Jumat, 27 Januari 2012

koran terbaru - berita seputar indonesia

koran terbaru - berita seputar indonesia


VIDEO: Aksi Wanita ‘Pembela Hak Pejalan Kaki’

Posted: 26 Jan 2012 08:48 PM PST

Pembela hak pejalan kaki (youtube.com)

VIVAnews – Tanpa sadar, seringkali kita melihat banyak hak pejalan kaki dilanggar. Tidak hanya oleh pedagang kaki lima. Trotoar yang diperuntukkan bagi pejalan kaki juga seringkali dilalui tanpa berdosa oleh pengendara sepeda motor.

Walau terjebak pada kemacetan parah pun, tidak pantas sepeda motor mengambil jalur trotoar yang menjadi hak pejalan kaki.

Barangkali, video berdurasi 2 menit 38 detik dengan judul ‘Pembela Hak Pejalan Kaki’ ini bisa menjadi contoh, tingkat kekesalan pejalan kaki yang sudah tinggi karena haknya telah direnggut.

Video yang diambil di bawah Jembatan Semanggi ini menampilkan seorang perempuan berjilbab yang menghalangi dan melabrak setiap pengendara sepeda motor di atas trotoar tempatnya berjalan. Si perempuan ini pun tak sungkan menegur, bahkan seperti menasehati pengendara sepeda motor yang bandel naik ke trotoar.

Seperti berat hati, setelah terjadi perdebatan, beberapa pengendara sepeda motor yang bandel akhirnya turun dari trotoar dan tetap harus berjibaku dengan kemacetan.

Sepanjang berjalan di trotoar, si perempuan ini tetap menghentikan pengendara sepeda motor yang naik di trotoar.

Video yang diposting oleh Shantonio Siagian, pemilik akun ‘wierki14′ pada 3 September 2009 saat ini sudah dilihat 16,179 kali, disukai 1,078 orang dan tidak disukai 3 orang serta dikomentari 414 orang.

Lihat videonya di tautan ini.

Ratu Belanda Kagum atas Kemajuan di Indonesia

Posted: 26 Jan 2012 08:43 PM PST

Duta Besar Indonesia untuk Belanda, Retno Marsudi (kanan) (Dokumentasi KBRI Den Haag)

Koran Baru – Ratu Belanda, Beatrix Wilhemina Armgard, kagum atas kemajuan politik dan ekonomi yang berjalan pesat di Indonesia. Sebagai Pemimpin Kerajaan Belanda, Ratu menekankan agar hubungan pemerintahnya dan Indonesia bisa ditingkatkan lagi di masa datang.

Menurut keterangan dari Kedutaan Besar Indonesia di Den Haag, pernyataan itu dilontarkan Ratu Beatrix saat menerima kunjungan dan surat-surat kepercayaan dari Duta Besar baru RI untuk Belanda, Retno Marsudi. Upacara itu berlangsung di Istana Noordeinde, Den Haag, 25 Januari waktu setempat.

“Yang Mulia Ratu menyampaikan kekagumannya atas cepatnya kemajuan politik dan ekonomi di Indonesia dan menekankan pentingnya Indonesia bagi Belanda. Diharapkan hubungan Indonesia-Belanda akan dapat ditingkatkan di masa depan bagi kemajuan kedua bangsa,” demikian keterangan dari KBRI Den Haag. 
Dubes Marsudi pun kepada Ratu Beatrix menyampaikan salam hangat dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Marsudi juga menyampaikan bahwa pemerintahnya memiliki komitmen kuat untuk memperkuat kemitraan strategis Indonesia-Belanda berdasarkan atas “dasar saling menghormati dan saling menguntungkan.”
Duta Besar perempuan pertama dari Indonesia untuk Kerajaan Belanda ini juga berkomitmen untuk membawa gagasan-gagasan baru dan segar serta kekuatan baru untuk memperkuat hubungan bilateral kedua negara dan memajukan kepentingan Indonesia di Belanda sebagai mitra di bidang perdagangan, penanaman modal, pariwisata serta sebagai pintu gerbang Indonesia ke Eropa.

Dalam upacara ini, Duta Besar Marsudi didampingi suaminya, Agus Marsudi, Wakil Kepala Perwakilan RI Umar Hadi, dan sejumlah pejabat senior KBRI. Sebelum menjadi Dubes untuk Belanda, Marsudi adalah Direktur Jenderal Amerika dan Eropa di Kementerian Luar Negeri RI. (eh)

Panglima Militer PNG Dikudeta Anak Buah

Posted: 26 Jan 2012 08:41 PM PST

Tentara Papua Nugini (Dok. Kementerian Pertahanan Australia)

VIVAnews – Sekelompok tentara di Papua Nugini (PNG) melancarkan kudeta terhadap panglima militer mereka. Para tentara pun mengambil alih markas militer di Port Moresby, Kamis 26 Januari 2012. Selanjutnya, mereka berencana menggulingkan Peter O’Neill dari jabatan perdana menteri.

Seperti diberitakan Washington Post, panglima militer PNG Brigadir Jenderal francis Agwi ditangkap para militer pembelot di Barak Murray dan saat ini tengah menjalani tahanan rumah. Tentara pemberontak sebelumnya telah menguasai Barak Taurama di Port Moresby pada dini hari waktu setempat.

Dalam drama penangkapan tersebut, tidak dilaporkan adanya pertumpahan darah. Selanjutnya, tentara pemberontak mengumumkan telah mengganti Agwi dengan Kolonel Yaura Sasa yang sebenarnya telah pensiun.

Sasa mengatakan tidak bermaksud melakukan kudeta. Namun, pemberontakan akan terus dilakukan jika O’Neill tidak mundur dan memberikan jabatan penuh kepada Michael Somare, perdana menteri PNG yang sah menurut Mahkamah Agung negara tersebut.

“Baik Somare dan O’Neill punya tujuh hari melaksanakan perintah Mahkamah Agung untuk menyelesaikan konflik politik. Jika tidak, maka saya akan melakukan tingakan tegas demi menegakkan integritas konstitusi,” kata Sasa.

Pemerintahan O’Neill menyerukan kepada Sasa dan para pendukungnya untuk menyerah. Mereka mengatakan, aksi Sasa tersebut tidak mendapatkan dukungan dari militer PNG secara luas.

Wakil Perdana Menteri Belden Namah menjelaskan, terdapat sekitar 30 tentara yang terlibat dalam kudeta tersebut. Sebanyak 15 di antaranya telah ditahan. Namah mengatakan, Sasa dapat dikenakan  pasal pengkhianatan yang hukumannya adalah mati.

Situasi politik di PNG tegang saat O’Neill mengumumkan diri sebagai perdana menteri setelah Somare tidak dapat menjalankan tugasnya karena sakit dan dirawat di Singapura. Namun, Mahkamah Agung memutuskan Somare masih menjadi perdana menteri yang sah dan O’Neill tidak berhak memerintah. Sejak saat itu, PNG memiliki dua perdana menteri yang saling bersitegang. (ren)

Anas: Tak Mungkin SBY Kantongi Pengganti Saya

Posted: 26 Jan 2012 08:31 PM PST

Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum (Foto oleh Muhamad Solihin)

Koran Baru – Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum mengatakan isu pelengseran dirinya tidak benar. Kabar yang menyebut Susilo Bambang Yudhoyono telah mengantongi nama pengganti dirinya, juga dibantah.

“Pertanyaannya ada-ada saja,” ujar Anas saat ditemui di Indramayu, Jawa Barat, Kamis 26 Januari 2012.

Menurut dia, isu pelengseran itu tidak pernah dibicarakan di internal partainya. “Isu di dalam tidak seramai di luar,” kata dia.

Dia menambahkan, sehari sebelum rapat dewan pembina digelar di Cikeas pada Selasa malam, dirinya telah bertemu SBY, dan juga dengan Dewan Pembina serta Sekjen Partai Demokrat. Dalam pertemuan itu, tak disinggung sama sekali masalah pencopotan itu. “Hanya membahas konsolidasi partai dan agenda ke depan. Isu yang tidak penting tidak dibahas,” katanya.

