Sabtu, 25 Februari 2012

Berita Aneh

Berita Aneh


Ini Dia gan, Museum Tertua di Indonesia " Museum Radya Pustaka "

Posted: 24 Feb 2012 09:21 AM PST

Radya Pustaka adalah museum tertua di Indonesia. Dibangun pada 28 Oktober 1890 oleh Kanjeng Adipati Sosroningrat IV, pepatih dalem pada masa pemerintahan Pakubuwono IX dan Pakubuwono X.Awalnya museum ini berada di salah satu ruang di kediaman KRA Sosrodiningrat IV di Kepatihan yang bernama Panti Wobowo. Kemudian atas prakarsa Paku Buwana X, museum lantas dipindahkan ke Loji Kadipolo pada tanggal 1 Januari 1913 hingga sekarang.
Quote:
Spoiler for for:

Quote:
Memasuki gerbang museum, tidak ada yang menarik dari tempat ini. Tidak ada kesan yang menunjukkan bahwa museum ini merupakan museum tertua dan banyak peninggalan sejarah didalamnya. Kondisi ini hampir sama dengan museum-museum lain yang pernah kami kunjungi.

Quote:
Museum Radya Pustaka terletak dijalan Slamet Riyadi, bertempat didalam kompleks Taman Wisata Budaya Sriwedari. Di museum ini tersimpan koleksi benda-benda kuno yang mempunyai nilai seni dan sejarah yang tinggi anatar lain: beberapa arca batu dan perunggu dari jaman Hindhu dan Buddha, koleksi keris kuno dan senjata tardisional, seperangkat gamelan, wayang kulit dan wayang beber, koleksi keramik, dan berbagai barang seni lainnya yang memiliki nilai seni dan budaya yang tinggi.

Quote:
Spoiler for for:

Quote:
Memasuki sebuah ruangan, kami mendapati beberapa benda-benda bersejarah seperti meriam dan beberapa patung yang terbuat dari kayu. Sebagian koleksi museum ini berasal dari Museum Kraton Kasunanan Surakarta.
Quote:
Spoiler for for:

Quote:
Koleksi tokoh wayang dipajang di dalam etalase yang terbuat dari kaca. Penataan tokoh wayang cukup rapi dan terawat dengan baik. Selanjutnya memasuki sebuah ruangan yang berisi arca yang terbuat dari batu dan perunggu.
Quote:
Spoiler for for:

Quote:
Arca candi diletakkan di lantai dan terlihat kondisinya kurang terawat. Dikhawatirkan dengan penempatan arca di lantai yang dingin dan lembab dapat menyebabkan pelapukan pada batuan arca. Koleksi buku dan naskah kuno masih tersimpan rapi di rak-rak dan sebagian dipajang di meja. Namun ada beberapa buku yang kondisinya sudah rusak dan disimpan dilemari
Spoiler for for:

Incoming search terms for the article:

  • fenomena alam 2012 (1)

Bumi Menuju Kepunahan Massal Ke 6

Posted: 23 Feb 2012 09:22 PM PST

(IST)

INILAH.COM, Jakarta- Bumi sudah 5 kali mengalami bencana besar yang menyebabkan sebagian besar spesies mati. Banyak ahli biologi percaya, kita saat ini berada di tahap kepunahaan keenam.

Kepunahan terakhir adalah Cretaceous-Tertiary yang terjadi 65 juta tahun lalu yang disebabkan oleh meteroid raksasa menabrak bumi, hingga menyebabkan kepunahan dinosaurus.

Namun, tingkatan kepunahan spesies saat ini membuat banyak ahli biologis percaya bahwa kita hidup di tahap kepunahaan yang keenam, di mana memiliki skala yang sama dengan sebelumnya.

Pada dasarnya, manusia telah menyebabkan tumbuhan dan hewan menuju jurang kepunahan lebih cepat daripada waktu untuk menumbuhkan spesies baru.

Spesies burung akan menghilang dan peristiwa kepunahan Alaotra grebe berdasarkan informasi International Union for the Consercvation of Nature ((IUCN) adalah peringatan.

Edisi baru dari Red List menunjukkan 1.240 spesies burung berada dalam bahaya kepunahan meningkat dari 21 pada tahun lalu.

"Konfirmasi soal kepunahan jenis burung lainnya telah menjadi bukti lebih jauh bahwa kita gagal menjaga kehidupan satwa di dunia," kata Dr Tim Stowe, direktur internasional dari Royal Society for the Protection of Birds.

Kepunahan spesies terakhir terjadi 65 juta tahun lalu yang disebabkan oleh meteor yang menabrak Yucatan, Meksiko. Sebanyak 75% spesies punah.

Pada 206 juta tahun lalu, terjadi kepunahan Triassic-Jurassic yang menyebabkan kepunahan pada dinosaurus.

Pada 251 juta tahun lalu terjadi kepunahan Permian-Triassic yang merupakan terburuk dari semuanya. Ini dikenal dengan nama the Great Dying di mana sekitar 96% dari spesies laut dan 70% spesies daratan mengalami kepunahan.

Pada 360-375 juta tahun lalu terjadi kepunahan Late Devonian.

Kepunahan pertama adalah 440 hingga 450 tahun lalu yaitu Ordovidician-Silurian

Sumber : Inilah.com

Incoming search terms for the article:

  • berita aneh (1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar