ia terlihat di gunung Salak.



7. Veo
Veo adalah hewan kriptid asal pulau Rinca dan digambarkan oleh Carl Shuker dalam buku The Beasts That Hide from Man: Seeking the World’s Last Undiscovered Animals mirip Teringgiling tapi ukurannya sebesar kuda.


8. Ebu Gogo
Ebu Gogo adalah makhluk seperti manusia yang muncul pada mitologi penduduk pulau Flores, Indonesia, yang memiliki bentuk yang mirip dengan leprechaun atau peri. “Orang kecil” tersebut dikatakan memiliki tinggi satu meter, ditutupi rambut, periuk-berperut, dan dengan telinga yang menjulur. Mereka berjalan agak kikuk dan sering “berbisik” yang dikatakan sebagai bahasa mereka. Penduduk pulau juga berkata bahwa Ebu Gogo dapat mengulangi apa yang mereka katakan.


9. Warak Ngendog
Warak Ngendog adalah hewan mitos yang digambarkan seekor badak membawa telur di punggungnya. Bagian-bagian tubuhnya terdiri dari Naga (Cina), Buraq (Arab) dan Kambing (Jawa). Biasanya dijadikan maskot dalam acara Dugderan yang dilaksanakan beberapa hari sebelum bulan puasa.




This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pahatan-pahatan di Tembok yang Sangat Artistik

Posted: 16 May 2011 06:00 PM PDT



























This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pahatan-pahatan di Tembok yang Sangat Artistik

Posted: 16 May 2011 06:00 PM PDT



























This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Video Seekor Banteng Terjebak di Toko Pakaian

Posted: 16 May 2011 04:00 PM PDT

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kronologi Lengkap Pengadaan Pesawat MA-60

Posted: 16 May 2011 02:00 PM PDT

merpati-MA-60Atas permintaan Presiden SBY, Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Mustafa Abubakar menjabarkan secara rinci proses pembelian 15 pesawat MA-6. Proses pembelian pesawat produksi Xi'an Aircraft International Company itu dimulai dari penjajakan pengadaan pada tahun 2002 hingga realisasi pada tahun 2010.

Rincian proses pengadaan pesawat tersebut, dibagi dalam lima tahapan utama yakni; Penjajakan Pengadaan, Pematangan Pengadaan, Penyerahan Penggunaan Pesawat, Evaluasi Harga dan Perbaikan Kontrak, dan Renegosiasi.

Berikut kronologi proses pembelian pesawat MA-60 tersebut selengkapnya, sebagaimana disampaikan Mustafa Abubakar di Kantor Presiden, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis, 12 Mei 2011:

I. Penjajakan pengadaan 15 Pesawat MA-60 Produksi Xi'an Aircraft International Company (XAC)

1. Tahun 2002
XAC mulai mempromosikan produk MA-60.

2. Tahun 2005
Dalam The 7th International Indonesia-China Joint Commission Meeting on Economic Trade and Technical Cooperation di Beijing, China, pemerintah China bersedia menyediakan Concessional Loan untuk pengadaan pesawat MA-60.

3. 14 September 2005
Direktur Operasi PT MNA menyampaikan persyaratan pengajuan pembelian pesawat MA-60 kepada Kedutaan Besar China di Jakarta

4.24 November 2005
Direktur Utama PT MNA menandatangani MoU antara PT MNA dengan XAC

II. Pematangan Pengadaan Pesawat MA-60 dan tindak lanjutnya

1. 3 Maret 2006
Dirut PT MNA menyampaikan permohonan persetujuan business plan kepada Menneg BUMN untuk ditindaklanjuti ke Bappenas dan Departemen Keuangan

2. 22 Mai 2006
Dirut PT MNA memohon persetujuan Menneg BUMN atas pemanfaatan fasilitas concessional loan dari Pemerintah China untuk pengadaan 15 unit MA-60 untuk proses lebih lanjut di Bappenas

3. 9 Mei 2006
Sertifikasi tipe validasi untuk MA-60 dari Direktorat Kelaikan Udara dan Pengoperasional Pesawat Udara Dephub RI.

4. 7 Juni 2006
Penandatanganan Kontrak Pembelian antara PT MNA dengan XAC untuk pembelian 15 unit pesawat MA-60 dengan total nilai kontrak sebesar 232.443.799 dollar AS.

5. 27 September 2006
Dewan Komisaris PT MNA mendukung pengadaan 15 unit pesawat MA-60 melalui concessional loan. Menneg BUMN selanjutnya memberikan persetujuan tanggal atas pengadaan 15 unit pesawat MA-60 melalui concessional loan sebesar 225 juta dollar AS, jangka waktu 15 tahun, grace period 3 tahun dan bunga maksimal 3 persen per tahun.

6. 28 November 2006
PT MNA menandatangani MoU dengan XAC untuk penyewaan 1 sampai 3 pesawat MA-60.

7. 22 Mei 2007
Kepala Bappenas menyetujui pembiayaan pengadaan pesawat MA-60 dari SLA Loan senilai 232.444.000 dollar AS, dan telah disetujui untuk dimasukkan ke dalam blue book 2006-2009.