Namun demikian, Anas enggan menjawab saat ditanya apakah ada jaminan dari dewan pembina partai menjamin dirinya tetap menjabat sebagai ketua umum partai. “Tidak dibahas. Yang tidak dibicarakan tak perlu dibicarakan. Bukan isu penting. Yang penting melanjutkan konsolidasi partai,” terangnya.

Dia pun enggan menerka-nerka siapa otak di balik isu negatif atas dirinya itu. “Karena buat saya bukan isu yang pokok saya tidak ingin menduga, kalau saya anggap penting baru dibicarakan,” jelasnya.

Sebelumnya, politisi Demokrat, Ruhut Sitompul mengatakan yakin SBY telah mengantongi nama calon Ketua Umum Demokrat yang bakal menggantikan Anas Urbaningrum.

“SBY selaku Ketua Dewan Pembina dan sejumlah anggota (Dewan Pembina Demokrat), sudah pasti mengantongi siapa yang pantas dan layak menggantikan Anas. Kita lihat saja pada waktunya nanti,” kata Ruhut dalam kunjungan kerja Komisi III DPR RI ke Polda Papua, Kamis 26 Januari 2012.

Ruhut berpendapat, langkah SBY Selasa malam lalu yang menggelar pertemuan anggota dewan pembina partai, sangat tepat demi kebaikan dan masa depan partai. “Jangan sampai kasus yang melilit kader menjadi momok yang terus merongrong partai. Langkah Ketua Dewan Pembina melakukan konsolidasi secepatnya sangat baik untuk menyelamatkan partai,” ujar dia.

Namun Ruhut tak mau menyebut siapa-siapa saja yang ia anggap layak menahkodai Demokrat ke depan. Ruhut juga enggan mengomentari sejumlah nama yang saat ini disebut-sebut cakap mengganti Anas seperti Menkopolhukam Djoko Suyanto dan Wakil Ketua Komisi I DPR Hayono Isman.

Obama Bersitegang dengan Gubernur Arizona

Posted: 26 Jan 2012 08:27 PM PST

Presiden Amerika Serikat, Barack Obama (REUTERS/Larry Downing)

VIVAnews – Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan Gubernur Arizona Jan Brewer terlibat ketegangan di landasan pacu negara bagian tersebut. Dalam sebuah foto, terlihat Brewer menunjuk batang hidung Obama, menunjukkan kemarahan.

Menurut Reuters, peristiwa yang terjadi pada Rabu, 25 Januari 2012, tersebut dimulai saat Obama mengomentari tulisan Brewer pada bukunya yang berjudul “Scorpions for Breakfast: My Fight Against Special Interests, Liberal Media and Cynical Politicos to Secure America's Border." Menurut Obama, Brewer salah paham dalam menggambarkan pertemuan keduanya di Gedung Putih dua tahun lalu.

“Dia sedikit terganggu dengan buku saya. Saya bilang saya menyesal jika dia merasa seperti itu,” kata Brewer kepada wartawan. Adegan ketegangan keduanya berhasil ditangkap oleh kamera sebuah media internasional. Dalam gambar, Brewer terlihat menunjuk Obama yang sedikit menunduk.

Obama dan Brewer memang terlibat ketidaksepahaman soal undang-undang imigrasi Arizona. Dalam bukunya, Brewer menceritakan soal pertemuannya dengan Obama di Gedung Putih untuk membicarakan undang-undang tersebut.

Melalui tulisan, Brewer membantah ucapan Gedung Putih yang mengatakan pertemuan itu berlangsung baik dan lancar. Brewer menuliskan, pertemuan itu hanyalah basa-basi. Dalam pertemuan, kata Brewer, Obama lebih terlihat menggurui dan merendahkan dirinya.

Brewer juga mengomentari keamanan Gedung Putih yang menurutnya berlebihan. Ketika memasuki Gedung Putih untuk menuju Ruang Oval, ponsel dan kamera milik Brewer dan stafnya disita pasukan keamanan.

Seteru keduanya dimulai saat Brewer menandatangani undang-undang kontroversial soal imigran ilegal di Arizona 2010 lalu. Undang-undang tersebut menyerukan polisi di Arizona untuk menyelidiki status imigrasi setiap orang yang dicurigai sebagai pendatang ilegal.

Obama mengatakan bahwa undang-undang itu telah salah arah. Dia mengatakan, undang-undang imigrasi Arizona akan memicu konflik rasial. Namun Brewer bersikeras hal itu perlu dilakukan untuk mencegah imigran gelap menyabot pekerjaan rakyat AS di tengah krisis ekonomi sekarang ini.

Toyota Sumbang Mobil Bersih ke Polisi Jerman

Posted: 26 Jan 2012 08:22 PM PST

Toyota Prius jadi mobil patroli polisi Berlin (Autoevolution)

Koran Baru – Produsen mobil terbesar di Jepang, Toyota, melakukan bekerjasama dengan kepolisian Berlin, Jerman, dengan memperkenalkan armada mobil patroli hybrid.

Dilansir Autoevolution, 23 Januari 2011, Toyota memberikan penawaran pertama berupa tiga unit mobil Prius kepada kepolisian Berlin, sebagai wujud dari program yang dinamakan “Initiative 120″.

Program ini bertujuan untuk mengurangi kadar polusi gas buang pada mobil polisi. Langkah awal dari program ini terlihat saat kepolisian Berlin telah lebih dulu menggunakan 11 mobil eco (ramah lingkungan), diantaranya Opel Ampera, Renault Fluence sedan Z.E, Kangoo Van Z.E, dan Mitsubishi i-MiEV.

Polisi Berlin memperkenalkan kendaraan ramah lingkungan sebagai kendaraan masa depan, dengan kadar emisi CO2 di bawah 120 gram/km. Namun, sejumlah pihak meragukan apakah mobil ramah lingkungan ini memiliki kecepatan yang cukup tinggi ketika mengejar pelaku kejahatan.

Toyota Prius menjadi mobil paling populer di Jepang. Mobil hybrid ini menjadi raja di tanah kelahiranya. Selama 2011, Toyota mampu menjual Prius sebanyak 252.000 unit.

Laporan: Randi Aditya

Media: Militer AS Bisa Hadir Lagi di Filipina

Posted: 26 Jan 2012 08:17 PM PST

Prajurit Amerika Serikat (Rafal Gerszak/Reuters/file)

Koran Baru – Filipina disinyalir tengah berunding dengan AS terkait dengan rencana Washington untuk menempatkan kembali militernya di negara Asia Tenggara itu. Namun, pemerintah Filipina tidak mau membenarkan spekulasi yang sudah beredar di media massa itu.

Menurut harian The Washington Post edisi Kamis, seperti yang dikutip Reuters, sudah ada perundingan tahap awal antara AS dan Filipina menyangkut kerjasama militer yang lebih luas. Perundingan ini kemungkinan membicarakan rencana kehadiran kembali pangkalan AS di Filipina.

Harian Amerika itu menyebutkan bahwa akan ada lagi perundingan bilateral pada 26-27 Januari 2012 di Washington DC. Setelah itu akan digelar pertemuan dengan melibatkan pejabat yang lebih tinggi dari kedua negara pada Maret mendatang.

“Kita bisa libatkan negara-negara lain: Australia, Jepang, Singapura,” tulis koran itu dengan mengutip seorang pejabat senior Filipina, yang tidak disebutkan namanya. “Kami bukan satu-satunya pihak yang menerapkan langkah ini, dan untuk tujuan yang baik. Kami hanya ingin kawasan yang damai dan stabil. Tidak ada yang ingin berhadapan dengan China atau berkonfrontasi dengan China,” lanjut pejabat itu. 

Dalam beberapa bulan terakhir, AS sudah menyatakan keinginan untuk memperkuat militernya di Asia Pasifik. Sejumlah rencana pun telah digulirkan, yaitu mengirim 2.500 pasukan Marinir secara bertahap ke Australia bagian utara dan menempatkan kapal-kapal perang di Singapura.

Kendati tidak dinyatakan secara resmi, langkah AS ini diyakini untuk membendung manuver China, yang memperkuat kemampuan militernya dalam beberapa dekade terakhir. Apalagi, China belakangan ini berseteru dengan sejumlah negara menyangkut klaim teritorial di Laut China Selatan, yang menjadi salah satu perairan strategis bagi perdagangan dunia.

Bantahan Filipina

Sementara itu, juru bicara Departemen Pertahanan Filipina, Peter Paul Galvez, menepis spekulasi mengenai kehadiran kembali pangkalan militer AS di negaranya. Galvez menyatakan bahwa perundingan kedua negara saat ini tidak lebih dari memperkuat kerjasama latihan militer, yang terselenggara setiap tahun.

“Perundingan itu membicarakan soal peningkatkan frekuensi latihan. Jadi pokoknya adalah frekuensi. Latihan ini akan menguntungkan pasukan kami untuk menambah pengetahuan, teknik-teknik baru memerangi terorisme, anti perompakan, dan bagaimana mempelajari peralatan baru,” kata Galvez kepada Reuters.
Selama sekitar 40 tahun sejak berakhirnya Perang Dunia Kedua, AS memiliki dua pangkalan militer di Filipina, yaitu Clark dan Subic. Namun pada awal 1990-an AS mengosongkan pangkalan itu.

Seorang panglima militer yang menjaga keamanan di kawasan barat Filipina pernah menyatakan bahwa kian besarnya kehadiran militer AS di Laut China Selatan akan meningkatkan keamanan. Filipina pun berseteru dengan China soal klaim batas maritim di perairan itu.

Beckham Lego Rolls-Royce Phantom Rp3 Miliar

Posted: 26 Jan 2012 08:11 PM PST

Rolls-Royce Phantom milik David Beckham (carbuzz.com)

Koran Baru – David Beckham, pria yang pernah menyabet bola emas, akan menjual salah satu koleksi supercars Rolls-Royce Phantom Drophead Coupe Convertible DUB Edition.

Seperti yang dikutip carbuzz.com, Rabu 25 Januari, dealer mobil mewah Towbin Motorcars yang berlokasi di Las Vegas telah ditunjuk menjual secara cepat mobil yang pernah dimodifikasi oleh DHC Phantom ini.

Koleksi Beckham ini seluruh eksteriornya bernuansa hitam, dengan mempertahankan ornamen ‘the flying Lady’ di bonnet depan khas Rolls Royce. Mobil ini juga telah diubah menggunakan velg dari Savini berdiameter 24 inci.

Di bagian kabin, interior berkelas. Kulit yang ringan dan berkualitas disematkan pada kursi depan dan belakang. Imbuhan modifikasi dilanjutkan dengan pemasangan multimedia unit TV-DVD sebagai peranti hiburan terpasang di sandaran kursi depan, sehingga anak-anak Beckham dan  Victoria dapat menyibukkan diri.

Dari sekian banyak pilihan tambahan, mobil ini lebih memukau karena menggunakan ornamen kayu di bagian deck, dipadukan dengan latar belakang eksterior hitam berkilau.

Di balik bonnet, terbenam mesin V12, 6,75 liter bertenaga 453 hp dikawinkan dengan gearboks otomatis 6 percepatan. Jarak tempuh mobil ini hanya 9.495 km yang digunakan oleh Beckham selama 3,5 tahun.

Beckham yang fenomenal dengan pemilik nomor punggung 23 pernah memberi ukiran nomor kebanggaannya ini di kursinya, namun dia sendiri juga yang menghilangkan. Namun yakinlah, bila Anda mampu merogoh kocek Rp3 miliar, silakan membawa mobil ini ke garasi rumah Anda.

Berikut foto-foto mobil Beckham yang diambil dari Carbuzz.com:

RI Manfaatkan Forum Davos untuk Berpromosi

Posted: 26 Jan 2012 08:05 PM PST

Menteri Mari Pangestu (tengah) saat tampil di Forum Ekonomi Dunia 2010 (Foto oleh PTRI Jenewa)

Koran Baru – Tumpukan salju menutupi jalan, bangunan dan pepohonan di Davos-Klosters, Swiss. Tetirah mewah di kaki Pegunungan Alpen itu selama 25-29 Januari 2012 kembali menjadi tuan rumah Forum Ekonomi Dunia (WEF) – hajatan setiap tahun yang mempertemukan para pejabat politik dan eksekutif terkemuka dari mancanegara.

“Tahun ini salju turun lebih banyak,” kata penjaga toko di kawasan Promenade, jalan utama yang ada di jantung kota yang sering disebut sebagai ‘ibukota kaum kapitalis’ ini.

Disebut demikian karena setiap tahun di kota tertinggi di Eropa, dan terletak di sebelah Timur Swiss ini digelar Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum), yang tahun ini memasuki tahun ke-41.

Di forum ini berkumpul para pemilik perusahaan yang masuk dalam Forbes 500, top eksekutif perusahaan kelas dunia, pemimpin pemerintahan, pemikir dalam berbagai bidang. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parenkraf) Mari Elka Pangestu yang tiba di Davos Rabu pagi waktu setempat (malam WIB) langsung menjadi pembicara di sesi Global Growth Context. Dalam sesi ini Menteri Mari memaparkan mengenai upaya yang dilakukan Indonesia dalam menjaga momen pertumbuhan ekonomi.

Upaya ini dimulai dengan membangun dan memperkuat pasar domestik, memanfaatkan ruang stimulus fiskal untuk membangun infrastruktur dan menciptakan lapangan pekerjaan, sampai menciptakan situasi yang kondusif bagi pembangunan pariwisata dan ekonomi kreatif.  

“Diantara pesan penting yang saya sampaikan, Indonesia ingin terus berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia, khususnya ASEAN,” kata Mari. Upaya yang dilakukan untuk mempertahankan pertumbuhan dilakukan untuk mengantispasi pelemahan ekonomi dari sisi ekspor dan investasi akibat melemahnya ekonomi di Eropa dan AS.

Diskusi ini adalah satu dari 280 an sesi yang digelar selama pertemuan tahunan WEF yang berlangsung 25-29 Januari. Diskusi membahas mengenai agenda kebijakan, sektor dan negara yang bakal menjadi motor penggerak ekonomi global di tahun 2012. Dimensi persoalan yang dibahas adalah tren pertumbuhan triliunan dolar, peta konsumer dan geografi yang akan memimpin pertumbuhan dunia dan kisah sukses yang menginspirasi.

@Poconggg

Selain memaparkan program utama Indonesia, Menteri Mari menyampaikan potensi kaum muda dalam menciptakan produk kreatif di era media digital. Menteri Mari menceritakan kisah sukses seorang anak muda bernama Arief Muhamad yang dikenal melalui akun twitternya yang fenomenal, @poconggg.

Lewat pemahamannya akan dunia anak muda, Poconggg yang masih mahasiswa dapat menghasilkan uang dengan mengoptimalisasi akun media sosial, menulis buku bahkan film dengan hasil yang fenomenal. Kisah sukses penjualan keripik singkong super pedas Ma’Icih juga dibagikan oleh Menteri Mari ke hadirin yang menyesaki ruang Aspen 1, di Congress Center, pusat kegiatan WEF Davos.

Selain Mari Pangestu, pembicara dalam sesi ini adalah Muhtar A. Kent, Chairman of the Board and Chief Executive Officer, The Coca-Cola Company, AS, Doug McMillon, President and CEO, Wal-Mart International, Wal-Mart Stores, Martin Senn, Group Chief Executive Officer, Zurich Financial Services, Switzerland. Diskusi dimoderatori Victor L.L Chu, Chairman dan CEO First Eastern Investment Group Hongkong SAR.

Saat makan siang di sebuah restoran di Davos, Menteri Mari mampir ke sebuah ruangan yang disewa oleh asosiasi merek dagang India, ADDA untuk menjadi etalase kegiatan bisnis India selama WEF.

Harini, seorang blogger India yang dibawa oleh asosiasi ini untuk mendokumentasikan kegiatan ‘sosialisasi’ potensi bisnis India ini langsung menodong Menteri Mari untuk wawancara.  Usai berjejaring dengan sejumlah pengunjung di forum ADDA, Menteri Mari menerima wawancara Channel News Asia, televisi yang berpusat di Singapura.