8. 28 Juni 2007
Menneg BUMN mendukung Kepala Bappenas terkait rencana pengadaan 15 pesawat MA-60 melalui skim SLA Pemerintah China

9. 5 Agustus 2008
Government Concessional Loan Agreement for The Procurement of Aircraft for National Airbridge Project ditandatangani antara Pemerintah RI melalui Dirjen Pengelolaan Utang Depkeu dengan perwakilan pemerintah China dan Export-Import Bank of China.

III. Penyerahan Penggunaan Pesawat Tahun 2007 sampai dengan 2009

1. 28 Agustus 2007
Penyerahan pertama pesawat MA-60 (2 unit) dengan pola sewa operasional. Certificate of acceptance ditandatangani PT MNA pada tanggal yang sama

2. 13 Mei 2008
Direktur Pengelolaan Penerusan Pinjaman Depkeu menyampaikan kepada Direktur Pendanaan Luar Negeri Bilateral Kementerian PPN/Bappenas tentang indikasi kemampuan PT MNA dalam mengembalikan pinjaman SLA.

3. 19 Agustus
2008. XAC menyampaikan surat kepada Dirut PT MNA berasumsi bahwa Kontrak Penjualan efektif tanggal 5 Agustus 2008.

4. 8 Mei dan 12 Agustus 2009
Laporan hasil penggunaan 2 unit pesawat MA-60: "Terjadinya gangguan keretakan pada pemegang batang ekor vertikal pesawat (rudder). Pihak XAC berdasarkan Laporan PT MNA telah mengubah proses produksi dari pengikat batang ekor vertikal termasuk mengganti material, dimana otoritas penerbangan sipil China mengesahkan perubahan tersebut dan memberikan jaminan keamanan dan keselamatan (didokumentasikan dalam service buletin)."

5. 14 Agustus 2009
Dirjen Perhubungan Udara menyatakan kembali bahwa MA-60 yang sebelumnya di-grounded telah memenuhi persyaratan kelaikan udara berdasarakn service buletin.

IV. Evaluasi Harga dan Perubahan Kontrak Tahun 2005 sampai dengan 2006

1. 7 Juni 2006
Kontrak awal menyebutkan harga 1 unit pesawat MA-60 beserta supporting equipment (meliputi: airborne equipment, buyers optional equipment, training device dan crew and engineers training) adalah 14,1 juta dollar AS.

2. 2008
Hasil kajian Tim Restrukturisasi PT MNA yang dilakukan PT PPA, harga pesawat MA-60 berkisar antara 11-12,5 juta dollar AS per unit.

3. 4 September 2008
Dirut PT MNA menyampaikan arahan Wapres RI kepada Menkeu dan Kepala Bappenas bahwa perlu dilakukan perubahan dari G to G Loan Agreement berdasarkan skema jual beli (purchase) menjadi G to G Loan Agreement dengan skema sewa (leasing) untuk pengadaan pesawat MA-60.

4. 27 Agustus 2008
XAC menyatakan Purchase Contract telah berlaku efektif, tidak dapat mengubah bentuk kerja sama pengadaan pesawat semula jual-beli menjadi sewa, dan kesiapan XAC untuk menyerahkan 13 pesawat lainnya.

5. 8 September dan 12 September 2008
Bank Exim China menyampaikan surat kepada Menkeu dan Wapres RI meminta agar mempercepat proses SLA untuk pengadaan 15 pesawat MA-60

6. 24 September 2008
Menteri BUMN mengirim surat kepada Menko Perekonomian, Menkeu, dan Kepala Bappenas menyampaikan untuk melakukan Tim Negosiasi termasuk merenegosiasi harga dan jaminan keandalan pesawat, serta mengusulkan komposisi SLA 50 persen dan tambahan PMN 50 persen

7. 16 Oktober 2008
XAC mengirimkan surat kepada PT MNA agar PT MNA menghentikan operasi 2 pesawat MA-60. Jika sampai 5 November 2008 tidak memberikan tanggapan, XAC akan mengajukan arbitrase ke SIAC

V. Renegosiasi tahun 2008 sampai 2010

1. 13 November 2008
Tim Restrukturisasi PT MNA menyampaikan surat kepada XAC tentang kondisi PT MNA dan meminta agar dilakukan perubahan terms and conditions yang memungkinkan bagi PT MNA mengoperasikan pesawat MA-60.

2. 14 November 2008
XAC menyatakan kepada Tim Restrukturisasi bahwa 13 pesawat MA-60 siap dikirim dan sudah 4 bulan diparkir.

3. 16 Desember 2008 19 Maret 2009, 15 April 2009
dilaksanakan negosiasi ulang antara tim Pemerintah China dan tim restrukturisasi PT MNA.