Laporan dari kontributor VIVAnews di Davos, Uni Lubis/antv

VIDEO: Cara Malaysia Populerkan Pasar Lokal

Posted: 26 Jan 2012 07:59 PM PST

Ilustrasi pasar swalayan (REUTERS/ China Daily)

Koran Baru– Bila Indonesia populer dengan pasar induk atau pasar tradisionalnya yang menjual berbagai produk lokal, Malaysia menyajikan nuansa berbeda dengan dengan membuka pasar swalayan bernama 'Kedai Rakyat 1 Malaysia.' Pasar swalayan ini dibangun massal di seantero Malaysia.

Kedai Rakyat 1 Malaysia adalah toko dengan format mini market yang menyediakan berbagai kebutuhan pokok dengan harga murah. Kedai Rakyat ini juga sekaligus menjadi medium bagi pemerintah Malaysia untuk mengendalikan harga dan mengurangi monopoli produk yang telah lama didominasi oleh produsen multinasional.

Nama '1 Malaysia' diambil sebagai judul pasar swalayan itu, sesuai dengan slogan Perdana Menteri Malaysia Najib Tun Razak. Produk lokal berlabel '1 Malaysia' juga menjadi ciri khas pasar swalayan ini. Istimewanya, Kedai Rakyat 1 Malaysia sepenuhnya dibuka pemerintah Malaysia untuk menyejahterakan rakyat mereka, sehingga harga di sana lebih murah 50 persen dari pasar swalayan umum.

Tahun 2011 lalu, pemerintah Malaysia meresmikan setidaknya 26 unit Kedai Rakyat 1 Malaysia yang tersebar di seluruh Malaysia. Tahun 2012 ini, mereka menargetkan pembukaan 86 unit lainnya di berbagai wilayah Malaysia. Tak hanya itu, pemerintah juga memberikan bantuan keuangan untuk membangun dan menata pasar swalayan istimewa itu.

Ingin lihat seperti apa tampilan dan produk yang dijual di Kedai Rakyat 1 Malaysia? Klik saja di sini.

PM Australia Diserbu Demonstran

Posted: 26 Jan 2012 07:51 PM PST

PM Australia Julia Gillard diselamatkan dari demonstran (Youtube)

VIVAnews - Perdana Menteri Australia, Julia Gillard, dan pemimpin oposisi Tony Abbott terpaksa harus dikawal puluhan polisi untuk keluar dari sebuah restoran di Ibukota Canberra hari ini. Pasalnya, restoran tersebut dikepung oleh ratusan demonstran anti Abbott.

Seperti diberitakan BBC, Kamis 26 Januari 2012, Gillard dan Abbott saat itu sedang menghadiri upacara penganugerahan National Emergency Medals di restoran Lobby. Lalu sekitar 200 demonstran dari Aboriginal Tent Embassy datang mengepung sambil memukuli jendela restoran dari luar, meneriakkan kata-kata “memalukan” dan “rasis.”

Para demonstran disinyalir marah akibat pernyataan Abbott di sebuah siaran televisi nasional beberapa waktu sebelumnya. Saat itu, dia mengatakan saatnya pemerintah Australia mengabaikan keberadaan Aboriginal Tent Embassy dan melanjutkan rancangan konstitusi yang mengakui masyarakat pribumi.

Untuk menghindari amuk massa, Gillard dan Abbott harus dikawal oleh sekitar 50 orang polisi, keluar dari restoran. Sebelumnya, mereka harus menunggu selama 20 menit sampai pasukan polisi datang.

Dalam adegan penyelamatan tersebut, Gillard sempat tersandung saat tubuhnya ditarik oleh pengawal pribadinya. Akibatnya, dia kehilangan sebelah sepatunya. Demonstran tidak berhenti sampai disitu. Mereka memukuli mobil Gillard dan Abbott hingga kendaraan itu melaju.

Aboriginal Tent Embassy adalah sebuah perkumpulan aktivis yang tinggal di tenda semi permanen di samping gedung parlemen Australia. Tempat ini didirikan oleh empat warga aborigin pada 1972 sebagai simbol penentangan terhadap konstitusi Australia yang tidak mengakui tanah milik pribumi. Hingga saat ini, perjuangan mereka masih terus berlangsung. (ren)

Audi A7 Tampil Ceper dan Lebih Bertenaga

Posted: 26 Jan 2012 07:46 PM PST

Audi A7 modifikasi (worldcarfans.com)

Koran Baru – B&B Automobiltechnik memperkenalkan hasil modifikasi terbaru untuk Audi A7. Dari segi gaya, golongan hatchback ini dilengkapi dengan ventilasi pada fender depan, suspensi yang diturunkan membuat mobil lebih rendah sekitar 30mm, dan velg dibesarkan dari 19 menjadi 21 inci.

Seperti dikutip worldcarfans.com, Rabu 25 Januari 2012, jantung mekanis A7 dipersenjatai dengan mesin V6, TFSI berkapasitas 3.0 liter mampu melontarkan tenaga maksimum 380 hp dan torsi puncak 490 Nm. Kemampuan mesin ini ditingkatkan 84 hp dan torsi bertambah 50 Nm.

Ubahan yang dilakukan B&B ada dua tahap, pertama dengan menambah daya aliran saringan udara dan intercooler sehingga kerja mesin lebih optimal. Mesin menjadi mampu mengeluarkan tenaga 402 hp dan torsi maksimum 520 Nm.

Tahap akhir, dengan menggabungkan dari sistem kerja keseluruhan, yakni mengganti sistem pembuangan asap dengan knalpot sporty sehingga tenaga melimpah menjadi 419 hp dan torsi maksimal 540 Nm.

Dari mesin TDI, dengan depot pacu berkapasitas 3.0 liter lonjakan tenaga yang diperoleh meningkat menjadi 321 hp serta 640 Nm untuk torsi. (Laporan Randi Aditya)

Lagi, PGN Bangun Kapal Penyimpanan Gas

Posted: 26 Jan 2012 07:36 PM PST

Koran Baru- PT Perusahaan Gas Negara Tbk, Hoegh LNG, dan PT Rekayasa Industri Consortium sepakat mendatangkan kapal penyimpanan dan regasifikasi atau floating storage and regasification unit (FSRU) guna mendorong percepatan pembangunan Medan LNG FSRU.

Sesuai kontrak, Hoegh LNG dan Rekin yang bertindak sebagai provider akan menyediakan kapal FSRU untuk jangka waktu 20 tahun. Selain itu, perusahaan provider ini diwajibkan membangun mooring system, pipeline, dan stasiun gas bumi baik Onshore Receiving Facilities (ORF) dan Off-Take Station (OTS).

“Penandatanganan kontrak ini merupakan wujud komitmen kami dalam percepatan penyediaan kebutuhan energi untuk wilayah Sumatera Utara dan peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional pada umumnya,” kata Direktur Utama PGN, Hendi Prio Santoso, dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews.com, Kamis, 26 Januari 2012.

Rencananya, kapal FSRU yang tengah dibangun (newbuild vessel) ini berkapasitas 170 ribu meter kubik dan mampu mengalirkan gas hasil regasifikasi hingga 240 mmscfd.

Gas hasil regasifikasi LNG itu akan dialirkan melalui pipa dengan diameter 20 inch sepanjang lebih dari 17 kilometer untuk offshore dan lebih dari 5 km guna onshore. Pasokan gas ini akan dialokasikan untuk PLTGU Sicanang milik PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) di daerah Belawan, Medan, Sumatera Utara.

FSRU merupakan teknologi baru di dunia dalam penyimpanan dan regasifikasi LNG. FSRU ini menggunakan sistem bongkar muat LNG dari kapal ke kapal (ship to ship) kedua di Indonesia. Medan LNG FSRU merupakan lanjutan dari program pengembangan LNG yang sedang dilakukan oleh PGN bersama dengan PT Pertamina (Persero) di Jawa Barat.

Ke depan, PGN berharap dapat terus berperan dalam peningkatan penggunaan gas bumi, sebagai sumber energi yang lebih efisien, bersih, dan ramah lingkungan dalam rangka mendukung program pemerintah untuk memenuhi kebutuhan energi domestik. (art)

“Tak Ada Pengganti Anas di Kantong SBY”

Posted: 26 Jan 2012 07:30 PM PST

Ahmad Mubarok (Foto oleh Adri Irianto)

VIVAnews – Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, Achmad Mubarok membantah pernyataan Ruhut Sitompul yang menyatakan Susilo Bambang Yudhoyono telah mengantongi nama calon pengganti Anas Urbaningrum sebagai ketua umum partai.

“Tidak ada nama itu. Kan di kantong, siapa yang tahu,” ujar Mubarok di Jakarta, Kamis 26 Januari 2012.

Mubarok mengaku ikut dalam pertemuan anggota dewan pembina Demokrat di kediaman SBY di Cikeas pada Selasa malam. Namun dalam pertemuan itu tidak dibahas sama sekali masalah penggantian ketua umum partai. “Saya kan ikut rapat dan tidak dibahas itu. Ruhut kan tidak ikut rapat,” ujar dia.

Sebelumnya, Ruhut Sitompul mengatakan yakin SBY telah mengantongi nama calon Ketua Umum Demokrat yang bakal menggantikan Anas Urbaningrum.

“SBY selaku Ketua Dewan Pembina dan sejumlah anggota (Dewan Pembina Demokrat), sudah pasti mengantongi siapa yang pantas dan layak menggantikan Anas. Kita lihat saja pada waktunya nanti,” kata Ruhut dalam kunjungan kerja Komisi III DPR RI ke Polda Papua, Kamis 26 Januari 2012.

Ruhut berpendapat, langkah SBY Selasa malam lalu yang menggelar pertemuan anggota dewan pembina partai, sangat tepat demi kebaikan dan masa depan partai. “Jangan sampai kasus yang melilit kader menjadi momok yang terus merongrong partai. Langkah Ketua Dewan Pembina melakukan konsolidasi secepatnya sangat baik untuk menyelamatkan partai,” ujar dia.

Namun Ruhut tak mau menyebut siapa-siapa saja yang ia anggap layak menahkodai Demokrat ke depan. Ruhut juga enggan mengomentari sejumlah nama yang saat ini disebut-sebut cakap mengganti Anas seperti Menkopolhukam Djoko Suyanto dan Wakil Ketua Komisi I DPR Hayono Isman.

Sementara itu, Ketua Umum Demokrat, Anas Urbaningrum sendiri menyatakan posisinya di Demokrat tidak bisa digoyahkan. “Tidak ada (pelengseran). Ketua Umum Partai Demokrat hanya satu, yaitu Anas Urbaningrum,” tegas Anas di Indramayu, Jawa Barat.

Anas menekankan, kabar pelengseran dirinya hanyalah rumor tak berdasar. Sampai saat ini, kata dia, Partai Demokrat tetap bersatu di bawah kepemimpinannya. “Itu (upaya pelengseran) kan cerita di luar. Di dalam kami kompak, solid, dan waras cara berpikirnya,” ujar Anas. (eh)

Andi Mallarangeng Bantah Anas Hendak Dicopot

Posted: 26 Jan 2012 07:23 PM PST

Anas Urbaningrum, Marzuki Alie, dan Andi Mallarangeng (ANTARA/ Pool-Lintang Ken Suminar)

Koran Baru– Sekretaris Dewan Pembina Partai Demokrat, Andi Mallarangeng, membantah kabar yang beredar santer soal rencana pencopotan Anas Urbaningrum dari jabatannya selaku Ketua Umum Demokrat oleh Dewan Pembina.

"Dewan Pembina urusannya tidak sampai ke situ. Kami memberikan pandangan mengenai isu-isu strategis partai, dan bagaimana langkah-langkah maju ke depannya," kata Andi di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis 26 Januari 2012.

Rapat Dewan Pembina, Selasa malam 24 Januari 2012, di kediaman Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, juga disebut Andi wajar dilakukan. "Dewan Pembina memang selalu melakukan rapat-rapat rutin. Kami menyampaikan hasil pembahasan dan pengkajian secara berkala kepada Ketua Dewan Pembina," terang Andi.

Dewan Pembina, menurut Andi, pada kesempatan itu memberikan pandangan dan masukan kepada SBY terkait pemberitaan yang berkembang. Namun ia menolak untuk membeber secara detail isi rapat tersebut. "Saya tak ingin masuk pada substansi rapat," ujar Andi.

Rapat Dewan Pembina Partai Demokrat itu memunculkan kabar mengenai rencana pencopotan Anas. Namun Anas sendiri telah menegaskan hal itu tidak benar. "Tidak ada (pelengseran). Ketua Umum Partai Demokrat hanya satu, yaitu Anas Urbaningrum," tegas Anas di Indramayu, Jawa Barat.

Anas menekankan, kabar pelengseran dirinya hanyalah rumor tak berdasar. Sampai saat ini, kata dia, Partai Demokrat tetap bersatu di bawah kepemimpinannya. "Itu (upaya pelengseran) kan cerita di luar. Di dalam kami kompak, solid, dan waras cara berpikirnya," ujar Anas.

Semalam, Anas telah mengumpulkan jajaran pengurus inti Dewan Pengurus Pusat Partai Demokrat dalam sebuah rapat harian di Kantor DPP Demokrat, Jakarta. Turut hadir dalam rapat itu adalah Sekretaris Jenderal Demokrat Eddhie Baskoro Yudhoyono (Ibas). (eh)

Investasi di Luar Jawa Dapat Keringanan Pajak

Posted: 26 Jan 2012 07:21 PM PST

Ilustrasi pajak (Foto oleh Ikhwan Yanuar)

Koran Baru – Pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2011 mengenai revisi aturan keringanan besaran pajak (tax allowances) yang baru. Dalam aturan ini, pemerintah memperluas jumlah bidang usaha dan daerah tertentu yang mendapat fasilitas keringanan pajak itu.

Kepala Pelaksana Tugas Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, Bambang Brodjonegoro menjelaskan, revisi ini merupakan paket kebijakan pemberian insentif berupa investment allowances bagi industri yang mendapatkan prioritas tinggi dalam skala nasional.

“Tax allowances ini selain bidang usaha, juga ada daerah dengan prioritas tinggi. Sifatnya semacam bonus, insentif bagi pengusaha untuk lebih bersemangat menanamkan investasinya di banyak usaha dan daerah,” kata Bambang di Jakarta, Kamis 26 Januari 2012.

Bambang menuturkan, tax allowances memiliki banyak tujuan, antara lain mendukung diversifikasi ekonomi karena mencakup 129 sektor, memperkuat struktur industri nasional, meningkatkan daya saing di pasar internasional, menyerap tenaga kerja, dan mendukung transfer teknologi serta berlokasi terutama di luar Jawa dan Bali.

“Kalau sektor sama di Jawa dan Bali tidak mendapatkan tax allowances. Tax allowances berlaku di Indonesia bagian timur, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan Maluku,” katanya.

Tax allowances ini terdiri atas 129 bidang usaha, antara lain 84 sektor industri, 15 sektor energi sumber daya mineral, sembilan sektor kehutanan, lima sektor pertanian, empat sektor kelautan dan perikanan, empat sektor perhubungan, empat sektor kesehatan, dua sektor pekerjaan umum, satu sektor budaya pariwisata, dan satu sektor komunikasi dan informatika.

Untuk mendapatkan fasilitas keringanan pajak ini membutuhkan proses 15 hari kerja. Investor mengajukan permohonan tax allowances ke Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Dalam waktu lima hari, BKPM akan mengajukan surat rekomendasi ke Menteri Keuangan c.q Ditjen Pajak.

“Waktu di Ditjen Pajak hanya 10 hari kerja dan biasanya pengerjaannya kurang dari 10 hari kerja. Jika lewat dari 10 hari kerja tidak ada pengumuman, dianggap diterima,” ujar Bambang. (art)

ESDM Pertimbangkan Opsi Harga BBM Naik?

Posted: 26 Jan 2012 07:13 PM PST

Menteri ESDM Jero Wacik saat kunjungan kerja ke Depo Pertamina Plumpang, Jakarta (Foto oleh Anhar Rizki Affandi)

Koran Baru- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Jero Wacik, menyatakan pemerintah bakal mempertimbangkan opsi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Opsi ini muncul berdasarkan masukan dari pakar perminyakan, asosiasi pengusaha, dan survei media massa yang menyatakan 51,3 persen masyarakat lebih memilih menaikkan harga BBM bersubsidi.