4. 24 April 2009
Laporan Hasil Negosiasi dari Ketua Tim Restrukturisasi PT MNA kepada Menko Perekonomian/Menkeu, Menneg BUMN, dan Menteri Perdagangan:

a. Tim Restrukturisasi PT MNA meminta delivery time dilakukan secara bertahap sesuai dengan jumlah pilot (5 unit di Mei 2009,masing-masing 2 unit di Juni dan Juli 2009, serta masing-masing 1 pesawat per bulan dari Agustus hingga November 2009). Tim Pemerintah China menyetujui pengiriman pesawat MA-60 paling lambat sampai dengan akhir September 2009).

b. Tim Restrukturisasi PT MNA meminta biaya pengadaan pesawat diturunkan sebesar 68 juta dollar AS untuk menjamin sustainability PT MNA, karena harga jual pesawat MA-60 kepada pemerintah RI dinilai terlalu mahal. Tim Pemerintah China bersedia mengirimkan surat kepada Menkeu tentang pernyataan harga yang diberikan kepada PT MNA adalah harga yang paling baik.

c. Tim Restrukturisasi PT MNA mengusulkan kemungkinan pinjaman diberikan dalam fixed rate nilai tukar Yuan-Rupiah. Tim Pemerintah China mempertimbangkan untuk memperpanjang masa pinjaman dari 15 tahun menjadi 20 tahun.

d. Tim Restrukturisasi PT MNA meminta Tim Pemerintah China mengeluarkan perfomance and buyback guarantee terkait kinerja pesawat dalam masa pengoperasikan dan buyback price. Tim Pemerintah China tidak menyetujui usulan long life perfomance guarantee karena tidak sesuai dengan standar internasional maupun industri penerbangan.

5. 26 Agustus 2009
Persetujuan Menneg BUMN atas business plan dan restrukturisasi utang perusahaan.

6. 23 Maret 2010
Surat Deputi Bidang Usaha Logistis dan Pariwisata a.n. Menteri Negara BUMN kepada Kepala BPKP yang meminta BPKP melaksanakan compliance audit atas proses pengadaan pesawat MA-60.

7. 9 April 2010
Laporan Hasil Audit BPKP, dengan pokok-pokok rekomendasi:
a. Mengusulkan untuk melakukan negosiasi ulang tentang harga kontrak
b. Mengusulkan agar meminta jaminan atas kerusakan yang belum diketahui saat ini dan diperkirakan akan terjadi dalam 5 sampai dengan 10 tahun mendatang.
c. Memastikan side letter to purchase contract of MA-60 aircraft menjadi bagian tidak terpisahkan dari kontrak.

8. 16 April 2010
Amandement to Purchase Contract of MA-60 Aircraft antara PT MNA dan XAC, dengan pokok-pokok sebagai berikut:
a. XAC bertanggung jawab penuh dan memberikan garansi atas spare part dan komponen pesawat MA-60 serta airworthiness certification selama 25 tahun sejak tanggal delivery.
b. XAC memberikan garansi buyback pesawat sesuai dengan nilai sisanya apabila pesawat MA-60 dihentikan pengoperasiannya yang disebabkan karena kegagalan desain atau proses fabrikasi dan tidak dapat diperbaiki oleh XAC.
c. Harga pesawat per unit menjadi 11,206 dollar AS ditambah buyers optional equipment 800.000 dollar AS sehingga total menjadi 12,006 juta dollar AS per unit.
d. Side letter to Purchase Contract of MA-60 Aircraft (28 Januari 2010) menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Amandemen Kontrak Pembelian tersebut.

9. 7 April 2010
MoU antara PT MNA dan PT Dirgantara Indonesia dan XAC:
a. Antara PT MNA dan XAC, disepakati PT MNA menjadi satu-satunya yang melakukan pemeliharaan dan perbaikan untuk regional melalui Merpati Maintanance Facilities (MMF).
b. Kedua belah pihak juga setuju untuk menggunakan simulator yang disediakan oleh XAC kepada PT MNA (free of charge) untuk training pilot dan engineers maintanance untuk industri aviasi Indonesia dan operator MA-60 di Indonesia dan regional
c. Antara XAC dan PT DI, kerja sama riset dan pengembangan, pembangunan dan pemasaran turboprop 50-60 seater produk China dan turboprop 21-44 seater produk PT DI.
d. XAC menyetujui menjadikan PT DI sebagai preferred list supplier simulator untuk MA-60. e. Pertukaran tenaga ahli dari kedua belah pihak f. PT DI menawarkan kepada XAC untuk service overhaul mesin MA-60

10. 22 Maret 2010
Menteri BUMN meminta Menhub untuk meminta dilakukan inspeksi teknis terhadap proses produksi pesawat MA-60 di XAC factory.

11. 7 April 2010.
Menhub menyampaikan kepada Menteri BUMN bahwa kegiatan sertifikasi tipe validasi telah dilakukan Direktorat Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara Ditjen Perhubungan Udara Kemhub, dengan dikeluarkannya tipe certificate validation No. AO66 tanggal 11 Mei 2010, Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil telah sejalan dengan ketentuan-ketentuan organisasi penerbangan sipil internasional.

12. 16 April 2010
Pemegang saham PT MNA (Menteri BUMN dan PT Garuda)menyetujui penerusan pinjaman untuk pengadaan MA-60.

sumber

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar:

Posting Komentar