Namun, Jero menegaskan pemerintah hingga kini masih menetapkan dua opsi agar kuota bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi 2012 tidak jebol. Opsi pertama adalah pembatasan BBM bersubsidi, di mana masyarakat menengah ke atas beralih menggunakan Pertamax. Sementara itu, opsi kedua adalah program konversi BBM ke gas.

“Pemerintah yang baik tentu mendengar apa kata rakyat. Kalau rakyat menghendaki itu, menurut jajak pendapat, kita dengarkan sangat serius,” kata Jero Wacik di Jakarta, Kamis 26 Januari 2012.

Wacik menyatakan, hasil jajak pendapat sebuah media massa menunjukkan, 51,3 persen masyarakat yang mempunyai mobil pelat hitam setuju menaikkan harga BBM bersubsidi. Sementara itu, opsi pembatasan BBM hanya dipilih oleh 18 persen responden, 14 persen setuju beralih ke Pertamax, dan hanya 8,8 persen setuju beralih ke BBG.

Wacik mengakui, dalam beberapa pekan terakhir memang tengah muncul opsi ketiga berupa kenaikan harga BBM bersubsidi. Komisi VII DPR-RI sendiri telah melakukan pertemuan dengan banyak sektor, dari Apindo, Gaikindo hingga pelaku UMKM. “Apindo malah minta naikkan harga BBM. Tetapi, saya setuju 200 persen, pindah ke gas tetap dilakukan mumpung ada momentum,” katanya.

Dia menegaskan, pemerintah tidak pernah mengajukan opsi kenaikan harga BBM bersubsidi. Namun, jika kebijakan itu yang dipilih oleh pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat, proses menaikkan harga BBM bersubsidi itu harus melalui proses Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN-P) 2012.

Dalam UU APBN 2012 pasal 6 dan 7 disebutkan pemerintah dilarang menaikkan harga BBM bersubsidi.

“Pembahasan ini belum selesai, negeri-negeri kita, undang-undang kita yang bikin, dan pada Senin ketemu DPR untuk mencari jalan yang terbaik,” katanya.

Dia menambahkan, program konversi BBM menjadi BBG memang memiliki tiga macam hambatan. Pertama, mobil harus dipasangkan konverter kit yang harus sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI) dan dipasang oleh bengkel yang tersertifikasi.

Hambatan kedua adalah minimnya SPBG dan SPBU yang menjual gas. Terakhir, adalah faktor kesiapan pasokan gas di mana kebutuhan di wilayah Jawa-Bali mencapai 82 juta kaki kubik. Kebutuhan ini terbagi atas 32 juta kaki kubik untuk konsumsi dan 50 juta kaki kubik untuk standby gas.

“32 juta kaki kubik telah siap dan saya cari tambahan gas, ada standby 50 juta kaki kubik dari Kangean yang tadinya seluruhnya untuk PLN. Saya minta sebagian untuk standby,” tuturnya. (art)

Jero: Bupati Bima Cabut SK Tambang SMN

Posted: 26 Jan 2012 07:07 PM PST

Kantor Bupati Bima dibakar massa (Foto oleh Edy Gustan)

Koran Baru – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Jero Wacik, memastikan Surat Keputusan Bupati Bima Nomor 188 tahun 2010 tentang Izin Usaha Pertambangan PT Sumber Mineral Nusantara (SMN) sudah dicabut.

“Bupati Bima sudah cabut SK Nomor 188, banyak korban dulu baru mau (dicabut),” kata Jero di Jakarta, Kamis 26 Januari 2012.

Jero menyesalkan kenapa harus ada tindakan anarkis berupa pembakaran kantor bupati oleh massa baru bupati Bima mau mencabut SK tersebut. Mestinya saat ada gelagat rakyat mulai memprotes adanya pertambangan di wilayahnya, masyarakat langsung diajak musyawarah.

Jero menjelaskan, sesuai dengan UU Minerba Nomor 4 tahun 2009, saat ini banyak sekali izin tambang yang dikeluarkan oleh kepala daerah. Namun, mereka tidak melakukan konsultasi dengan Kementerian ESDM. “Giliran ribut, yang salah menteri ESDM atau dirjen Minerba,” katanya.

Mengingat banyaknya izin pertambangan bermasalah, ia mencari pasal yang bisa mencabut izin yang dikeluarkan kepala daerah. “Sudah ketemu, pasal rekomendasi menteri ESDM untuk mencabut izin. Karena di era demokrasi tidak bisa perintah langsung menteri untuk mencabut,” katanya.

Banyaknya berbagai kasus pertambangan yang bersengketa ini membuat Jero Wacik mengimbau kepada para bupati dan gubernur untuk menggunakan sumber daya mineral untuk kesejahteraan rakyat. Masyarakat di sekitar wilayah tambang harus diajak berunding mengenai masa depan wilayahnya.

“Rakyat di situ harus jelas, tambang merupakan anugerah Tuhan di sana untuk kemakmuran rakyat,” tuturnya. (art)

Cetak Rekor, Permintaan SUN Tembus Rp50 T

Posted: 26 Jan 2012 07:02 PM PST

Dirjen Pengeloaan Utang Kemenkeu Rahmat Waluyanto (doc.daylife)

Koran Baru- Pemerintah menerima permintaan masuk dalam lelang lima seri surat utang negara (SUN) mencapai Rp50 triliun. Permintaan yang masuk kali ini merupakan rekor terbesar sejak pemerintah mulai melelang SUN.

“Rekor sebelumnya pada 5 Juli 2011 sebesar Rp32 triliun,” ujar Dirjen Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan, Rahmat Waluyanto, di Jakarta, Kamis 26 Januari 2012.

Dalam lelang itu, pemerintah menyerap sebesar Rp10 triliun. Investor paling berminat terhadap surat utang berjangka waktu tiga bulan dengan yield tertinggi yang masuk sebesar 4,6 persen dan terendah 1,7 persen.

“Ini menunjukkan permintaan jangka pendek tetap besar, sehingga menurunkan yield-nya,” ujarnya.

Rahmat menyatakan, kondisi ini menunjukkan persepsi para investor yang cukup baik terhadap fundamental perekonomian Indonesia. Hal ini terkait dengan pemberian status Investment Grade yang mempengaruhi kredibilitas SUN.

Sebagai informasi, surat utang negara bertenor tiga bulan (SPN03120429) menerima permintaan Rp12,48 triliun dengan yield rata-rata 1,92 persen dan yang dimenangkan Rp0,8 triliun.

SUN satu tahun (SPN12130111) dengan permintaan yang masuk Rp12,295 triliun dengan yield rata-rata 3,37 persen dan yang dimenangkan Rp1 triliun.

SUN 10 tahun (FR0061) dengan permintaan yang masuk Rp6,1 triliun dengan yield rata-rata 5,57 persen dan yang dimenangkan Rp2,1 triliun.

SUN 15 tahun (FR0059) dengan permintaan yang masuk Rp7,4 triliun dengan yield rata-rata 6,1 persen dan yang dimenangkan Rp3,4 triliun.

SUN 20 tahun (FR0058) dengan permintaan yang masuk Rp11,8 triliun dengan yield rata-rata 6,64 persen dan yang dimenangkan Rp3,2 triliun.

Pemerintah menargetkan penerbitan dari surat utang tahun ini sebesar Rp254 triliun. Hingga 25 Januari 2012, realisasi mencapai Rp26 triliun. (art)

Ruhut Sitompul: SBY Kantongi Pengganti Anas

Posted: 26 Jan 2012 06:52 PM PST

SBY pidato didampingi Marzuki Alie dan Anas Urbaningrum (Antara/ Prasetyo Utomo)

Koran Baru– Salah satu Ketua Dewan Pengurus Partai Demokrat, Ruhut Sitompul, yakin bahwa Susilo Bambang Yudhoyono telah mengantongi nama calon Ketua Umum Demokrat yang nantinya bakal menggantikan Anas Urbaningrum.

"SBY selaku Ketua Dewan Pembina dan sejumlah anggota (Dewan Pembina Demokrat), sudah pasti mengantongi siapa yang pantas dan layak menggantikan Anas. Kita lihat saja pada waktunya nanti," kata Ruhut dalam kunjungan kerja Komisi III DPR RI ke Polda Papua, Kamis 26 Januari 2012.

Ruhut berpendapat, langkah SBY Selasa malam lalu yang menggelar pertemuan anggota dewan pembina partai, sangat tepat demi kebaikan dan masa depan partai. "Jangan sampai kasus yang melilit kader menjadi momok yang terus merongrong partai. Langkah Ketua Dewan Pembina melakukan konsolidasi secepatnya sangat baik untuk menyelamatkan partai," ujar dia.

Namun Ruhut tak mau menyebut siapa-siapa saja yang ia anggap layak menahkodai Demokrat ke depan. Ruhut juga enggan mengomentari sejumlah nama yang saat ini disebut-sebut cakap mengganti Anas seperti Menkopolhukam Djoko Suyanto dan Wakil Ketua Komisi I DPR Hayono Isman.

Djoko Suyanto terutama, sempat disebut Wakil Ketua Umum Demokrat Max Sopacua, layak untuk diperhitungkan. Tapi Ruhut tak mau berkata banyak. "Bapak Ketua Dewan Pembina pasti sudah memiliki calon. Kita tunggu saja," tegas Ruhut.

Anas Tegaskan Posisi

Ketua Umum Demokrat Anas Urbaningrum sendiri menyatakan, posisinya di Demokrat tidak bisa digoyahkan. "Tidak ada (pelengseran). Ketua Umum Partai Demokrat hanya satu, yaitu Anas Urbaningrum," tegas Anas di Indramayu, Jawa Barat.

Anas menekankan, kabar pelengseran dirinya hanyalah rumor tak berdasar. Sampai saat ini, kata dia, Partai Demokrat tetap bersatu di bawah kepemimpinannya. "Itu (upaya pelengseran) kan cerita di luar. Di dalam kami kompak, solid, dan waras cara berpikirnya," ujar Anas.

Semalam, Anas telah mengumpulkan jajaran pengurus inti Dewan Pengurus Pusat Partai Demokrat dalam sebuah rapat harian di Kantor DPP Demokrat, Jakarta. Turut hadir dalam rapat itu adalah Sekretaris Jenderal Demokrat Eddhie Baskoro Yudhoyono (Ibas).

Malam sebelumnya, SBY mengumpulkan para anggota dewan pembina dan dewan kehormatan partai untuk membahas soal nasib Demokrat ke depan, termasuk nama Anas yang berkali-kali disebut Nazaruddin di persidangannya. Anas sendiri tidak ikut dalam pertemuan dengan SBY itu karena ia tidak berada di struktur dewan pembina. Ia telah dipanggil oleh SBY sehari lebih awal secara terpisah. (umi)

CIMB Niaga Tunjuk Presiden Komisaris Baru

Posted: 26 Jan 2012 06:50 PM PST

Gedung Bank CIMB Niaga (Foto oleh Ikhwan Yanuar)

Koran Baru – PT Bank CIMB Niaga Tbk menunjuk Dato' Sri Nazir Razak sebagai presiden komisaris yang baru. Nazir menggantikan Dato' Mohd Shukri Hussin yang telah memasuki masa pensiun. Pergantian itu diputuskan dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) CIMB Niaga yang diselenggarakan hari ini, Kamis 26 Januari 2012.

Masa jabatan Dato' Sri Nazir sebagai presiden komisaris CIMB Niaga akan berlaku efektif terhitung sejak tanggal yang ditetapkan dalam surat persetujuan Bank Indonesia hingga dengan ditutupnya RUPS Tahunan CIMB Niaga untuk tahun buku 2012 yang akan diselenggarakan pada 2013.

Siaran pers Bank CIMB Niaga menyebutkan, selain menerima pengunduran diri Dato' Mohd Shukri dan menyetujui pengangkatan Dato' Sri Nazir, RUPSLB menyetujui perubahan jabatan untuk beberapa posisi Dewan Komisaris.

Roy Edu Tirtadji yang semula menjabat wakil presiden komisaris merangkap komisaris independen menjadi komisaris merangkap komisaris independen. Selanjutnya, komisaris Glenn Muhammad Surya Yusuf ditunjuk menjadi wakil presiden komisaris CIMB Niaga. Jabatan iniakan berlaku efektif terhitung sejak tanggal yang ditetapkan dalam surat persetujuan BI.

Dengan perubahan itu, susunan lengkap anggota Dewan Komisaris CIMB Niaga terhitung sejak ditutupnya rapat hingga penutupan RUPS Tahunan Perseroan tahun buku 2012 yang akan diselenggarakan pada 2013 adalah sebagai berikut:

Presiden Komisaris: Dato' Sri Nazir Razak
Wakil Presiden Komisaris: Glenn Muhammad Surya Yusuf
Komisaris: Roy Edu Tirtadji
Komisaris: Sri Hartina Urip Simeon
Komisaris: Zulkifli M. Ali 
Komisaris: Ananda Barata
Komisaris: Joseph Dominic Silva
Komisaris: Hamidah Naziadin

(art)

Kelas Menengah Picu Asuransi Tumbuh

Posted: 26 Jan 2012 06:41 PM PST

Koran Baru – PT Asuransi Adira Dinamika optimistis mampu mengarungi industri asuransi pada 2012 menyusul keluarnya regulasi ancaman bencana alam.

Presiden Direktur PT Asuransi Adira Dinamika, Willy Suwandi Dharma, melihat, pasar asuransi di Indonesia juga akan terus berkembang seiring pertumbuhan kelas menengah dalam negeri.

“Pada 2010, produk domestik bruto (PDB) Indonesia meningkat 19 persen menjadi sebesar US$706,5 miliar, namun penetrasi asuransi umum di Indonesia masih rendah, yakni hanya sekitar 0,5 persen dari total PDB di Indonesia, sehingga hal ini merefleksikan potensi asuransi umum masih terbuka lebar,” kata Willy di Jakarta, Kamis 26 Januari 2012.

Hal tersebut juga mengakibatkan belanja asuransi umum di Indonesia hanya sekitar US$14 per kapita, atau artinya bila diasumsikan semua penduduk Indonesia membeli polis, maka pada 2010 setiap satu orang Indonesia hanya berbelanja asuransi umum sebesar US$14 atau sekitar Rp130.000 dari seluruh pendapatannya dalam setahun. Sangat jauh dibandingkan dengan negeri jiran terdekat Indonesia, Malaysia yang mencapai US$118 per orang. Sementara itu, Singapura sudah mencapai US$1.301 per orang.

“Alhasil pertumbuhan pendapatan premi bruto (gross written premium/GWP) asuransi umum di Indonesia juga fluktuatif sejak 2007 hingga 2010,” ujarnya.

Pada 2007 hingga 2008, pertumbuhan GWP mencapai 23 persen, atau menurun tajam hingga 5,8 persen pada periode 2008-2009 dan membaik menjadi 11 persen pada 2009-2010.

Meski demikian, dengan tata kelola dan strategi pemasaran produk, selama 10 tahun, Adira Insurance berhasil mencatat pertumbuhan GWP secara terus-menerus menembus Rp1 triliun pada tahun ke-9, dan meningkat sekitar 40 persen di tahun ke-10.

Hasilnya pada 2010, Adira berhasil menempatkan posisi keenam dalam daftar perusahaan asuransi umum dalam perolehan GWP dan posisi keempat dalam perolehan laba bersih setelah pajak.

Sementara itu, pada 2011, Adira dengan lebih dari 50 outlet di seluruh Tanah Air berhasil memperoleh GWP lebih dari Rp1,5 triliun atau tumbuh 40 persen dengan lebih dari 5,6 juta polis aktif. Rasio kecukupan modal (RBC) mencapai 354 persen, sedangkan rata-rata pembayaran klaim setiap bulannya mencapai kurang lebih Rp50 miliar. (art)

Boediono Berharap pada Saudagar NU

Posted: 26 Jan 2012 06:31 PM PST

Wakil Presiden Boediono (Foto oleh Nurcholis Anhari Lubis)

Koran Baru- Wakil Presiden Boediono menilai cerita kewirausahaan Nahdlatul Ulama memiliki akar yang panjang. Meski Himpunan Pengusaha Nahdliyin masih berusia muda, tetapi sejarah saudagar NU sudah ada sejak zaman perjuangan.

“Hari ini, Nahdlatul Ulama (NU) menggelorakan kembali semangat kewirausahaan, semangat kemandirian, yang sebetulnya adalah fondasi sejarah NU sendiri semenjak pertama kali berdiri,” kata Boediono saat pidato peresmian NU Expo 2012 di Mall Grand City Surabaya, Jawa Timur, Kamis 26 Januari 2012.

Boediono menilai kegiatan yang diselenggarakan PBNU sebagai upaya meningkatkan semangat kewirausahaan masyarakat. NU dinilai tak melupakan sejarahnya.

Pada 1918, delapan tahun sebelum NU berdiri, 45 saudagar santri berkumpul bersama dan bersepakat untuk mendirikan Nahdlatut Tujjar, sebuah organisasi yang mencita-citakan kebangkitan kaum saudagar di masa perjuangan kemerdekaan.

Di antara para tokoh yang turut berkumpul dalam Nahdlatut Tujjar itu, kata Boediono, adalah ulama besar dan disegani yang kemudian hari mendirikan NU. Yakni KH Hasyim Asy'ari dan KH Wahab Hasbullah.

“Ulama besar NU sejak semula menyadari betapa pentingnya peran kaum saudagar dalam mendorong perbaikan kesejahteraan umat. Para Ulama Besar NU sudah mempunyai visi yang jauh ke depan, yaitu sebuah kaum membutuhkan kelompok wirausahawan yang tangguh agar dapat maju,” kata Boediono.

Oleh karena itu, Boediono sangat mendukung perhelatan Rembug Nasional Saudagar dan Expo NU 2012 ini. Menurut Boediono, seluruh anggota Himpunan Pengusaha Nahdliyin kini tergantung sebuah tugas sejarah untuk menyalakan kembali semangat Nahdlatut Tujjar.

Boediono berharap para pengusaha Nahdliyin ini dapat membangkitkan semangat kewirausahaan masyarakat seperti yang telah dilakukan para pendahulunya.

“Himpunan Pengusaha Nahdliyin sebagai organisasi memang masih muda, kurang dari setahun usianya. Tapi, sebenarnya Himpunan Pengusaha Nahdliyin punya akar sejarah sangat panjang  yang bisa Saudara-Saudara sambungkan kembali,” kata Boediono.

“Saya senang melihat semangat ini digelorakan lagi di antara Kaum Nahdliyin,” tambah Boediono saat membuka Rembug Nasional Saudagar NU.

Boediono memaparkan bahwa saat ini masih banyak warga Indonesia yang tertinggal tingkat kesejahteraannya. Oleh karena itu, menjadi tugas bersama pemerintah dan elemen masyarakat untuk terus menolong dan membantu.

“Ini merupakan tugas besar kita semua. Tidak mungkin ada satu pemerintahan yang mampu memikul tugas ini sendirian saja, tanpa bantuan dan dukungan seluruh komponen masyarakat,” kata Boediono.

Demokrat Ingin Klarifikasi KPK, Anas Bersih

Posted: 26 Jan 2012 06:26 PM PST

Kamis, 26 Januari 2012, 12:28 WIBIta Lismawati F. Malau, Nila Chrisna Yulika Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum (Foto oleh Adri Irianto)

VIVAnews - Anggota Dewan Pembina dan Dewan Kehormatan Partai Demokrat Syarif Hasan tak mau banyak berkomentar mengenai isu pelengseran Anas Urbaningrum sebagai Ketua Umum Partai Demokrat. Demokrat, imbuhnya, berharap ada klarifikasi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bahwa kader partainya bersih dari korupsi, termasuk Anas.

“Perlu kejelasan dari KPK sendiri, kalau bisa hari ini atau besok. Klarifikasi itu yang kami inginkan agar demokrat ini jangan jadi ulasan pers. Kami harapkan klarifikasi Anas dan kader-kader Demokrat bersih,” kata Syarif kepada wartawan, Kamis 26 Januari 2012.

Dia menampik jika Demokrat tengah menyiapkan proses pelengseran Anas dari kursi ketua umum. Sampai saat ini, imbuhnya, Demokrat sedang memikirkan cara menyelamatkan partai dari berbagai masalah yang mendera, termasuk isu korupsi yang dialamatkan mantan Bendahara Umum Demokrat, Muhammad Nazaruddin kepada sejumlah kader.  “Jangan berandai-andai dulu substansinya apakah isu (Anas) itu betul atau tidak,” kata dia.

Dia berharap proses hukum di KPK terkait kasus ini segera tuntas, “makin cepat makin bagus.”

Calon pengganti Anas kabarnya sudah disiapkan? “Kok terlalu cepat melangkah, jangan terlalu cepat. Kepastian saja belum ada, kami menunggu itu.”

Dia mengakui jika citra Demokrat memang sedang turun sehingga perlu kerja keras dan semangat semua kader untuk menyelamatkan partai. “Kader harus solid dan dekat dengan rakyat serta program pemerintah harus kita sukseskan.”  (umi)

5 Penghalang Pembangunan Konstruksi RI

Posted: 26 Jan 2012 06:17 PM PST

Pengerjaan Konstruksi (Infrastruktur) Bangunan di Jakarta (Foto oleh Muhamad Solihin)

Koran Baru- Asosiasi Kontraktor Indonesia (AKI) menilai tahun 2012 merupakan tahun konstruksi. Hal itu ditandai dari banyaknya proyek pembangunan. Sayangnya, lima masalah harus terlebih dahulu diselesaikan agar pembangunan infrastruktur bisa berhasil.
“Tahun ini tahun konstruksi, karena sangat luar biasa pembangunan konstruksi,” kata Ketua Umum Asosiasi Kontraktor Indonesia, Sudarto, di Kementerian Pekerjaan Umum, Jakarta, Kamis 26 Januari 2012.
Sudarto menuturkan, persoalan pertama yang dihadapi pemerintah dan swasta adalah masih kurangnya pasokan sumber daya manusia (SDM) andal di bidang konstruksi. Tak hanya pekerja di tingkat paling rendah, kekurangan SDM andal juga terjadi hingga tingkat manajemen.

Persoalan lain yang harus diselesaikan, menurut dia, adalah kebijakan pemerintah untuk menurunkan suku bunga modal kerja dari yang berlaku saat ini sebesar 12 persen menjadi hanya 9 persen. Penurunan bunga pinjaman dinilai bisa meningkatkan daya saing Indonesia.

Dari segi peralatan, Sudarto mengungkapkan, perusahaan konstruksi selama ini tidak memiliki kemampuan membeli alat baru maupun meningkatkan kemampuan penguasaan teknologi. Bahkan, kondisi ini berlangsung sejak 1998 hingga 2008.

“Leasing dengan alat berat sekarang maksimum 3 tahun. Kemampuan kontraktor lokal menambah alat berat, minimal meminta waktu pembiayaan 5 tahun,” ujarnya.

AKI juga menilai, ketersediaan pasokan bahan material bisa mengganggu pembangunan sejumlah proyek pada tahun ini. Masalah itu diperparah dengan ulah segelintir pihak yang memainkan harga dan mengatur pasokan bahan baku ke pasar.

“Barang hilang pada bulan Oktober sampai Desember, Maret-April gampang. Akhir tahun sulit. Kalau ada, harga tinggi. Proyek single years mengalami kesulitan,” kata Sudarto.
Terakhir, Sudarto mengungkapkan, masalah penyebaran alat berat dan material yang tidak merata juga dikhawatirkan bisa mengganggu pencapaian proyek masterplan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia (MP3EI).

“Ambisi saja untuk bangun Indonesia secara merata, tapi di sisi lain tak ada kemampuan mengadakan peralatan secara besar,” kata dia. (art)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar